Top 3 Tekno: Maraknya Penipuan Mama Minta Pulsa via WhatsApp di Inggris Tuai Perhatian

Oleh Iskandar pada 22 Sep 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 22 Sep 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Penipuan dengan modus 'mama minta pulsa' kini tengah marak di Inggris. Pelaku berpura-pura menjadi anak, teman, atau orang terdekat.

Berita ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (21/9/2022) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer adalah soal spesifikasi Xiaomi 12T dan 12T Pro yang bocor di internet.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Emak-Emak di Inggris Jadi Korban Penipuan Modus Mama Minta Pulsa

Para pengguna WhatsApp di Inggris menjadi target penipuan dengan modus "mama minta pulsa", di mana pelaku berpura-pura menjadi anak, teman, atau orang terdekat.

Berdasarkan data dari Reuters, tercatat sekitar 1,200 masyarakat pengguna WhatsApp jatuh ke dalam modus tersebut di tahun ini.

Penipuan ini menyebabkan para pengguna WhatsApp kehilangan uang hingga jutaan rupiah.

Modus penipuan "hi mum" atau "halo mama" ini biasanya berisikan pesan dari nomor terbaru, dan mengaku sebagai orang terdekat pengguna.

Biasanya, mereka mengaku sudah mengganti nomor karena smartphone mereka hilang atau rusak.

Dengan alibi ini mereka mengatakan, mereka sedang berada dalam keadaan darurat dan meminta pengguna untuk mengirimkan mereka sejumlah uang.

Menurut Action Fraud dari The Sun, Rabu (21/9/2022), taktik tersebut telah dilaporkan sebanyak 1,235 kali dalam jangka waktu dari 3 Februari sampai 21 Juni tahun ini.

Di Inggris, penipuan WhatsApp banyak menargetkan orang tua atau emak-emak dan berperan sebagai anak dari pengguna yang berada dalam masalah untuk menarik simpati pengguna.

Baca selengkapnya di sini 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Spesifikasi Xiaomi 12T dan 12T Pro Bocor di Internet, Seperti Apa?

Xiaomi 12 Lite 5G. Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti
Perbesar
Xiaomi 12 Lite 5G. Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti

Baru-baru ini, spesifikasi Xiaomi 12T bocor di internet setelah muncul di situs benchmarking sebelum resmi meluncur secara global.

Diketahui, Xiaomi memang saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan deretan produk baru di pasaran, antara lain Redmi Pad, Redmi Buds 4 Pro, dan Xiaomi 12T.

Meski perusahaan sudah menutup rapat-rapat informasi detail tentang perangkat barunya itu, nyatanya bocoran Xiaomi 12T dan 12T Pro sudah beredar di internet.

Salah satu bocoran HP Android baru milik Xiaomi tersebut datang dari situs benchmarking milik Geekbench.

Xiaomi 12T dan 12T Pro tampil dengan layar AMOLED 6,67 inci beresolusi 1220 x 2712 piksel, refresh rate 120Hz, dan sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 5.

Soal spesifikasi hardware, Xiaomi 12T Pro memakai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM LPDDR5 8/12GB, dan memori sebesar 256GB, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (21/9/2022).

Di Xiaomi 12T, perusahaan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8100 Ultra dengan RAM 8GB dan dua opsi memori, yaitu 128GB dan 256GB.

Selain menggunakan chipset yang berbeda, kedua HP Xiaomi ini juga memiliki lensa kamera dengan kemampuan berbeda.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Twitter Perbarui Fitur Alt Text, Pengguna Semakin Mudah Posting Gambar

Twitter App Logo
Perbesar
Twitter App Logo (Photo by Jeremy Bezanger on Usplash)

Twitter mengumumkan perkembangan pengujian fitur reminder atau pengingat Alt text ini sudah bisa dinikmati oleh sekelompok kecil pengguna Twitter.

Fitur ini memperluas akses Twitter kepada orang menggunakan screen reader atau penyandang disabilitas, sehingga bisa mengetahui maksud foto melalui deskripsi gambar.

Pengumuman ini menyusul berita sebelumnya pada Juli lalu, ketika platform media sosial itu mulai pengujian terhadap fitur Accessibility, yaitu untuk menambahkan teks alternatif atau Alt text pada unggahan foto.

Teks alternatif akan ditulis untuk mendeskripsikan apa yang ada di dalam foto, dan mengapa foto tersebut penting. Fitur ini nantinya akan membantu pengguna dengan tunanetra memanfaatkan Alt text untuk memahami unggahan.

Pada pemberitahuan pertama, Shaokyi Amdo mengatakan pengujian akan dilakukan kepada kelompok kecil pengguna iOS, Android, dan website.

Alt Text merupakan deskripsi tertulis tentang apa yang ada di dalam gambar, dan mampu dibaca oleh software yang digunakan oleh orang tunanetra.

Tanpa fitur ini, postingan foto-foto di Twitter menjadi sulit untuk diakses oleh orang-orang yang tidak bisa memahaminya secara visual.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Modus Penipuan Travel Umrah

Infografis Modus Penipuan Travel Umrah
Perbesar
Modus Penipuan Travel Umrah (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya