Sukses

iOS 16 untuk iPhone Apa Saja, Cek Daftarnya di Sini

Berikut ini adalah daftar iPhone yang kebagian iOS 16 selain iPhone 14. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna perangkat iPhone sudah bisa menikmati update iOS 16 di perangkat mereka mulai hari ini, dengan cara mengeceknya lewat Setting > General > Sofware Update.

Nantinya, kamu akan mendapati ikon iOS 16 dengan tombol "Download & Install" sistem operasi terbaru milik Apple tersebut.

Saat Liputan6.com melakukan update iOS 16 dengan ukuran file hingga 3GB tadi pagi, kami menemukan Apple juga menggulirkan pembaruan untuk iOS 15.7 berukuran 326,6MB.

Namun banyak dari kamu masih penasaran apakah iPhone yang dipakai saat ini dapat mencicipi iOS 16 atau tidak.

Nah, berikut ini adalah daftar iPhone yang kebagian iOS 16 selain iPhone 14. Apa saja?

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 12
  • iPhone 12 Mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 Mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone SE (second generation dan baru)

Untuk mengetahui model iPhone yang dipakai, buka aplikasi Settings > General > About. Di kolom Model Name, kamu akan menemukan tipe iPhone yang dipakai.

Sayang, model di bawah iPhone 8--iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak bisa pakai iOS 16.

Deretan Fitur iOS 16 yang Patut Kamu Coba

Lebih lanjut, ini adalah deretan fitur iOS 16 yang patut dicoba setelah iPhone kamu sudah di update.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lock Screen

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Doc: Apple)</p>

Pada iOS 16, pengguna kini bisa mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Nantinya, pengguna tinggal menggeser layar untuk mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood. Apple juga menyediakan beberapa wallpaper baru untuk para pengguna iPhone.

Tampilan Notifikasi

Apple juga melakukan perombakan tampila notifikasi di lock screen. Sebelumnya, tampilan notifikasi akan tampil menumpuk di layar, tapi kini tampilan itu akan digulirkan di bagian bawah layar.

Edit or Unsend iMessage

iOS 16 juga memungkinkan pengguna untuk mengedit atau membatalkan pesan yang dikirimkan melalui iMessage. Nantinya, pengguna bisa mengedit pesannya paling lambat hingga 15 menit pesan tersebut dikirimkan.

Penerima pesan juga bisa mengetahui apabila pengirim melakukan edit pesan yang dikirimkan padanya. Sementara untuk membatalkan pesan, pengguna bisa melakukannya paling lambat dua menit setelah pesan dikirimkan.

Live Text

Pada iOS 16, Apple juga menghadirkan kemampuan Live Text untuk format video. Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan saat pengguna memakai Live Text di foto atau video.

Apple Maps

Apple turut membawa banyak perubahan pada aplikasi Maps di iOS 16. Dalam update ini, aplikasi Maps akan menampilkan sejumlah parameter baru, termasuk kecepatan atau temperatur kendaraan.

Pembaruan lain yang juga dihadirkan adalah menambahkan beberapa perhentian saat melakukan navigasi perjalanan. Aplikasi ini turut mendukung visual seperti 3D dan integrasi lebih baik dengan Apple CarPlay.

Safety Check

Fitur anyar lain yang dibawa Apple adalah Safety Check. Sesuai namanya, fitur ini bertujuan untuk melindungi pengguna yang menjadi korban kekerasan.

Ketika fitur ini aktif, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti lokasi yang mungkin telah dibagikan ke orang lain sebelumnya.

 

3 dari 5 halaman

Tak Semua iPhone Penerima iOS 16 Bisa Jalankan Fitur Baru

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan 14 Plus yang baru diumumkan. (Doc: Apple)</p>

Walau menghadirkan sejumlah fitur baru ke dalam iOS 16 untuk deretan iPhone milik Apple, ternyata tidak semua akan dapat menikmatinya.

Mengutip Gizchina, Senin (12/9/2022), ada beberapa fitur yang dibawa iOS 16, yang hanya akan tersedia di perangkat iPhone dengan chip A12 Bionic atau yang lebih baru.

Beberapa perangkat ini adalah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2), iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Serta yang terbaru iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max dan iPhone SE (generasi ke-3), dan semua jajaran seri iPhone 14 yang baru dirilis Apple.

Berikut ini beberapa fitur yang hanya akan hadir ke beberapa iPhone tertentu dengan iOS 16:

Live Text di video

Teks sepenuhnya interaktif dalam bingkai video yang dijeda. Pengguna bisa menggunakan fitur copy-paste, find-translate, dan banyak lagi. Fitur ini berfungsi dengan Photos, Quick Look, Safari, dll.

Quick actions di Live Text

Data yang terdeteksi dalam foto dan video dapat dimanipulasi hanya dengan satu klik. Pengguna bisa melacak penerbangan atau pengiriman, menerjemahkan bahasa asing, dan konversi mata uang

Bahasa baru untuk Live Text

Di iOS 16, fitur iPhone Live Text mengenali teks Jepang, Korea, dan Ukraina.

Emoji di teks

Pengguna bisa menyisipkan emoji saat mengirim pesan dengan Siri.

Tersedia dalam bahasa Kanton (Hong Kong), Inggris (Australia, Kanada, India, Inggris, AS), Prancis (Prancis), Jerman (Jerman), Jepang (Jepang), Mandarin (Cina, Taiwan) dan Spanyol (Meksiko, Spanyol)

 

4 dari 5 halaman

Menemukan kemampuan dan aplikasi Siri

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Pengguna bisa membuka aplikasi dan bertanya "Hey Siri, what can i do here?" atau bisa menanyakan aplikasi tertentu dengan mengatakan "Hey Siri, what can I do with iRobot?"

Fitur ini mendukung bahasa Jerman (Jerman), Inggris (Australia, Kanada, India, Inggris, AS), Spanyol (Meksiko, Spanyol, AS), Prancis (Prancis), Jepang (Jepang), Mandarin (China Daratan), dan Kanton (China) Hongkong).

Pengalaman Dictation yang baru

Pengguna bisa beralih antara ucapan dan sentuhan dengan lancar di iOS 16. Gunakan keyboard untuk mengetik, mengetuk bidang teks, memindahkan kursor, dan menyisipkan saran QuickType, semuanya tanpa perlu menghentikan Dictation.

Menambahkan obat dengan kamera

Pengguna bisa dengan cepat menambahkan obat dengan menggunakan kamera iPhone XR/XS di iOS 16, dengan memposisikan label obat di bingkai, dan akan diperlihatkan hasil untuk nama, kekuatan, dan bentuk obat.

Pencarian gambar di lebih banyak aplikasi

Di iOS 16, Spotlight menggunakan informasi gambar dari pesan, catatan, dan file untuk mendukung pencarian berdasarkan lokasi, orang, pemandangan, dan bahkan hal-hal dalam gambar seperti teks, anjing, dan lainnya.

Peningkatan Visual Lookup

Meningkatkan subyek dari gambar atau mengisolasi subyek dengan menghapus latar. Ini bekerja di Photos, Screenshots, Quick Look, Safar, dan lain-lain

Domain Baru untuk Visual Lookup

Menambahkan pengenalan burung, serangga, dan patung

 

5 dari 5 halaman

Wallpaper Astronomi

<p>Apple baru saja mengumumkan iOS 16 di WWDC 2022, apa saja peningkatan dan fitur barunya? (Doc: Apple)</p>

Di iOS 16 Beta 2, Apple telah menyediakan wallpaper astronomi untuk pengguna iPhone XR dan XS yang sudah melakukan pembaruan. Sebelumnya, ini hanya bekerja di perangkat dengan A13 atau yang lebih baru.

Sementara, untuk fitur iOS 16 yang hanya hadir di iPhone 11 atau yang lebih baru adalah Live Captioning.

Fitur ini secara otomatis menghasilkan transkripsi secara real-time untuk pengguna tuli, sehingga mereka bisa lebih mudah melakukan percakapan audio dan video.

Fitur ini membutuhkan iPhone 11 atau yang lebih baru, dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris (Kanada, Amerika Serikat).

Sementara beberapa fitur membutuhkan iPhone tertentu karena kemampuan prosesor, Apple juga menambahkan ikon baterai baru untuk beberapa perangkat notch di iOS 16 Beta 5.

Beberapa perangkat yang akan mendapatkan fitur baru ini adalah:

  • Apple iPhone 13, 13 Pro dan 13 Pro Max
  • Apple iPhone 12, 12 Pro dan 12 Pro Max
  • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
  • iPhone XS dan XS Max
  • Apple iPhone X
  • iPhone 14, iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max sudah mendukung ikon baterai baru.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini