Sukses

Snapchat Versi Web Meluncur, Begini Cara Menggunakannya

Snapchat for Web sebelumnya tersedia hanya untuk pelanggan Snapchat+ di beberapa negara

Liputan6.com, Jakarta - Snapchat akhirnya merilis versi desktop dari aplikasi mereka yaitu Snapchat for Web, untuk seluruh penggunanya secara global pada Kamis pekan lalu.

Awalnya, Snapchat for Web dirilis pada Juli 2022 hanya terbatas untuk pelanggan Snapchat+ di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Namun sekarang, versi desktop sudah bisa diakses oleh semua pengguna.

Mengutip Tech Crunch, Selasa (20/9/2022), untuk mengakses Snapchat di web, pengguna bisa masuk ke tautan di web.snapchat.com dan login menggunakan username dan password Snapchat yang sudah ada.

Pengguna nantinya akan diminta untuk melakukan verifikasi dua langkah di ponsel. Setelah masuk ke Snapchat di web, pengguna bisa melanjutkan percakapan yang sudah ada di ponsel.

Saat pengguna menggunakan Snapchat Web, Bitmoji pengguna akan muncul di obrolan sambil memegang laptop, menunjukkan ke orang lain bahwa Anda sedang mengakses chat via desktop.

Selain itu, versi web dari aplikasi juga akan menyertakan layar privasi yang menyembunyikan jendela Snapchat, jika Anda sedang berada di laman berbeda, untuk tugas yang lain.

Seperti Snapchat versi seluler, pesan yang dikirim melalui Snapchat for Web secara otomatis dihapus setelah 24 jam. Perusahaan juga mengatakan, Snapchat for Web akan mencegah orang mengambil tangkapan layar.

Dalam peluncurannya, Snap mengatakan bahwa mereka sadar orang masih bisa mengambil foto layar dari ponsel, dan mencatat bahwa produknya tidaklah sempurna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus pada Fitur Utama dari Aplikasi

Mengutip laman resminya, Snap pada peluncuran Snapchat for Web Juli lalu mengklaim ada lebih dari 100 juta Snapchatters menggunakan panggilan suara dan video mereka rata-rata setiap bulannya.

Sehingga, perusahaan pun mengatakan senang dapat menawarkan cara baru bagi komunitasnya, untuk terus melakukan percakapan di komputer, sebagai sebuah tempat bekerja, belajar, dan browsing.

Untuk saat ini, Snap mengatakan fokus untuk membawa fitur-fitur utama dari aplikasi ke web, dan akan membangun pengalaman dari sana.

Perusahaan berencana untuk membawa fitur aplikasi lainnya, termasuk kemampuan untuk melihat Stories dan Memories di Snapchat for Web, di kemudian hari.

Dengan peluncuran secara luas Snapchat for Web, akan menjadi cara untuk platform jejaring sosial untuk bisa lebih bersaing dengan media sosial lain seperti TikTok dan Instagram, yang sudah dapat diakses melalui web.

 

3 dari 4 halaman

Snap Setop Pengembangan Drone Selfie Snapchat Pixy

Sebelumnya, Snap dikabarkan tidak akan melanjutkan pekerjaan mereka untuk mengembangkan lebih lanjut perangkat selfie drone-nya yang bernama Pixy.

Berita dari The Wall Street Journal (WSJ) menyebut, CEO Evan Spiegel mengatakan kepada karyawan, penghentian pengembangan lanjutan perangkat ini dilakukan di tengah pengaturan ulang prioritas sumber daya.

Dilansir Engadget, dikutip Sabtu (20/8/2022), WSJ mengatakan Snap untuk saat ini masih akan menjual drone seharga USD 250 (Rp 3,7 juta) ini melalui situsnya. Belum ada komentar dari perusahaan terkait kabar tersebut.

Drone selfie Pixy dirilis pada awal bulan Mei 2022 lalu. Saat itu, Spiegel memperkenalkan drone mini yang dilengkapi dengan kamera tersebut.

Mengutip informasi dari Tech Crunch, Pixy merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengambil video layaknya drone, tapi dengan pengoperasian yang lebih mudah dan tidak memerlukan kartu SD sebagai media penyimpanan.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Drone Pixy

Menurut Snap, pengguna dapat mengatur jalur penerbangan Pixy ketika dipakai untuk mengambil video. Ada empat jalur penerbangan yang bisa dipilih, mulai dari melayang, mengitari, hingga mengikuti pengguna.

Mengingat perangkat ini merupakan pendamping Snapchat, video yang direkam dari Pixy akan ditransfer secara nirkabel dan disimpan di Snapchat Memories. Dari situ, pengguna dapat menyunting video yang sudah direkam.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur edit yang ada di Snapchat, mulai dari Hyperspeed, Bounce, hingga Jump Cut. Pengguna ini juga bisa menambahkan Sound dan Lenses pada video yang sudah direkam.

Video hasil suntingan itu lantas bisa dibagikan langsung melalui aplikasi Snapchat atau platform lainnya. Pixy sendiri baru tersedia di Amerika Serikat dan Prancis dengan harga USD 229.99 atau sekitar Rp 3,4 juta.

Soal spesifikasi, Pixy memiliki kemampuan perekam video 2.7K dengan lensa beresolusi 12MP.

Pixy memiliki bobot 101 gram dengan baterai yang bisa diganti. Dalam sekali pengisian daya, perangkat ini bisa digunakan untuk lima hingga delapan kali penerbangan.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.