Review Xiaomi Smart Band 7: Andalkan Layar Lebar, Tahan Air, dan Baterai Awet

Oleh M Hidayat pada 08 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 08:00 WIB
Xiaomi Smart Band 7
Perbesar
Xiaomi Smart Band 7

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi Smart Band 7 menjadi salah produk AIoT terbaru Xiaomi di pasar Indonesia. Sekilas, hal paling mencolok dari Xiaomi Smart Band 7 adalah layar berjenis AMOLED dengan bentang 1,62 inci. Untuk ukuran smart band, layar itu termasuk lapang.

Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal Xiaomi Smart Band 7 selama sekitar satu pekan. Simak rangkuman ulasannya berikut ini.

Desain dan Layar Xiaomi Smart Band 7

Perangkat ini memiliki dimensi 46,5 mm x 20,7 mm x 12,25 mm (tidak termasuk tali dan tonjolan). Seperti kami telah sebut di awal, layar menjadi daya tarik utama dari Xiaomi Smart Band 8. 

Tidak hanya karena pemakaian panel Full AMOLED, layar dengan bentang 1,62 inci itu menjadi poin plus bagi wearable device (perangkat sandang) tersebut. Di pasaran, beberapa model smartband keluaran kompetitor masih menggunakan layar dengan bentang kurang dari 1,5 inci.

Lebih lanjut, perusahaan menyebut bahwa visibilitas di layar perangkat ini meningkat hingga 25%, jika dibandingkan dengan model generasi sebelumnya, yakni Mi Smart Band 6. Perangkat sandang yang dirilis pada Maret 2021 itu memiliki layar dengan bentang 1,56 inci saja.

Kelebihan lain yang juga ingin kami soroti adalah desain melengkung, yang menyajikan jarak antara strap dengan kulit pergelangan tangan. Dengan demikian, kulit memiliki ruang untuk bernafas dan itu diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pengguna.

Spesifikasi lain di aspek layar jam tangan cerdas ini adalah resolusi 326 ppi dan kecerahan hingga 500 nits. Sejauh ini, pengalaman pengguna di aspek layar sesuai dengan ekspektasi kami di awal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fitur dan Antarmuka Xiaomi Smart Band 7

Xiaomi Smart Band 7
Perbesar
Xiaomi Smart Band 7

Dari sisi pengalaman pengguna (user experience), Xiaomi Smart Band 7 menerapkan menggunakan desain terbaru terpadu dan lebih intuitif. Pengguna dapat melihat notifikasi, menjadwalkan pengingat, mengatur alarm, atau menjalankan fungsi/fitur lainnya secara mudah.

Fitur lain yang juga layak mendapat acungan jempol adalah Always on Display. Ketika fitur Always on Display aktif, perangkat akan menampilkan informasi jam serta notifikasi dengan latar berwarna hitam guna menghemat baterai.

Always on Display semakin lazim ditemukan di perangkat smartphone dan smartwatch, tetapi tidak untuk smartband. Oleh sebab itu, upaya perusahaan menghadirkan fitur ini memberikan nilai tambah pada Xiaomi Smart Band 7.

Fitur lain yang juga patut kami soroti adalah sertifikasi ketahanan di dalam air hingga 5 ATM. Dengan demikian, prangkat ini juga bisa mendukung aktivitas fisik seperti berrenang di kolam, snorkeling, dan mampu mengenali empat gaya renang umum.

Ada pula fitur cuaca, yang menampilkan informasi lebih baik. Selain informasi tentang perkiraan apakah cuaca akan hujan, cerah dan lainnya, Xiaomi Smart Band 7 menampilkan informasi tentang indeks kualitas udara (Air Quality Index) di wilayah yang ditetapkan di jam tangan. Data AQI menjadi poin plus lainnya bagi perangkat ini.

<p>Xiaomi Smart Band 7</p>

Secara default, tersedia lebih dari 100 tampilan layar untuk Xiaomi Smart Band 7. Catatan positif kami di sini adalah Xiaomi menerapkan kategorisasi tampilan layar, seperti kategori Mechanical, Utility, Simple, Photos, Paintings, Fashion, Digits, dan Animal.

