Sukses

Pengguna iPhone Wajib Tahu, Ini 5 Fitur Baru di iOS 16

Lima fitur istimewa yang dibawa iOS 16 ini sudah bisa dinikmati pengguna iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone sudah bisa memperbarui sistem operasi perangkatnya ke iOS 16 sejak 13 September 2022. Sebelumnya, iOS 16 diuji coba sejak Juni hingga September 2022. 

Setelah di-update ke iOS 16, pengguna bisa menikmati deretan fitur baru yang tersedia di sistem operasi terbaru Apple ini. Apa saja? Yuk simak informasinya di sini. 

Customized Lockscreen

Fitur yang satu ini menjadi fitur yang paling mencolok dari iOS 16. Software baru untuk iPhone tersebut memberi penggunanya kemampuan untuk mengatur tampilan lockscreen sesuai dengan yang diinginkan.

Pengguna iOS 16 dapat dengan mudah mengatur font, warna, dan posisi elemen di lockscreen perangkat hanya dengan mengetuk objeknya. Ada juga efek foto multilayer yang memberikan subjek foto efek pop out dari gambar.

Fitur Edit, Unsend, Unread iMessage

iMessage mendapatkan peningkatan yang cukup besar pada iOS 16. Dengan mengoperasikan iOS 16, pengguna bisa mendapatkan fitur untuk mengedit (Edit), membatalkan pengiriman pesan (Unsend), dan membatalkan pembacaan pesan (Unread).

Software baru ini memberikan penggunanya waktu selama 15 menit untuk mengedit pesan yang sudah dikirim dan dua menit untuk membatalkan pengiriman pesan. Kedua opsi ini sangat berguna ketika seseorang mengirimkan pesan yang salah ketik atau salah mengirim pesan.

Perusahaan akan menampilkan riwayat pesan yang diedit dan pengguna bisa mengubah isi pesan sebanyak lima kali edit untuk satu pesan.

Sementara opsi Unread bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengatur dan menandai pesan yang sudah dibaca dan akan dibalas nanti.

Namun, perlu diketahui opsi edit dan unsend hanya dapat digunakan pada perangkat dengan software iOS 16, iPadOS 16, macOS 13 Ventura, atau watchOS 9 saja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Live Text untuk Format Video di iOS 16

Fitur Live Text sebelumnya sudah hadir di iOS 15 dan memungkinkan pengguna mengambil informasi dari foto yang memiliki teks.

Dengan iOS 16, pengguna kini bisa melakukan hal yang sama, tetapi dalam format video. Pengguna bisa menjeda video dan memilih teks untuk menyalin dan menempe, atau menerjemahkan teks di video.

iOS 16 juga memasukkan bahasa Jepang, Korea, dan Ukraina ke dalam sistem Live Text.

Mode Focus di iOS 16

Dengan mode fokus yang sudah diperbarui di iOS 16, opsi tersebut akan muncul pada tampilan lockscreen iPhone.

Menggunakan filter fokus, pengguna dapat mengatur aplikasi yang ingin ditampilakan, seperti kalender, aplikasi pesan, dan browser untuk menyetel batasan.

Penerapan Passkeys di iOS 16 Sebagai Pengganti Password

Apple memang sedang berusaha untuk menyingkirkan metode penggunaan password dan menggantinya dengan Passkey. iOS terbaru ini juga mulai mengganti password dengan metode yang lebih mudah dan tidak perlu diingat-ingat.

Hanya dengan melakukan pemindaian sidik jari atau wajah, pengguna dapat mengunci dan melindungi perangkat dari bahaya phishing atau kebocoran website.

Sinkronisasi Passkey juga memungkinkan pengguna iOS 16 untuk melakukan sign in ke perangkat lain lewat metode yang sama. Dengan ini, pengguna bisa masuk ke akun aplikasi atau website hanya dengan memindai sidik jari atau wajah mereka.

3 dari 3 halaman

Cara Memasang iOS 16

Software iOS 16 dapat diinstal pada perangkat-perangkat berikut ini.

1. iPhone 13 Series (iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max)

2. iPhone 12 Series (iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max)

3. iPhone 11 Series (iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max)

4. iPhone Xs dan Xs Max

5. iPhone XR

6. iPhone X

7. iPhone 8 dan 8 Plus

8. iPhone SE 2020 dan SE 2022

Untuk menginstal software, pergi ke aplikasi Settings di dalam iPhone, lalu swipe ke atas sampai menemukan opsi General. Setelah memilih opsi, akan muncul daftar menu. Dari seluruh daftar menu, pilih Software Update.

Jika update software tersedia, pengguna tinggal mengetuk pilihan software dan pilih Download and Install. Setelah itu, pengguna bisa ikut prosedur selanjutnya untuk menyelesaikan pemasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini