Sukses

iOS 16 Mulai Digulirkan ke iPhone pada 12 September 2022

Apple akhirnya mengungkap kapan iOS 16 mulai digulirkan kesemua pengguna iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max dalam acara live streaming dini hari tadi.

Selain memperkenalkan seri iPhone terbaru, perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu juga memperlihatkan model Apple Watch teranyarnnya.

Adapun smartwatch yang diumumkan ada tiga model, Apple Watch Series 8, Watch SE, dan Watch Ultra.

Setelah diperlihatkan produk baru dan keunggulan yang ditawarkan di masing-masing perangkat, Apple juga mengumumkan kapan iOS 16 dirilis.

Yup, update software besar-besaran untuk pengguna iPhone selain iPhone 14 ini akhirnya terungkap sudah.

Dalam acara Apple Event tersebut, perusahaan mengumumkan akan merilis iOS 16 ke seluruh pengguna iPhone mulai 12 September 2022.

Sembari menunggu iOS 16 meluncur secara resmi pekan depan, berikut ini adalah beberapa fitur baru yang akan hadir di software ini.

Lock Screen

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Cukup dengan menggeser layar, pengguna iOS kini dapat dengan bebas mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood pada saat itu.

Agar dapat lebih memudahkan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan lock screen, Apple juga sudah menyediakan beragam wallpaper di iPhone 14 atau seri sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Notifikasi

<p>Apple baru saja mengumumkan iOS 16 di WWDC 2022, apa saja peningkatan dan fitur barunya? (Doc: Apple)</p>

Perusahaan juga melakukan perombakan dalam hal notifikasi di lock screen, dimana biasanya tampil menumpuk di layar kini akan "roll" di bagian bawah layar.

Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur "live activities" yang akan menampilkan notifikasi terkait dengan aplikasi, seperti skor pertandingan hingga perjalanan pakai Uber.

Live Text

Tak hanya dipakai untuk mengenali teks di foto, kini fitur Live Text juga dapat berfungsi dalam format video.

Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan ketika pengguna menggunakan Live Text di foto atau video.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menambahkan pustaka foto iCloud bersama, dimana fitur ini akan mempermudah pengguna untuk berbagi foto di akun keluarga dan teman.

Photos akan memberikan saran berbagi dan pengeditan gambar serta kata kunci akan disinkron untuk semua pengguna iPhone, iPad hingga Mac.

 

3 dari 3 halaman

iMessages

<p>Messages adalah salah satu aplikasu yang mendapatkan peningkatan di iOS 16. (Doc: Apple)</p>

Apple juga merombak besar-besaran aplikasi pesan bawaan mereka, yakni iMessages. Di iOS 16, pengguna kini dapat mengedit pesan dan menghapus pesan yang sudah terkirim.

Pengguna juga kini dapat memanfaatkan fitur SharePlay di aplikasi Messages. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur dikte ke dalam aplikasi Messages.

Safety Check

iOS 16 juga akan membawa penambahan fitur teranyar yang disebut Safety Check, yang bertujuan untuk melindungi pengguna yang menjadi korban kekerasan.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti lokasi, yang mungkin telah dibagikan ke orang lain sebelumnya.

Selain itu, Apple juga akan memperkenalkan Passkey yang berfungsi untuk menggantikan password saat ingin login ke berbagai layanan.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini