Apple Singkirkan Slot Kartu SIM di iPhone 14 Versi AS, Sepenuhnya Pakai eSIM

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 08 Sep 2022, 11:51 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 11:55 WIB
Apple iPhone 14 dan 14 Plus
Perbesar
Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan 14 Plus yang baru diumumkan. (Doc: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Dirilis pada 7 September 2022, iPhone 14 Series banyak pembaruan dari Apple jika dibandingkan para pendahulunya.

Salah satu yang akan membedakan lini iPhone 14 dengan pendahulunya adalah disingkirkannya SIM Tray (slot kartu SIM) di seluruh jajaran smartphone seri itu, untuk perangkat yang dijual di Amerika Serikat (AS).

Jadi, para pengguna di AS mau tidak mau harus beralih ke eSIM atau SIM card elektronik, untuk bisa menggunakan HP iPhone 14 Series, dan tidak bisa memakai SIM card fisik.

Absennya SIM tray di iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max untuk para pengguna di AS, juga telah dikonfirmasi oleh pihak Apple melalui keterangan resminya.

Menurut Apple, dikutip dari laman resminya, Kamis (8/9/2022), hal ini akan "memungkinkan pengguna untuk lebih cepat dan mudah mengatur perangkat mereka."

Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengapa Apple menghilangkan SIM Tray di jajaran iPhone 14 AS, dan secara penuh beralih ke eSIM.

Beberapa operator seluler besar di AS sepeti AT&T, Verizon, atau T-Mobile sendiri memang sudah menyediakan layanan eSIM. Pengguna bahkan sudah bisa mengunduh eSIM secara langsung tanpa harus pergi ke toko.

Mengutip The Verge, Apple sudah memberikan dukungan untuk eSIM ke lini iPhone sejak tahun 2018, termasuk kemampuan untuk menggunakan dua SIM sekaligus.

Sampai iPhone 13, pengguna bisa memakai satu eSIM dan satu SIM Card fisik. Keluarga iPhone 13 pun memperkenalkan kemampuan untuk menggunakan dua eSIM secara bersamaan.

Sejauh ini, model tanpa SIM tray menurut Apple hanya dijual di AS. Pengguna di negara lain termasuk Indonesia tak perlu khawatir tak bisa memakai SIM card fisik saat membeli iPhone 14, karena perangkat ini masih akan menyediakan slot SIM card.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Spesifikasi iPhone 14

Apple iPhone 14 dan iPhone 14 Plus
Perbesar
Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Doc: Apple)

iPhone 14 sendiri tampil dengan layar berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci untuk model iPhone 14 Plus.  Adapun Apple menggunakan panel OLED buatan khusus, yang mana telah dilindungi ceramic shield dan tentunya sudah mendukung Dolby Vision.

Sesuai dengan bocoran yang beredar, duet iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan chipset Apple 15 Bionic--yang terpasang di iPhone 13 series.

Meski menggunakan chipset dari generasi sebelumnya, perusahaan berbasis di Cupertino, California itu mengklaim telah meningkatkan kemampuannya untuk di iPhone 14 ini.

Dalam segi fotografi, Apple juga sudah menggunakan sensor kamera baru berkemampuan untuk kedua lensa ponsel barunya tersebut. Perusahaan menjelaskan, kamera di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sudah disematkan sensor berukuran 1,9 mikron dengan aperture 1,5.

Melengkapi kemampuan kamera di kedua iPhone baru tersebut, Apple juga telah menyertakan teknologi OIS yang diklaim memiliki peningkatan besar saat memotret di kondisi low light.

Lalu bagaimana dengan selfie-nya? Perusahaan bentukan Steve Jobs itu memasang kamera 12MP dan melengkapinya dengan teknologi TrueDepth baru dan autofocus.


Harga iPhone 14 dan Spesifikasi iPhone 14 Pro

Tampilan iPhone 14 Pro series
Perbesar
Tampilan iPhone 14 Pro series (Foto: Apple Newsroom)

Disebutkan, baik iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tampil dengan 5 pilihan warna yaitu midnight, starlight, blue, purple, dan Product Red.

Pre-order iPhone 14 akan dibuka pada 9 September dan mulai dijual pada 16 September, sementara itu iPhone 14 Plus baru akan tersedia pada 7 Oktober.

Apple memasang banderol harga iPhone 14 senilai USD 799 atau Rp 11,9 juta, dan iPhone 14 Plus dijual seharga USD 899 atau Rp 13,4 juta.

Sementara, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max hadir dengan tampilan yang berbeda, di mana Apple akhirnya menyingkirkan poni atau notch untuk layar depannya, alih-alih menggunakan desain punch hole berbentuk kapsul.

Namun punch hole ini bukan sembarang punch hole. Apple menghadirkan fitur yang mereka beri nama Dynamic Island, di mana notifikasi atau kontrol interaktif akan ditampilkan secara intuitif di sekitar punch hole layar perangkat.

Terdapat juga fitur Always-On Display di lini iPhone 14 Pro dan menjadi yang pertama rilis di iPhone. Fitur ini membuat tampilan Lock Screen menjadi lebih berguna, karena tetap menampilkan notifikasi aplikasi secara sekilas.


Harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 Pro
Perbesar
iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

iPhone 14 Pro datang dengan layar OLED LTPO 6,1 inci, sementara Pro Max hadir dengan layar 6,7 inci. Layar smartphone ini memiliki tingkat kecerahan 2000 nits yang diklaim dua kali lebih terang dibandingkan iPhone 13 Pro.

Keduanya menggunakan chip A16 dari Apple. Sementara mendukung ketahanan perangkat, disematkan Ceramic Shield di layar depan kedua smartphone ini.

Untuk pertama kalinya, lini iPhone Pro dibekali dengan kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel. Berbekal kemampuan ini, hasil foto yang dihasilkan dalam kondisi low-light tetap mampu tampil prima.

Melengkapi kamera utama, HP iPhone teranyar ini memiliki kamera ultra wide 12MP dengan ukuran 1.4 µm dan lensa telephoto yang mendukung 3x optical zoom.

Harga iPhone 14 Pro dibanderol mulai dari USD 999 atau sekitar Rp 14,8 juta. Sementara harga iPhone 14 Pro Max adalah USD 1.099 atau sekitar Rp 16,4 juta.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tersedia dalam empat pilihan warna, yakni deep black, silver, gold, dan deep purple.

(Dio/Isk)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya