7 Hal yang Tak Diumumkan Apple saat Peluncuran iPhone 14

Oleh Afifah Nur Andini pada 10 Sep 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 10 Sep 2022, 09:00 WIB
iPhone 14
Perbesar
iPhone 14 (Foto: iPhone 14).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menunjukkan tampilan dari iPhone 14, tiga model terbaru dari Apple Watch, dan AirPods Pro generasi terbaru, masih ada beberapa hal yang belum diinformasikan Apple melalui hajatannya yang bertajuk Far Out Event.

Rumor-rumor yang sebelumnya kita dengar sebelum acara tersebut tidak berakhir begitu saja. Beberapa hal di bawah ini bisa diantisipasi sebagai sesuatu yang akan datang di masa depan, sebagaimana dikutip dari The Verge, Sabtu (10/9/2022).

1. Apple Mixed-Reality Headset

Perangkat yang satu ini paling banyak mencari perhatian dan ditunggu-tunggu pelanggan Apple. Namun, dalam acara ini, Apple tidak menunjukkan tanda-tanda perilisan dari Mixed-Reality Headset.

Meskipun begitu, menurut analisis Ming-Chi Kuo, kemungkinan kita bisa menyaksikan perilisan perangkat tersebut pada Januari 2023.

Rumor Mixed-Reality Headset memiliki sejarah yang cukup panjang. Perangkat ini dilaporkan akan menawarkan kombinasi dari pengalaman AR dan VR.

Melalui catatan analisisnya, Kuo juga menyebut perangkat ini sebagai salah satu produk dengan desain yang sulit, tetapi perilisannya nanti akan memicu pasar perangkat head-mounted mengalami pertumbuhan yang cepat.

Selain itu, perangkat ini juga merupakan headset mandiri yang ditenagai oleh chip M2 yang mampu memberikan pengalaman dan bermain game mixed-reality.

2. Harga iPhone 14 Pro Batal Naik

Informasi yang satu ini cukup menyegarkan pelanggan yang sudah berencana membeli model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Apple pada akhirnya tidak menaikkan harga untuk model 14 Pro, seperti rumor yang beredar sebelumnya.

Untuk iPhone 14 Pro akan tetap dijual dengan harga mulai dari US$ 999, sedangkan iPhone 14 Pro Max dengan harga mulai dari US$ 1.099.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Perangkat iPhone Mini

iPhone 13 Mini
Perbesar
iPhone 13 Mini. Dok: Apple

Perusahaan menkonfirmasi rumor mengenai iPhone 14 yang kali ini tidak akan memiliki model iPhone Mini. Hal ini menjadikan iPhone 13 sebagai seri terakhir yang memiliki perangkat model mini dan telah dirilis tahun lalu.

Hal ini tidak mengartikan Apple akan berhenti merilis model iPhone Mini. Jika ke depannya perusahaan melihat tuntutan pasar terhadap model tersebut, ada kemungkinan perusahaan akan membuat perangkat iPhone Mini kembali.

4. SMS dan Panggilan Satelit

Dalam Far Out Event, Apple juga tidak membicarakan soal perangkat iPhone 14 yang bertenaga satelit. Namun, ada beberapa hal yang mendukung kebenaran rumor tersebut.

Perusahaan mengumumkan tentang kemampuan iPhone 14 yang bisa mengirimkan peringatan SOS ke layanan keadaan darurat menggunakan koneksi satelit.

Hal ini sebelumnya sudah menjadi rumor perangkat iPhone 13 tahun lalu, tetapi baru pada iPhone 14 fitur tersebut direalisasikan.

Dengan operator T-Mobile yang terjun melayani messaging bertenaga satelit, pengiriman peringatan SOS ini menjadi sebuah langkah baru bagi Apple.


5. Fitur Fever-Detecting pada Apple Watch Series 8

Apple Watch Series 8 (Apple Newsroom)
Perbesar
Apple Watch Series 8 (Apple Newsroom)

Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Apple akan memperkenalkan fitur pendeteksi demam pada Watch Series 8. Perusahaan memang menambahkan sensor pendeteksi suhu pada perangkat tersebut, tetapi tujuan utama dari hal tersebut adalah sebagai fertility tracking.

Fitur ini dimaksudkan sebagai alat melacak siklus menstruasi menggunakan fitur pendeteksi suhu yang mencatat perubahan suhu tubuh bahkan sekecil 0.1 derajat selsius, membantu pengguna mengetahui kapan terakhir mereka berovulasi.

Selain dari fungsi tersebut, muncul harapan agar fitur pendeteksi suhu juga mampu mendeteksi ketika seseorang sedang mengalami demam.

Akan tetapi, ada kemungkinan tidak lulus pengujian internal sehingga tidak bisa mewujudkan kegunaan tersebut.

 


6. Lossless Audio pada Airpods Pro Terbaru

Perilisan generasi kedua dari AirPords Pro menampilkan beberapa peningkatan yang mencuri perhatian, seperti perbaikan pada fitur noice cancellation dan spatial audio.

Akan tetapi, mereka tidak menunjukkan adanya penggunaan Lossless Audio Codec (ALAS) pada perangkat tersebut yang dapat memberikan peningkatan pada kualitas audio secara signifikan.

Meskipun begitu, pada perangkat kali ini Apple memasukkan Bluetooth 5.3, dengan LC3 audio codec terbaru yang membuat pengiriman audio menjadi lebih efisien.

7. Port USB-C

Apple dikabarkan sudah melakukan percobaan dengan mengganti port Lightning ke USB-C. Port USB-C merupakan perubahan yang cukup dinantikan.

Namun, laporan analisis dari Ming-Chi Kuo menyebutkan perusahaan baru akan mengubah port ke USB-C pada paruh kedua dari 2023, atau saat perilisan model iPhone terbarunya.

Masih banyak perangkat lain yang belum Apple rilis untuk tahun ini. Perangkat yang ditunggu di antaranya iPad Pro terbaru dengan chip M2 dan beberapa model Mac, seperti Mac Mini, Mac Pro, dan MacBook Pro.


Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya