Sukses

Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G Kebagian One UI 4.1.1, Apa Saja Fitur Barunya?

Samsung meluncurkan pembaruan software One UI 4.1.1 untuk Galaxy Z Fold3 5G dan Z Flip3 5G dan One UI Watch4.5 untuk Galaxy Watch5.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meningkatkan fitur multitasking dan produktivitas dari seri Samsung Galaxy Z, Samsung meluncurkan pembaruan software One UI 4.1.1 terbaru pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Z Flip3 5G. Update software juga diterima oleh perangkat Samsung Galaxy Watch5 menjadi One UI Watch4.5.

Update software ini nantinya juga bisa digunakan di seri Galaxy Z dan Galaxy Watch sebelumnya.

Software One UI 4.1.1 sudah dapat digunakan di Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 mulai 5 September. Selanjutnya, software ini juga dapat digunakan pada seri ponsel lipat terdahulu, seperti Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Fold, dan Galaxy Z Flip.

Sementara itu, untuk One UI Watch 4.5 dapat dipasang pada perangkat Samsung Watch yang mendukung, seperti Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic. Galaxy Watch3 dan Galaxy Watch Active2 juga akan menerima pembaruan software ini dan bisa menikmati fitur-fitur terbaru yang dibawa One UI Watch4.5.

Pembaruan kedua software tersebut akan diluncurkan ke setiap perangkat Samsung Galaxy Z dan Galaxy Watch secara bertahap ke negara-negara global.

Fitur-fitur baru yang dibawa software tersebut di antaranya peningkatan fungsi multitasking kamera, tampilan taskbar, sampai tampilan Quick Setting pada cover screen untuk mengakses menu smartphone dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain Baru Taskbar dan Fitur Multi-window

Tampilan Taskbar ini hanya dapat diakses di Main Screen Galaxy Z Fold. Melalui Taskbar terbaru ini, pengguna dapat mengakses dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat.

Taskbar juga menyajikan opsi drag-and-drop yang mendukung pemanfaatan fitur Multi-window dari Galaxy Z Fold. Fitur Multi-window memiliki tampilan Split View, yang memungkinkan penggunanya membuka dua aplikasi dalam satu layar.

Drag-and-drop memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi dengan hanya menggeser aplikasi dari Taskbar ke pinggir layar. Setelah itu, aplikasi akan terbuka dengan tampilan Split View.

Untuk tampilan pop-up view bisa diakses dengan menggeser aplikasi ke tengah layar utama. Selain itu, ada juga fitur App-Pair yang memberikan penggunanya kebolehan untuk mengakses tiga aplikasi bersamaan dari Taskbar.

 

3 dari 5 halaman

Dual Preview Kamera Galaxy Z Fold dan Quick Shot di Galaxy Z Flip

Dengan Dual Preview di seri Z Fold, pengguna bisa mengambil gambar dan melihat preview gambar melalui Main Screen dan Cover Screen.

Fitur ini memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan foto selfie menggunakan kamera belakang, sehingga foto yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi.

One UI 4.1.1 juga meningkatkan fungsi fitur Quick Shot pada Galaxy Z Flip, pengguna bisa melihat Preview foto di cover screen dengan rasio yang sebenarnya, serta mengakses Potrait Mode.

Selain itu, pengguna juga dapat beralih dari Quick Shot ke Flex Mode ketika akan mengambil foto atau merekam video.

 

4 dari 5 halaman

Quick Setting di Cover Screen

Software One UI 4.1.1 menambahkan beberapa fungsi baru di Cover Screen Galaxy Flip. Dengan update ini, pengguna bisa melakukan panggilan dan membalas pesan langsung melalui Cover Screen.

Pengguna juga bisa mengatur perangkat yang tampil di Quick Setting pada Cover Screen, seperti Wi-Fi, Bluetooth, Flashlight, dan Airplane Mode.

5 dari 5 halaman

Fitur Baru yang Dibawa One UI Watch4.5

Kustomisasi Tampilan Jam

One UI Watch 4.5 memperkenalkan enam tampilan smartwatch terbaru yang memperluas pilihan pengguna dalam mengatur tema jam mereka. Pengguna dapat berkreasi mengubah tata letak aplikasi dan desain jam dengan memilih tampilan jam yang diinginkan.

Keyboard QWERTY pada Galaxy Watch

Software terbaru dari Galaxy Watch ini juga memberikan pengguna kenyamanan dalam membalas pesan dengan tambahan keyboard QWERTY.

Dengan ini, perusahaan menambah pilihan pengguna dalam berkomunikasi dengan menambahkan keyboard ke fitur pengenalan suara dengan tulisan tangan yang sudah ada.

Fitur Kesehatan untuk Galaxy Watch3 dan Watch Active2

Pembaruan software ini juga akan diterima oleh Galaxy Watch3 dan Watch Active2 pada akhir September ini. Pembaruan ini akan memungkinkan pengguna kedua model smartwatch untuk menikmati fitur terbaru dari Galaxy Watch5, yaitu fitur kesehatannya.

Terdapat dua tampilan jam terbaru yang bisa dipilih pengguna sesuai dengan gaya yang diinginkan, yaitu angka gradien dan analog pro.

Pengguna Galaxy Watch3 dan Watch Active2 juga bisa memanfaatkan aplikasi Samsung Health Monitor untuk mengukur tekanan darah dan elektrokardiogram (EKG) untuk melacak status kesehatan pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini