Sukses

XL Axiata Geber Jaringan 4G di Aceh Singkil dan Simeulue

XL Axiata menggeber jaringan 4G di Provinsi Aceh, terutama di tiga kabupaten Aceh, yakni Kabupaten Aceh Singkil, Simeulue, dan Aceh Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata meningkatkan kualitas layanan di wilayah provinsi Aceh, di antaranya Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue.

Sepanjang dua tahun terakhir operator tersebut memperkuat jaringan 4G di ketiga kabupaten. Hal ini dilakukan seiring meningkatkan kebutuhan akan data oleh pelanggan wilayah tersebut.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi menyebut, pihaknya terus memperkuat jaringan di semua area Aceh.

"Meski area cukup terpencil, nyatanya trafik data di sana terus tumbuh. Karena itu kami terus memperkuat jaringan dan memperluas jangkauannya," kata Desy.

Sekadar informasi, kini di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, jaringan 4G XL Axiata menjangkau 117 desa dan 11 kecamatan. Sementara di Aceh Singkil, 4G XL Axiata menjangkau 57 desa dan 7 kecamatan.

Kemudian, di Kabupaten Simeulue, layanan 4G operator ini menjangkau 21 desa dan tiga kecamatan.

Cakupan jaringan 4G diyakini akan terus tumbuh seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan layanan data, untuk mendukung aktivitas dan produktivitas sehari-hari.

Desy mengatakan, perusahaan berencana menambah kapasitas link transmisi dan menambah BTS di wilayah Aceh. Hal ini dilakukan agar jaringan XL Axiata makin berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenaikan Trafik di Aceh Sentuh 900 Persen

Sekadar informasi, dalam dua tahun, XL Axiata mencatatkan peningkatan trafik di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue. Ketiga area ini tercatat, trafik meningkat antara 100 - 900 persen.

"Pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat. tercatat per kuartal 2 2022, ada lebih dari 700 ribu pelanggan di provinsi Aceh. Jumlah ini diperkirakan terus bertumbuh secara dinamis," kata Desy.

Saat ini untuk melayani 700 ribu pelanggan di seluruh Aceh, XL didukung oleh lebih dari 2.300 BTS, di mana 1.360 unit BTS di antaranya berjaringan 4G.

Jika dirinci, untuk Kabupaten Simeulue didukung 4 BTS 4G, Aceh Singkil ada 9 BTS 4G, dan Aceh Selatan didukung 22 BTS 4G. BTS-BTS yang ada di Kabupaten tersebut ada di pulau-pulau terpencil termasuk di Simeulue, Sabang, Breuh, dan Nasi yang ada di perairan Samudera Hindia.

3 dari 3 halaman

Perkuat dan Perluas Jaringan

Penguatan jaringan di provinsi Aceh dijadwalkan akan dilakukan sepanjang tahun. Selain meningkatkan jaringan, XL juga menyediakan paket-paket layanan data melalui kartu XL dan Axis yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan.

Pelanggan di Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue bisa mengakses layanan data di jaringan 4G. Pelanggan bisa memberi produk paket data mulai dari 3GB hingga 55GB.

Paket ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang produktivitas masyarakat, termasuk mendukung kalangan UMKM, pelajar, mahasiswa, pegawai swasta, hingga aparat pemerintahan.

Sekadar informasi, saat ini XL Axiata memiliki 144 ribu BTS, di antaranya lebih dari 88 BTS berjaringan 4G. XL Axiata juga terus memperluas dan meningkatkan jaringan serta layanan datanya. Salah satunya dengan menggelar jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 130 Km, guna melayani 57 juta pelanggan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.