Sukses

Top 3 Tekno: Pemuda Madiun MAH Jadi Tersangka Terkait Bjorka Tuai Perhatian

Pemuda Madiun berinisial MAH ditetapkan sebagai tersangka. Ia diduga menjadi bagian dari kelompok hacker Bjorka yang sedang menjadi target penangkapan polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemuda Madiun berinisial MAH ditetapkan sebagai tersangka. Ia diduga menjadi bagian dari kelompok hacker Bjorka yang sedang menjadi target penangkapan polisi.

Berita ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (16/9/2022) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari PUBG Mobile merilis peta baru untuk game Battle Royale-nya. Peta baru ini bernama Nusa yang terinspirasi dari keindahan pulau Bali.

lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Pemuda Madiun MAH Jadi Tersangka, Diduga Kelola Channel Telegram Bjorka

Pihak kepolisian baru saja mengumumkan telah menetapkan MAH (21), pemuda Madiun, Jawa Tengah sebagai tersangka kasus peretasan data milik pemerintah.

Disebutkan, pemuda Madiun ini merupakan bagian dari kelompok hacker Bjorka yang sedang menjadi target penangkapan polisi.

"Sekarang statusnya tersangka dan sedang diproses oleh tim khusus (timsus) Polri," kata Juru Bicara Humat Polri Kombes Pol Ade Yaya Suryana dalam keterangannya yang dikutip dari News Liputan6.com, Jumat (16/9/2022).

Dijelaskan, MAH berperan menyediakan channel Telegram @bjorkanism. Ade menyebutkan, tersangka bertugas mengunggah informasi yang ada di situs breached.to ke Telegram.

"Tersangka pernah posting di chanel @bjorkanism sebanyak 3 kali, yaitu tanggal 8 September 2022 dengan isi "Stop Being an Idiot"," kata Ade.

Selanjutnya, pada 9 September 2022 dia kembali posting ke channel Telegram dengan tulisan, "The next leak will come from the presiden of Indonesia".

"Tanggal 10 September 2022 dia kembali posting teks "To support people who are struggling by holding demonstrations in Indonesia regarding the price of fuel oil. I will publish MyPertamina database soon". Itu dipublish oleh tersangka," ujar Ade.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. PUBG Mobile Rilis Map Terkecil Bernama Nusa, Terinspirasi Keindahan Bali

PUBG Mobile merilis peta baru untuk game Battle Royale-nya. Peta baru ini bernama Nusa yang terinspirasi dari keindahan pulau Bali.

Peta terkecil di game PUBG Mobile ini merupakan hasil kolaborasi antara PUBG Mobile dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ukuran peta Nusa hanya 1 x 1 sehingga jadi map terkecil di permainan yang digandrungi pengguna smartphone di Indonesia ini.

Untuk bisa memainkan game di map Nusa, para player harus meng-update aplikasi PUBG Mobile mereka ke versi terbaru di HP Android atau iOS masing-masing.

Nama Nusa pada map baru tersebut diambil dari kata Nusantara. Karena ukurannya yang kecil, dalam durasi 5 menit, para pemain sudah bisa menikmati indahnya panorama di Pulau Bali.

Country Manager PUBG Mobile Indonesia, Elvarica Noviyanti mengatakan, kolaborasi dengan Kemenparekraf ini merupakan komitmen PUBG Mobile dalam mempromosikan destinasi wisata dan budaya Indonesia.

"Sebuah kebanggaan bagi kami dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf, dengan satu misi yang sama, yakni mempromosikan keindahan destinasi pariwisata Indonesia, dalam hal ini pulau Bali," kata Elvarica.

Ia pun berharap, map Nusa tidak hanya dinikmati penggemar PUBG Mobile di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Baca selengkapnya di sini 5071506

 

3 dari 4 halaman

3. Hacker Eksploitasi Kabar Ratu Elizabeth II Meninggal untuk Serangan Phishing

Penjahat siber mengeksploitasi kabar Ratu Elizabeth II meninggal dunia untuk melancarkan serangan phishing.

Dengan menyebarkan informasi Ratu Elizabeth II meninggal dunia, pelaku ingin memikat target ke situs berbahaya buatan mereka.

Setelah masuk ke situs tersebut, pelaku kejahatan akan mencuri informasi login kredensial akun Microsoft milik korban tanpa sepengetahuan mereka.

Selain detail akun Microsoft, pelaku juga berusaha mencuri kode otentikasi multi-faktor (MFA) korban untuk mengambil alih akun.

"Pesan yang diklaim berasal dari Microsoft ini mengundang penerima email untuk bergabung ke 'pusat teknologi buatan' untuk menghormatinya," mengutip pesan tim Proofpoint Threat Insight, Jumat (16/9/2022).

Dalam kampanye serangan phishing ini, pelaku menyamarkan diri mereka sebagau tim Microsoft dan memancing penerima email untuk menambahkan memo mereka ke papan penghormatan online.

Setelah mengeklik tombol disematkan di dalam email phishing, korbah malah dikirim ke laman berbahaya dimana pelaku meminta mereka untuk memasukkan login Microsoft terlebih dahulu.

Diketahui, pelaku menggunakan platform reverse-proxy Phishing-as-a-Service (PaaS) baru bernama EvilProxy yang dipromosikan di forum hacker.

Dengan platform baru ini, pelaku dengan kemampuan peretasan rendah pun dapat mencuri token otentikasi untuk melewati MFA.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.