Sukses

LG Perkenalkan Mesin Cuci Pintar Baru dan Styler, Jadi Duet Pembersih Pakaian

LG memperkenalkan dua perangkat rumah tangga terbarunya yaitu mesin cuci pintar dari seri AI DD terbaru, serta Styler

Liputan6.com, Jakarta LG memperkenalkan dua produk elektronik rumah tangga teranyarnya di Indonesia. Kedua perangkat ini adalah LG Styler serta mesin cuci pintar seri AI DD terbaru.

Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia, Senin (19/9/2022) mengatakan, di tengah keseharian keluarga modern yang menuntut kecepatan, duet produk terbaru LG ini memberikan kepastian dalam hal kebersihan dan perawatan pakaian.

LG Styler terbaru LG memiliki ukuran yang tinggi dan ramping dengan penampang depan menyerupai cermin. Perangkat ini didukung dengan teknologi TrueSteam.

Memanfaatkan uap panas dari air, TrueSteam berguna untuk membersihkan pakaian dari kemungkinan adanya virus, bakteri, alergen, atau tungau yang tidak disengaja atau tak disadari menempel pada pakaian pengguna.

"Dengan kemampuan kontrol presisi pada tingkat suhu panas yang dibutuhkan, proses pembersihan atau sterilisasi ini dapat dilakukan tanpa harus mengambil resiko merusak bahan pakaian," kata Kris Lee, Product Director for Home Appliance, LG Electronics Indonesia.

Teknologi TrueSteam pada LG Styler terbaru ini juga memberikan manfaat lain terkait perawatan pakaian.

Manfaat tersebut termasuk penyegaran kembali pakaian yang akan dipakai kembali dari kemungkinan berbagai aroma yang bercampur, dan menempel sepanjang aktivitas sebelumnya, serta perawatan khusus untuk bahan pakaian yang khusus pula.

Untuk menghaluskan kembali celana kerja, LG Styler memiliki tempat khusus di belakang bilah pintunya untuk fungsi ini.

Rumbi Lahari Simanjuntak, Head of Product Marketing for Home Appliance of LG Electronics Indonesia mengatakan, seluruh fungsi ini bisa dilakukan secara jarak jauh melalui koneksi WiFi, dan memanfaatkan aplikasi ThinQ di smartphone.

"Memberikan kebebasan pengguna untuk tetap beraktivitas, dengan tetap pula memperhatikan perawatan pakaian untuk mendukung aktivitas selanjutnya," kata Rumbi.

Rumbi menegaskan, mengingat kerjanya yang menggunakan air, perangkat LG ini dipastikan aman dari komponen kimiawi yang berbahaya dalam prosesnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mesin Cuci AI DD Terbaru

Bersanding dengan LG Styler, LG juga memperkenalkan mesin cuci terbarunya dengan seri FV1413H2BA. Dengan kapasitas besar mencapai 13 kilogram, mesin cuci inverter ini juga sudah mendukung fitur-fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Sebagai seri mesin cuci AI DD, kecerdasan buatan membuat perangkat ini dapat mengenali tak hanya berat keseluruhan beban cucian, namun juga karakter bahan pakaian seperti tingkat kelembutannya.

Fadilah Nabighah, Product Marketing for Home Appliance, LG Electronics Indonesia menjelaskan, kemampuan ini membuatnya dapat menentukan siklus cuci paling optimal yang menyesuaikan karakter bahan pakaian, sehingga tak merusak dan lebih lama mempertahankan performa bahan pakaian.

Fitur pintar lain di perangkat ini adalah kemampuan untuk menentukan takaran tepat bagi deterjen yang dibutuhkan, yang disebut sebagai ezDispense.

ezDispense diklaim dapat melepaskan pengguna dari kerepotan menentukan takaran deterjen yang tepat. Fitur ini juga disebut dapat menghindarkan pengguna dari kewajiban mengisi deterjen setiap kali akan melakukan pencucian, serta dapat menghemat penggunaan deterjen.

3 dari 4 halaman

Hemat Deterjen

Dalam penelitian LG, diketahui ezDispense dapat menghemat 3.350 mililiter deterjen untuk setiap 100 kali pencucian.

"Kalau nanti harus di-refill, akan muncul indikator yang memberi tahu ini harus di-refill," kata Rumbi dalam penjelasannya. Selain itu, ia mengklaim bahwa kualitas sabun atau pewangi tidak akan menurun meski disimpan dalam waktu yang lama, selama disimpan dengan benar. 

Lebih lanjut, jika pengguna memerlukan perawatan bagi bahan pakaian khusus, pengguna bisa mengunduh siklus cuci lain seperti untuk perawatan pakaian bayi misalnya, dan mesin cuci siap digunakan dengan tambahan siklus ini.

Fitur lainnya adalah Steam, di mana perangkat memanfaatkan panas dari uap untuk pembersihan cucian dari kemungkinan berbagai partikel berbahaya bagi kesehatan yang menempel sebelumnya.

Fitur seperti Allergy Care juga disebut memberikan tingkat efektivitas hingga 99,9 persen dalam pembersihan cucian, dari berbagai alergen.

LG juga membawa fitur DD alias teknologi Direct Drive yang mereka kembangkan dalam perangkat ini.

Inovasi ini meniadakan karet penghubung antara mesin dengan tabung cuci, memberikannya enam variasi gerak tabung yang dapat dipilih, menyesuaikan perawatan bahan pakaian yang dibutuhkan.

Di antara variasi gerak tabung yang terinspirasi dari gerak mencuci dengan tangan ini seperti mengayun lembut, berputar, meremas, atau menghentak.

4 dari 4 halaman

Material yang Cegah Tumbuhnya Bakteri

Tabung cuci dari perangkat ini sendiri menggunakan materi full stainless steel baik pada tabung maupun lifter di dalamnya. Hal ini demi memberinya higienitas tinggi, yang menghindarikan potensi tumbuhnya bakteri atau alergen lain pada tabung, yang bisa berdampak pada hasil pencucian.

Sementara, pada pintunya disematkan bahan tempered glass, untuk membuat perangkat terlihat jadi elegan dan dapat tahan dalam waktu lama.

LG juga memberikan garansi sepuluh tahun bagi motor inverter Direct Drive, yang jadi inti mesin penggerak mesin cuci ini.

Mengingat teknologi cerdas yang diusung perangkat ini, LG juga memungkinkan kendali jarak jauh dengan aplikasi LG ThinQ. Pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan operasional dan mengontrol kinerja mesin cuci, bahkan saat tidak berada di rumah.

Selain itu, LG juga mengungkapkan bahwa ada program atau fitur yang hanya bisa diaktifkan, apabila pengguna mengoneksikannya dengan aplikasi ThinQ.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.