Shopee Indonesia PHK Karyawan Demi Efisiensi

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 19 Sep 2022, 13:11 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 13:11 WIB
Shopee Logo
Perbesar
Logo Shopee

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Indonesia melepas sejumlah karyawan/ PHK sebagai bagian dari langkah efisiensi perusahaan.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, mengatakan Shopee Indonesia dengan berat hati melepas sejumlah karyawannya.

Keputusan ini dianggap perusahaan sebagai langkah terakhir yang perlu ditempuh, setelah sebelumnya melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis. Kondisi ekonomi global pun jadi salah satu alasan efisiensi tersebut.

"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan sebuah keputusan yang sangat sulit," kata Radynal, dalam keterangan yang diterima.

Tidak disebutkan berapa jumlah karyawan yang terdampak pemutusan hubungan kerja/ PHK ini.

Dia menjelaskan, langkah efisiensi sejalan dengan fokus perusahaan secara global untuk mencapai kemandirian dan keberlanjutan. Keduanya dianggap sebagai komponen penting dalam menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

"Perusahaan akan berfokus ke pertumbuhan bisnis yang mandiri serta berkelanjutan, dan kami ingin memperkuat dan memastikan operasional perusahaan kami stabil di situasi ekonomi saat ini," kata dia.

Shopee pun berjanji memberikan dukungan bagi karyawan yang terdampak PHK, berupa pesangon dan tambahan satu bulan gaji.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pesangon

Logo Shopee. Dok Shopee
Perbesar
Logo Shopee. Dok Shopee

"Proses ini akan dilakukan berdasarkan perturan pemerintah. Karyawan terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan, dengan tambahan satu bulan gaji," kata Radynal.

Selain itu, karyawan terdampak juga masih bisa menggunakan fasilitas asuransi kesehatan hingga akhir tahun, dengan seluruh manfaatnya.

Disebutkan pula, langkah PHK karyawan ini tidak mempengaruhi operasi bisnis dan layanan Shopee terhadap seluruh penjual, pembeli, dan mitra Shopee di Indonesia.


Dukung UMKM dan Pengusaha Lokal

Rekomendasi E-Commerce Sebagai Alternatif Belanja di Tengah Wabah Corona
Perbesar
Logo Shopee Credit: Shopee.co.id

Shopee mengklaim pihaknya kini melayani jutaan pembeli dan penjual termasuk di antaranya UMKM dan pengusaha lokal di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia. Kehadiran Shopee di Indonesia disebut telah memberikan peluang bagi banyak pelaku usaha untuk bertumbuh.

Radynal memaparkan, pencapaian Shopee selama ini tidak lepas dari kerja keras dari komitmen tim Shopee. "Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi Shopee Team sejauh ini," tutur Radynal.

Saat ini, perusahaan mengaku akan tetap berkomitmen terus menjalankan program bagi UMKM, salah satunya mulai 9 Kampus UMKM Shopee yang ada saat ini.

"Kami akan terus melanjutkan misi kami untuk melayani jutaan penjual, pembeli, dan UMKM untuk menikmati manfaat dari ekonomi digital melalui platform kami," katanya.

(Tin/Isk)

Infografis Hari Belanja Online
Perbesar
Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya