Fitur Baru iPhone 14 Pro Max yang Tidak Ada di iPhone 14 Plus

Oleh Afifah Nur Andini pada 07 Sep 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 18:30 WIB
iPhone 14 Pro
Perbesar
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran iPhone 14 akan dilaksanakan dalam hitungan jam dalam acara spesial Far Out yang diadakan Apple.

Di antara barisan model iPhone 14 ini terdapat empat model yang akan diperkenalkan, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Perusahaan meninggalkan model "mini" sehingga dalam seri iPhone terbaru ini tidak akan ada model iPhone 14 mini. Mengenai ukuran dari perangkat, Apple mengumumkan iPhone 14 memiliki ukuran layar 6.1 inci dan iPhone 14 Plus dengan ukuran 6.7 inci.

Berbicara soal iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro Max, kedua model perangkat memiliki ukuran layar serupa. Namun hanya sebatas itu.

Teknologi dari tampilan iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro Max Berbeda

Meskipun ukuran layar keduanya sama, display capabilities iPhone 14 Pro Max lebih dari iPhone 14 yang menggunakan display technology serupa dengan iPhone 13 dengan panel 60Hz OLED.

Mengutip 9to5Mac, Rabu (6/9/2022), iPhone Pro Max memiliki desain tampilan baru, yaitu cutout berbentuk pil panjang terletak di atas layar, menggantikan notch pada desain sebelumnya.

Cutout ini nantinya akan menampung sensor Face ID, kamera depan, dan label privasi.

Selain itu, iPhone 14 Pro Max juga akan memiliki layar ProMotion dengan refresh rate mulai dari 120Hz sampai 1Hz.

Dengan begitu, iPhone akan memiliki tampilan Always-on untuk pertama kali pada perangkat smartphone-nya. Tampilan ini akan menunjukkan beberapa elemen visual di dalam layar ketika perangkat dimatikan.

Awalnya, tampilan ini hanya dimiliki oleh Apple Watch. Namun, kini perusahaan memboyong fitur itu ke iPhone dengan harga lebih mahal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


iPhone 14 Pro akan menggunakan chip A16

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Setiap tahun perilisan model iPhone terbaru, beberapa model akan menggunakan chip yang berbeda dan lebih cepat.

Berbeda dengan seri iPhone tahun ini, untuk model tertentu mungkin tidak akan menggunakan chip terbaru. Melalui 9to5Mac (6/9) menegaskan untuk kedua model iPhone 14 akan menggunakan chip A15 Bionic. Sementara itu, untuk model iPhone 14 Pro akan menggunakan chip A16 terbaru.

Chip A15 pertama kali digunakan pada perangkat iPhone 13 Series. Meskipun iPhone 14 menggunakan A15 Bionic yang sudah disempurnakan dari versi sebelumnya dengan lebih banyak RAM dan GPU yang lebih baik, CPU digunakan masih sama dengan versi iPhone sebelumnya.

Untuk merasakan kinerja dari chip A16, pelanggan masih perlu menunggu untuk mendapatkan iPhone 14 Pro dengan harga lebih dari model reguler.

 


Ekspetasi untuk Fitur Baru Kamera iPhone 14 Pro

Ilustrasi smartphone iPhone. (Photo by David Grandmougin on Unsplash)

Berbeda dengan model iPhone 14 dan 14 Plus yang hanya mengalami sedikit perubahan hardware pada kameranya, kamera di model iPhone 14 Pro dan Pro Max akan mengalami perubahan besar.

Perubahan besar dari kamera iPhone 14 Pro adalah sensor 48MP wide lens. Diyakini, sensor ini mampu merekam video dengan kualitas 8K dari perangkat iPhone untuk pertama kali.

9to5Mac juga mengabarkan, lensa ultra-wide di iPhone 14 Pro memiliki sensor lebih besar sehingga menangkap cahaya lebih banyak. Dengan ini, ponsel baru Apple mampu menangkap gambar dan merekam video dengan lebih baik meski dalam kondisi cahaya minim.

Bagi pelanggan yang ingin merasakan pengalaman menggunakan iPhone dengan chip terbaru, dan perubahan besar pada hardware kameranya bisa memutusan membeli iPhone 14 Pro atau 14 Pro Max.

Akan tetapi, untuk membeli kedua model iPhone 14 ini kamu harus rela merogoh dompet dalam-dalam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya