Cara Ambil Foto Selfie dari Oppo Reno8 5G Secara Remote Menggunakan Enco Buds2

Oleh IskandarAgustinus Mario Damar pada 17 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 09:25 WIB
Oppo Reno8 5G berdampingan dengan Enco Buds2. Dok: Liputan6.com/Agustinus Mario Damar
Perbesar
Oppo Reno8 5G berdampingan dengan Enco Buds2. Dok: Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Liputan6.com, Jakarta - True wireless stereo (TWS) baru keluaran Oppo yang berlabel Enco Buds2 memiliki beberapa fitur yang memberikan pengalaman seru dan mengasyikkan.

Salah satu fitur yang Tekno Liputan6.com coba adalah fitur gestur dari Oppo Enco Buds2. Menariknya, fungsi gestur yang disematkan tidak hanya bisa digunakan sebagai kontrol, seperti menaikkan atau menurunkan volume, tapi juga mengambil foto selfie secara remote dari kamera smartphone.

Caranya, cukup dengan mengetuk dua kali di area kontrol sentuh, pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengambil foto selfie dengan kamera depan smartphone secara remote.

Untuk diketahui, saat mencoba fitur ini kami menyandingkan Enco Buds2 dengan smartphone Oppo Reno8 5G.

<p>Mengambil foto selfie dari Oppo Reno8 5G dengan Enco Buds2 secara remote. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar</p>

Hal menarik lain yang kami perhatikan dari TWS ini adalah bobotnya yang terbilang ringan. Kami tetap merasa nyaman dan tidak begitu membuat lelah telinga saat menggunakan Enco Buds2 selama 45 menit dalam perjalanan menggunakan MRT di Jakarta.

Hadir dengan model in-ear, kami merasa isolasi suara Oppo Enco Buds2 terbilang baik. Selama digunakan di MRT, suara atau noise yang ada di sekitar tidak banyak terdengar.

Padahal, TWS ini hanya memiliki fitur Passive Noise Reduction, bukan Active Noise Cancellation. Kami merasa suasana kedap yang dihasilkan TWS ini saat berada di tempat umum terasa baik.

Fitur inovatif lainnya adalah Enco Live. Lewat fitur ini pengguna bisa memilih kecenderungan suara yang ingin dihasilkan, mulai dari bass yang lebih dalam hingga vokal lebih jernih.

Soal daya tahan baterai, Oppo mengklaim dalam sekali pengisian daya, TWS ini bisa digunakan untuk mendengarkan lagu hingga 7 jam dan bertahan selama 28 jam dengan memakai case pengisi dayanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


TWS Oppo Enco Air2 Pro dan Enco Buds2 Melenggang di Indonesia, Ini Fitur dan Harganya

Oppo Enco Air2 Pro dan Oppo Enco Buds2 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Oppo Enco Air2 Pro dan Oppo Enco Buds2 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Sebelumnya, selain meluncurkan smartphone Reno8 Series ke Indonesia, Oppo pada Senin (15/8/2022), juga merilis dua true wireless stereo (TWS) terbaru mereka ke Tanah Air.

TWS pertama adalah Oppo Enco Air2 Pro. Perangkat ini dilengkapi Driver Super Besar 12,4mm, belakang besar yang dibuat khusus, dan pengaturan bass Enco Live untuk audio bass yang lebih dalam, kuat, dan bertenaga.

Oppo juga melengkapi Enco Air2 Pro dengan Active Noise Cancelling (ANC) untuk menangkap dan meredam noise di sekitar pengguna, pada berbagai frekuensi suara.

Untuk desain, Oppo menyebut perangkat ini memiliki desain Refractive Bubble Case. Desain yang ramping ditujukan untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna, serta meminimalisir kelelahan saat dipakai di waktu lama.

Selain itu, TWS Oppo Enco Air2 Pro juga sudah mendapatkan sertifikasi IP54 yang membuatnya lebih tahan debu dan air.

Oppo mengklaim, Enco Air2 Pro dapat bertahan ampai tujuh jam, bahkan sampai 28 jam dengan casing pengisi dayanya.

TWS ini juga mendukung Oppo Flash Charging, yang disebut bisa melakukan pengisian daya hanya 10 menit, untuk dipakai mendengarkan musik selama dua jam.

Enco Air2 Pro menggunakan Transmisi Latensi Rendah Binaural Bluetooth 5.2. Fitur ini memiliki latensi end-to-end hingga 94 ms yang secara efektif meminimalisir audiovisual yang tidak sinkron dan kehilangan konektivitas.

Fitur lainnya di TWS ini adalah kontrol sentuh, misalnya dengan mengetuk dua kali untuk mengambil gambar, membuat perangkat ini memiliki tingkat yang baru dalam kemampuan earbud nirkabel.


Oppo Enco Buds2

Oppo Enco Buds 2 (Dok. Oppo)
Perbesar
Oppo Enco Buds 2 (Dok. Oppo)

TWS kedua yang dirilis Oppo adalah Oppo Enco Buds2. Perangkat ini hadir dengan driver 10mm dan efek suara Enco Live.

Enco Buds2 memiliki berat 4 gram dengan desain yang ergonomis. TWS ini juga mendapatkan sertifikasi tahan air IPX4, untuk memastikannya tahan percikan air dan keringat.

Untuk daya, Enco Buds2 diklaim bisa memainkan musik hingga tujuh jam dalam sekali pengisian daya dan bertahan sampai 28 jam dengan casing pengisi dayanya.

Terdapat juga fitur AI Deep Noise Cancellation untuk Panggilan, yang memungkinkan pengguna untuk mendengar dengan mudah dan jelas di suasana yang bising.

Oppo Enco Buds2 juga menghadirkan Binaural Latensi Rendah dengan Transmisi Bluetooth 5.2, untuk koneksi Bluetooth yang lebih cepat dan stabil.


Harga Oppo Enco Air2 Pro dan Enco Buds2

Oppo Enco Buds2
Perbesar
Oppo Enco Buds2. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Di Enco Buds2, perusahaan asal Tiongkok ini juga menyematkan Mode Game Rendah Latensi End-to-End 94 ms, dengan tujuan membuat permainan jadi lebih sinkron dan bebas lag, gangguan, atau putus.

Fitur lainnya adalah Open Up Flash Connect untuk membuat TWS ini dapat langsung terhubung ke smartphone pengguna secara otomatis, setelah casing dibuka.

Enco Buds2 juga memiliki fitur Ketuk Dua Kali untuk mengontrol kamera, membuat pengguna dapat mengambil foto dari jarak jauh dan melakukan swafoto di berbagai situas dengan lebih mudah.

Oppo Enco Air2 Pro dipasarkan dengan harga Rp 1.099.000 dan hadir dalam satu varian warna saja yaitu Misty Morning White.

Sementara Oppo Enco Buds2 hadir dalam dua varian warnah yaitu Moonlight dan Midnight, dengan harga Rp 399.000.


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya