Sukses

Apple Watch Series 8 Diluncurkan, Bawa Fitur Deteksi Kecelakaan

Berikut fitur-fitur di Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE yang baru saja dirilis Apple

Liputan6.com, Jakarta - Di samping lini iPhone 14 Series, Apple juga memperkenalkan beberapa smartwatch teranyarnya yaitu Apple Watch Series 8 dan Apple Watch SE terbaru pada Kamis (8/9/2022) WIB.

Apple Watch Series 8 menghadirkan desain khas Apple Watch, termasuk Always-On Retina Display dan kristal depan kuat. Perangkat ini memiliki masa pakai baterai 18 jam.

Ada fitur kesehatan dan keselamatan seperti aplikasi EKG dan deteksi jatuh, dengan memperkenalkan kemampuan penginderaan suhu, perkiraan ovulasi retrospektif, Crash Detection, dan roaming internasional.

Apple Watch Series 8 dirilis dengan fitur yang mungkin sangat berguna bagi perempuan, khususnya terkait siklus menstruasi bisa menjadi penanda penting kesehatan.

Perangkat ini menghadirkan kemampuan penginderaan suhu baru yang dapat memberikan pengguna wanita pengetahuan lebih lanjut tentang kesehatannya, dengan tetap memperhatikan perlindungan privasi data kesehatan.

Smartwatch ini mengambil pendekatan unik untuk penginderaan suhu dengan desain dua sensor: satu sensor di bagian belakang jam dekat dengan kulit, dan satu lagi tepat di bawah layar, untuk mengurangi bias dari lingkungan luar.

Suhu pergelangan tangan malam hari bisa menjadi indikator yang baik untuk suhu tubuh secara keseluruhan. Sensor di Apple Watch Series 8 mengambil sampel suhu pergelangan tangan selama tidur setiap lima detik dan mengukur perubahan sekecil 0,1° C.

Di aplikasi kesehatan, pengguna smartwatch Apple ini bisa melihat perubahan suhu dasar setiap malam, yang dapat disebabkan oleh olahraga, jet lag, atau bahkan penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Crash Detection

Dengan penginderaan suhu baru di Apple Watch Series 8, pengguna dapat menerima perkiraan ovulasi retrospektif. Mengetahui kapan ovulasi telah terjadi dapat membantu untuk keluarga berencana.

Dengan iOS 16 dan watchOS 9, semua pengguna Cycle Tracking dapat menerima pemberitahuan jika riwayat siklus yang dicatat menunjukkan kemungkinan penyimpangan.

Fitur lainnya adalah Crash Detection atau deteksi kecelakaan. Saat Apple Watch mendeteksi tabrakan mobil parah, perangkat tersambung dengan pengguna dan menghubungi layanan darurat, jika mereka tidak merespon setelah 10 detik.

Penanggap darurat akan menerima lokasi perangkat pengguna, yang juga dibagikan dengan kontak darurat pengguna.

Saat digabungkan, Crash Detection di Apple Watch dan iPhone bisa bekerja dengan mulus untuk mendapatkan bantuan pengguna secara efisien.

Saat tabrakan parah terdeteksi, antarmuka panggilan darurat akan muncul di Apple Watch, karena kemungkinan besar berada di dekat pengguna, sementara telepon dilakukan via iPhone jika di terjangkau untuk koneksi terbaik. 

 

3 dari 4 halaman

Low Power Mode

Terdapat Low Power Mode atau Mode Daya Rendah baru pada Apple Watch Series 8, yang dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 36 jam dengan keberadaan iPhone.

Mode baru ini menonaktifkan menonaktifkan atau membatasi sensor dan fitur tertentu untuk sementara, termasuk Always-On Retina Display, autostart olahraga, notifikasi kesehatan jantung, dan banyak lagi.

Secara fisik, Apple Watch Series 8 hadir dalam casing aluminium dan stainless steel dalam dua ukuran, 41mm dan 45mm, dan kompatibel dengan semua tali jam.

Pilihan warnanya mencakup starlight, midnight, silver, dan (PRODUCT)RED, sedangkan casing stainless steel menawarkan warna perak, grafit, dan emas.

4 dari 4 halaman

Apple Watch SE

Apple juga merilis Watch dengan harga yang lebih murah yaitu Apple Watch SE generasi baru.

Terdapat peningkatan termasuk prosesor dual-core S8 SiP, prosesor yang sama dengan yang ada di Apple Watch Series 8 dan Apple Watch Ultra, yang diklaim membuatnya 20 persen lebih cepat dari pendahulunya.

Dihadirkan juga fitur Crash Detection dan roaming internasional pada Apple Watch SE baru ini.

Desain casing-nya masih sama dengan pendahulunya, namun casing belakangnya serasi dan didesain ulang dari bahan komposit nilon, yang membuatnya jadi lebih ringan.

Dengan watchOS 9, pengguna Apple Watch SE dapat menikmati manfaat aplikasi Kompas baru selain fitur kebugaran dan kesehatan yang ditingkatkan.

Apple Watch SE tersedia dalam casing aluminium 40mm dan 44mm, dengan desain midnight, starlight, and silver, dan kompatibel dengan semua tali jam.

Apple Watch Series 8 di pasar Amerika Serikat dijual dengan harga mulai dari USD 399 (Rp 5,9 juta) dan harga untuk Apple Watch SE mulai dari USD 249 (Rp 3,7 juta).

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.