Pembagian kategori itu akan memudahkan pengguna saat mencari tampilan layar yang ia cari; kategori Utility misalnya menitikberatkan pada tampilan layar dengan beragam informasi tak hanya jam dan tanggal, tetapi juga langkah, cuaca, kalori, dan lainnya; kategori Mechanical lebih fokus pada tampilan layar layaknya jam mekanis dengan jarum penunjuk jam; sementara kategori hanya informasi penting saja, seperti jam dan tanggal.

Terakhir, visualisasi data aktivitas pengguna juga ditampilkan secara apik. Pengguna akan mendapati tampilan line plot, bar chart, dan lainnya dengan beragam paduan warna untuk data yang dipantau, seperti langkah berjalan, tidur, detak jantung, dan saturasi oksigen.


Baterai dan Pengisian Daya Xiaomi Smart Band 7

Xiaomi Smart Band 7
Perbesar
Xiaomi Smart Band 7

Xiaomi Smart Band 7 memiliki baterai yang diklaim dapat bertahan hingga 14 hari untuk mode penggunaan umum dan 7 hari untuk mode penggunaan berat. Perbedaan durasi daya tahan baterai itu tergantung pada seberapa aktif sensor bekerja, fitur apa saja yang menyala, dan lainnya.

Tentunya, itu juga akan tergantung pada setelan personal tiap pengguna, apakah ia memakai jam itu seharian penuh. Misalnya, pantauan detak jantungnya berlangsung secara kontinu per menit? Setelan untuk pengukuran metrik-metrik itu akan sangat berpengaruh pada daya tahan baterai.

<p>Xiaomi Smart Band 7</p>

Untuk pengisian daya, perangkat ini memiliki mekanisme pengisian magnetik. Mekanisme ini sangat praktis.

Integrasi dengan aplikasi

Kompatibilitas Xiaomi Smart Band 7 sangat luas berkat aplikasi Mi Fitness dan Zepp Life (Mi Fit). Selama pengujian kami menjajal Mi Fitness saja. Sejauh ini, kami rasa aplikasi memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa di perangkat kompetitor.

Selain itu, integrasi dengan aplikasi juga diperlukan saat Anda hendak melakukan aktivitas yang melibatkan perubahan posisi, seperti bersepeda dan berlari di luar ruangan.

Berkat integrasi dengan aplikasi Mi Fitness, notifikasi dari aplikasi yang diizinkan, dapat terkirim langsung ke Xiaomi Smart Band 7. Karena ukurannya cukup besar, layar perangkat ini cukup baik menampilkan beberapa baris pesan.


Pemantauan Olahraga

Xiaomi Smart Band 7
Perbesar
Xiaomi Smart Band 7

Kami beberapa kali menjajal dua fitur olahrga Xiaomi Smart Band 7 dengan mode Free Style dan Indoor Aerobic.

Selain detak jantung--metrik paling umum yang dipantau saat melakukan aktivitas fisik/olahraga, Xiaomi Smart Band 7 juga menampilkan hasil pemantauan menjadi beberapa fase, yakni Aerobic, Calorie, dan lainnya. Asumsikan pembagian ini benar, pengguna akan mendapatkan manfaat darinya, sehingga saat memasuki fase pembakaran kalori, ada baiknya bagi penggunamelakukan gerakan fisik secara konstan, sehingga proses pembakaran kalori berlangsung secara optimal.

Untuk pemantauan aktivitas olahraga dengan perpindahan posisi, seperti bersepeda, data spasial dari rute yang ditempuh tidak akan terekam, kecuali jika perangkat terhubung ke aplikasi di smartphone karena perangkat ini tidak memiliki sensor GPS terdedikasi--sensor ini tersedia di Xiaomi Band 7 Pro, yang tidak masuk ke pasar Indonesia. Selain itu, saat kami mencoba untuk merekam aktivitas bersepeda tanpa terhubung ke Mi Fitness, ada peringatan bahwa rute tempuh tidak akan terekam.

<p>Xiaomi Smart Band 7</p>

<p>Xiaomi Smart Band 7</p>

<p>Xiaomi Smart Band 7</p>

Kesimpulan

Setelah melalui serangkaian proses pengulasan, kami pikir Xiaomi Smart Band 7 menawarkan fitur lengkap sebagai aksesori pelengkap smartphone. Sebagai suksesor seri sebelumnya, Xiaomi Band 7 memboyong sejumlah peningkatan. 

Catatan kami yang cukup disayangkan adalah ketidakhadiran GPS, yang justru ada di seri Band 7 pro yang tidak masuk ke pasar Indonesia. Namun di luar hal itu,  Xiaomi Smart Band 7 memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitornya di pasar dengan rentang harga Rp 600-an ribu. Sebut saja layar lebih lebar, daya tahan baterai lebih lama, dan dukungan dari 100 mode olahraga. 


Rangkuman Spesifikasi

Xiaomi Smart Band 7
Perbesar
Xiaomi Smart Band 7

Dimensi

46,5 mm x 20,7 mm x 12,25 mm

*Dimensi tinggi, lebar, dan ketebalan tidak termasuk tali dan tonjolan

Berat: 13,5 g

Tali Jam

Ukuran: 160 mm-224 mm

Bahan: TPU

Gesper tali: aloi aluminium

Layar

Layar Sentuh AMOLED 1,62 inci

Resolusi: 192 x 490 piksel,326 PPI

Kecerahan: hingga 500 nit, dapat disesuaikan

Kaca antigores dengan lapisan anti-sidik jari

Tema layar: 100+

Bidang tampilan sekitar 25% lebih besar

*Bidang tampilan Xiaomi Smart Band 7 kira-kira 25% lebih besar dibanding Mi Smart Band 6. Data diperoleh dari Huami Labs.

Sensor

Sensor 6 sumbu presisi tinggi dan sensor 6 sumbu detak jantung PPG: Akselerometer 3 sumbu hemat daya dan sensor detak jantung PPG giroskop 3 sumbu

Baterai

Jenis pengisian daya: pengisian daya secara magnetik

Waktu pengisian daya: ≤2 jam

Waktu pemakaian umum: ≥14 hari

Kapasitas: 180 mAh

Kebugaran

110+ mode kebugaran

5 mode deteksi otomatis: lari luar ruangan, berjalan, treadmill, mesin dayung, mesin eliptis

Fitur lainnya

VO₂ max

Efek latihan

Beban latihan

Durasi pemulihan

Kesehatan

Pemantauan detak jantung

Pelacakan SpO₂

*Fitur SpO₂ tidak ditujukan untuk diagnosis, pencegahan, pemantauan, prediksi, prakiraan penyakit apa pun, pemeriksaan proses fisiologis, atau tujuan medis lain apa pun. Semua data dan pelacakan sebaiknya hanya digunakan untuk tujuan kesehatan dan referensi pribadi. Jika membutuhkan keakuratan tinggi, harap gunakan perangkat medis profesional atau hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan.

Pelacakan tidur (tidur pulas, tidur ringan, REM, dan tidur singkat)

Pelacakan kualitas pernapasan saat tidur

Pelacakan kesehatan untuk perempuan

*Jangan menggunakan maupun mengandalkan fitur ini untuk tujuan medis apa pun. Fitur ini mungkin kurang akurat memprediksi siklus haid atau informasi terkait. Hanya gunakan semua data dan pelacakan untuk referensi pribadi.

Pemantauan stres, latihan pernapasan

PAI (Personal Activity Intelligence)

Spesifikasi

Peringkat tahan air 5ATM

Aplikasi: Mi Fitness

Bluetooth 5.2 BLE

Sistem operasi: Android 6.0 atau lebih tinggi, iOS 10 atau lebih tinggi

Bahasa sistem: Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Spanyol, Rusia, Tionghoa Tradisional/Tionghoa Sederhana, dan lainnya.

Isi kemasan

Bodi jam ×1

Tali jam ×1

Kabel pengisian daya khusus ×1

Panduan pengguna ×1

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya