Sukses

Merayakan 25 Tahun Perjalanan Laptop Asus ke Luar Angkasa Lewat Zenbook 14X OLED Space Edition

Untuk merayakan 25 tahun perjalanan laptop Asus ke luar angkasa, perusahaan meluncurkan Zenbook 14X OLED Space Edition.

Liputan6.com, Jakarta - 25 tahun lalu atau pada tahun 1997, laptop Asus P6100 dipilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR milik Rusia.

Laptop itu mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah--menjadikannya sebagai tonggak sejarah bagi Asus yang hingga saat ini terus mengedepankan inovasi dan kualitas.

"Notebook Asus tidak pernah mengalami overheat seperti perangkat yang dibuat oleh perusahaan lain," kata Sergei Avdeev, astronaut Rusia dalam misi luar angkasa, dikutip dari laman resmi Asus, Sabtu (17/9/2022).

Ia menyebut aliran termal di luar angkasa dan di Bumi benar-benar berbeda. Hanya laptop dengan solusi pembuangan panas terbaik yang dapat bertahan dari operasi berkelanjutan.

"Kami menyalakan laptop di pagi hari dan membiarkannya menyala sepanjang hari tanpa masalah," ucap Avdeev memungkaskan.

Untuk merayakan 25 tahun perjalanan laptop Asus ke luar angkasa, perusahaan meluncurkan Zenbook 14X OLED Space Edition.

Sesuai temanya, laptop ini hadir dengan warna Zero-G Titanium yang sering digunakan di berbagai wahana antariksa.

Asus juga merancang Zenbook 14X OLED Space Edition secara khusus sehingga laptop ini berhasil tampil dengan space-grade durability.

Laptop edisi khusus ini mampu lolos uji ketahanan ekstrem US Space Systems Command Standard (SMC-S-016A) yang di antaranya adalah uji operasional pada suhu 61⁰C dan -24⁰C.

Soal fitur, Asus Zenbook 14X OLED Space Edition dilengkapi dengan ZenVision, sebuah layar 3,5-inci yang berada di balik layar utama perangkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar OLED yang Ramah Mata

ZenVision hadir seperti jendela pada wahana antariksa dan stasiun luar angkasa yang memungkinkan penumpangnya untuk melihat ke arah kosmik yang luas.

ZenVision dapat dikustomasi melalui preset dan mode animasi yang telah disediakan, membuat Zenbook 14X OLED Space Edition terlihat lebih personal. Tidak ada laptop selain Zenbook 14X OLED Space Edition yang hadir dengan ZenVision.

Zenbook 14X OLED Space Edition tidak hanya sekadar tampil istimewa, tetapi juga diklaim sangat powerful. Laptop ini ditenagai oleh 12th Gen Intel Core yang didukung oleh memori LPDDR5 berkecepatan tinggi.

Zenbook 14X OLED Space Edition juga memiliki penyimpanan berupa PCIe Gen4 SSD serta konektivitas paling modern untuk pengalaman penggunaan terbaik.

Sesuai dengan namanya, Zenbook 14X OLED Space Edition dilengkapi layar berteknologi Asus OLED yang dapat melindungi kesehatan mata dalam jangka waktu panjang melalui fitur low-blue light dan anti-flicker sehingga pengguna dapat lebih produktif.

3 dari 5 halaman

Asus Zenboook 14X OLED Space Edition Melenggang di Indonesia, Berapa Harganya?

 Asus resmi mengumumkan kehadiran Zenbook 14X OLED Space Edition di Indonesia. Laptop ini hadir untuk menandai 25 tahun penggunaan laptop Asus dalam misi luar angkasa pada 1998.

"Zenbook Space Edition meruapkan perangkat monumental yang juga dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya," tutur Regional Director Asus Southeast Asia, Jimmy Lin dalam peluncuran yang digelar di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Menurut Jimmy, Zenbook 14X OLED edisi khusus ini hadir dengan desain yang tangguh dan telah lolos sertifikasi uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Tidak hanya kokoh, laptop ini juga dibekali dengan teknologi terkini dari Asus.

Salah satunya adalah penggunaan layar ASUS OLED di laptop ini. Memiliki resolusi 4K, laptop ini sudah mendukung layar sentuh dengan 4096 pressure-level yang dilengkapi fitur ScreenXpert untuk pemakaian lebih interaktif.

Kualitas visual laptop ini juga kaya dan akurat, karena memiliki color gamut 100 persen DCI-P3 dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar laptop ini mendukung pula teknologi HDR dan tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Selain itu, laptop Asus ini juga memiliki fitur eksklusif yang bernama ZenVision. Fitur ini berupa layar OLED monokrom berukuran 3,5 inci yang berfungsi menampilkan animasi ekslusif, status, atau informasi pengguna.

Asus mempersenjatai laptop ini dengan prosesor Intel Core H-Series Generasi ke-12 yang dipadukan chip grafis Intel Iris Xe. Varian paling tinggi dari Zenbook 14X OLED Space Edition ini mengggunakan Intel Core i9-12900H.

Untuk mendukung performa lebih optimal, laptop ini dibekali dengan memori LPDDR5 berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, laptop ini menggunakan PCIe SSD berkapasitas 1TB.

4 dari 5 halaman

Harga Asus Zenbook 14X OLED Space Edition

Asus membekali laptop ini dengan sistem pendingin Asus IceCool Technology. Sistem pendingin ini memanfaatkan dua kipas dengan dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting dalam laptop.

Soal port, laptop ini dilengkapi mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3,5mm combo audio jack dan microSD card reader.

Sebagai tambahan, ada dua port Thunderbolt 4 dengan interface USB Type-C untuk kebutuhan transfer data, DisplayPort, dan USB power delivery.

Menunjang produktivitasnya, ada keyboard Asus ErgoSenes yang dirancang khusus untuk aktivitas mengetik yang lebih nyaman. Lalu, ada touchpad berukuran besar dan ditambah NumberPad 2.0.

Harga Asus Zenbook 14X Space Edition dengan prosesor Intel Core i9 dan RAM 32GB adalah Rp 30.999.000. Sementara varian dengan Intel Core i7 dan RAM 16GB dijual dengan harga Rp 26.999.000.

Asus memberikan garansi selama dua tahun dan satu tahun untuk VIP Perfect Warranty. Dukungan baterai pada laptop yang memiliki warna Zero-G Titanium ini adalah 63WHrs.

5 dari 5 halaman

Infografis Apollo dan Jejak Manusia di Bulan. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.