Sukses

Call of Duty Warzone Mobile Meluncur di iOS dan Android Tahun Depan

Activision mengumumkan game mobile Call of Duty Warzone Mobile akan mulai menyambangi pengguna perangkat iOS dan Android pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Activision mengumumkan game mobile Call of Duty Warzone akan meluncur untuk perangkat Android dan iOS tahun depan. Sebelumnya, game ini lebih dulu meluncur untuk platform konsol dan PC pada 2020.

Dikutip dari Gamespot, Sabtu (17/9/2022), Activision memastikan game ini bukan merupakan port dari Call of Duty Warzone yang sudah lebih dulu rilis. Namun, game ini tetap mengusung sistem permainan yang sama.

Oleh sebab itu, sejumlah komponen dalam game versi PC dan konsol akan hadir di Call of Duty Warzone Mobile, seperti peta ikonik Verdansk. Lalu, kehadiran Gulag yang bisa menjadi tempat pemain bertarung untuk bisa hidup kembali.

Nantinya, game ini juga akan mempertemukan 120 pemain online yang saling bertarung untuk bisa menjadi juara. Yang menarik, battle pass dalam game ini juga terhubung dengan Call of Duty: Modern Warfare II dan Call of Duty Warzone 2.0.

Bersama dengan pengumuman ini, Activision juga merilis trailer perdana dari Call of Duty Warzone Mobile. Meski belum ada jadwal pasti, pra-registrasi untuk game ini sudah dibuka di Google Play Store.

Untuk diketahui, bocoran soal kehadiran Call of Duty Warzone versi mobile sudah diketahui sejak pertengahan tahun ini. Informasi ini terungkap dari lowongan pekerjaan yang diunggah Activision melalui akun Twitter resmi mereka.

Ketika itu, Activision menyebut Warzone anyar ini akan dikembangkan secara khusus untuk perangkat mobile, bukan port dari versi PC atau konsol. Unggahan itu juga menyebut game ini dimaksudkan untuk menghibur gamer hingga tahun-tahun mendatang.

Bila sesuai dengan klaim tersebut, Call of Duty Warzone versi mobile diharapkan akan mendapatkan update secara berkala seperti yang dilakukan Activision pada versi PC dan konsol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda dari Call of Duty: Mobile

Untuk diketahui, Warzone berbeda dari game Call of Duty: Mobile yang sudah meluncur di pasaran saat ini. CoDM termasuk bagian dari waralaba, tapi tidak dikembangkan secara langsung oleh Activision.

Sebaliknya, game itu dibuat oleh perusahaan asal Tiongkok bernama TiMi Studio Group, studio dibalik game Pokemon Unite dan merupakan anak perusahaan Tencent.

Call of Duty: Mobile pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 dan telah menjadi pesaing berat PUBG Mobile. 

Call of Duty: Mobile telah melampaui USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,5 triliun dari belanja pemain secara global di App Store dan Google Play.

Nilai itu terhitung secara akumulatif sejak peluncuran resmi Call of Duty: Mobile pada Oktober 2021. Demikian menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower yang dikutip pada Minggu (27/2/2022).

Menurut Sensor Tower, pendapatan game tersebut pada tahun 2021 menjadi yang terbaik. Game bergenre first-person shoter itu meraup pendapatan Rp 1,49 triliun pada tahun lalu yang bahkan berasal dari pengguna perangkat Apple saja.

3 dari 4 halaman

Musim Baru Call of Duty Mobile, Hadirkan Tema Spionase

Di sisi lain, Call of Duty Mobile akan kedatangan season 8 'Train to Nowhere' pada 6 September 2022. Dalam musim terbaru ini, espionase menjadi tema yang akan hadir untuk para pemain.

Di musim ini, pemain bisa menemukan deretan senjata dan karakter baru. Musim ini juga akan menyuguhkan kelanjutan dari kisah Sophia usai kematian tragis Templar di musim sebelumnya. 

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (6/9/2022), musim baru ini akan membawa peta baru 'Express' dari Call of Duty: Black Ops II yang secara resmi hadir di mode multiplayer CODM.

Selain itu, musim ini akan kedatangan senjata baru yang bisa didapatkan melalui Battle Pass terbaru, yakni ZRG 20mm. Senjata dengan sniper bolt-action ini dilengkapi dengan kecepatan tinggi dan damage lebih besar.

Sementara di mode Battle Royale, Garena Call of Duty Mobile akan kedatangan event khusus 'Operation: Spy Hunt'.

Pada mode ini, pemain akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan mata-mata, mengumpulkan petunjuk, dan menyadap intelijen dari pihak musuh.

Nantinya, ada karakter Epic terbatas Lerch-Gumshoe dan senjata SMG Epic GKS-Claw yang pemain bisa menangkan setelah berhasil menyelesaikan semua misi.

Untuk Premium Battle Pass Season ini juga menghadirkan empat karakter epik dengan operator baru.

Terakhir, Call of Duty Mobile turut melakukan optimasi di dalam game dari sisi gameplay, match, fungsi, performa, sekaligus update weapon balancing untuk meningkatkan penggunaan berbagai senjata dalam game.

4 dari 4 halaman

Call of Duty: Modern Warfare II Beta Bakal Hadir September

Lalu, bersi beta dari game Call of Duty: Modern Warfare II bakal rilis September. Di mana, gamers di PlayStation akan mendapatkan akses ke game ini lebih dulu, diikuti oleh pemilik Xbox dan PC.

Infinity Ward, pengembang COD: Modern Warfare II membagikan kabar ini di turnamen Call of Duty League Championship (CDL Champs) belum lama ini.

Dengan versi beta yang sebelumnya, tanggal perilisan terpisah berdasarkan jenis konsol dan apakah pengguna melakukan pre-order terhadap game atau tidak.

Mengutip The Verge, Selasa (9/8/2022), akses awal beta pertama untuk game ini dimulai pada 17-17 September 2022 untuk PlayStation 4 dan 5, pemain melakukan pre-order game.

Selanjutnya pre-order diikuti oleh open Beta bagi semua pemain PlayStation, dimulai pada 18 September dan berakhir tanggal 20 September.

Crossplay beta untuk pemain Call of Duty yang melakukan pre-order game di PlayStation, Xbox, dan PC akan berlangsung dari 22-23 September. Sementara, open crossplay beta untuk semua platform dimulai pada 24-26 September 2022.

Pada CDL Champs, Infinity Ward juga memperkenalkan peta multiplayer baru yang disebut sebagai Grand Prix, sebuah arena pacuan kuda. Peta akan tersedia untuk dimainkan selama versi beta.

Infinity Ward menyebut, jika pemain belum melakukan pre-order game, mereka akan berkesempatan menerima kode beta untuk akses awal. Meski sudah memberi beberapa kode selama turnamen, pemain bisa memiliki lebih banyak peluang untuk mengambilnya dari berbagai streamer dan YouTuber jelang tanggal dimulainya versi beta.

CoD Modern Warfare 2 akan diluncurkan di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC melalui Battle.net dan Steam mulai 28 Oktober 2022.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.