Sukses

Alasan Galaxy A33 5G Jadi Ponsel Andalan untuk Main Game

Galaxy A33 5G menjadi salah satu HP Android terjangkau untuk lini Galaxy A Samsung yang sudah dibekali kemampuan untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy A33 5G merupakan salah satu model smartphone terbaru Samsung untuk lini Galaxy A di 2022. Bersama dengan smartphone ini, Samsung turut memperkenalkan Galaxy A53 5G dan Galaxy A73 5G.

Meski hadir sebagai paling terjangkau dari seri Awesome Product Galaxy A tahun ini, menurut MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan, Galaxy A33 5G merupakan HP Android yang bisa diandalkan untuk bermain game.

Alasannya, Ilham menuturkan, spesifikasi yang diusung smartphone ini mampu mendukung kebutuhan bermain game para pengguna. Salah satunya adalah baterai berkapasitas besar yang mendukung fitur Super Fast Charging, sehingga pengguna tidak perlu pusing kehabisan daya saat bermain game.

"Tidak hanya itu, smartphone ini menggunakan prosesor dengan fabrikasi 5nm yakni Exynos 1280," tutur Ilham dalam workshop virtual yang digelar Samsung, Selasa (6/9/2022. Ia mengatakan, peningkatan performa prosesor ini sangat signifikan dibandingkan pendahulunya, Galaxy A32.

Dibandingkan Galaxy A32, prosesor Galaxy A33 5G memiliki performa CPU lebih tinggi hingga 45 persen dan peningkatan dari sisi grafis hingga 50 persen. Tidak hanya itu, prosesor ini juga didukung kemampuan AI yang tidak ada di generasi sebelumnya.

Aspek lain yang tidak kalah penting adalah layar Galaxy A33 5G. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED beresolusi Full HD dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 120Hz.

"Ini akan memberikan pengalaman yang maksimal dan membuat layar tidak lag, lebih responsif lagi, baik untuk pemula maupun gamer profesional," ujarnya menjelaskan. Belum lagi, Galaxy A33 5G sudah mendukung RAM Plus yang bisa diperbesar hingga 8GB untuk memberikan fleksibilitas lebih baik bagi pengguna.

Selain kemampuan hardware, Samsung juga membenamkan sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game mobile. Ada fitur Game Launcher, Game Booster, hingga Priority Mode. 

Harga Galaxy A33 5G dibanderol mulai dari Rp 4.799.000 untuk RAM 8GB/ROM 12GB dan Rp 5.299.000 dengan RAM 8GB/ROM 256GB. Smartphone ini hadir dengan pilihan warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Light Blue dan Awesome Peach.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Lengkap Galaxy A33 5G

Untuk diketahui, Galaxy A33 5G hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci yang mendukung refresh rate 90Hz. Layar smartphone ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 ditambah sertifikasi tahan air maupun debu IP67.

HP Samsung ini memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa makro 5MP, serta depth sensor 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 13MP.

"Hasil video dan foto Galaxy A33 5G juga akan lebih awesome karena sudah dibekali fitur OIS (Optical Image Stabilization). Hasilnya, konten yang dihasilkan akan tetap stabil dan smooth," ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ricky Burnardi saat peluncuran.

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang sudah mendukung fast charging 25W. Berbekal kemampuan tersebut, Samsung mengklaim baterai smartphone ini bisa terisi 50 persen dalam waktu 30 menit.

Samsung juga menyematkan fitur lain seperti fitur keamanan Samsung Knox, serta Private Share di smartphone ini. Galaxy A33 5G juga sudah mendukung koneksi dengan Galaxy Buds Series.

Galaxy A33 5G hadir dengan empat pilihan warna, yakni awesome black, awesome peach, awesome white, dan awesome blue. Smartphone ini menjalankan One UI 4.1 berbasis Android 12. 

3 dari 4 halaman

Lebih Ramah Lingkungan

Saat diperkenalkan, Samsung juga mengumumkan mereka tidak lagi menyertakan kepala charger dan mengurangi ukuran boks kemasan di Galaxy A Series terbaru, termasuk Galaxy A33 5G.

Perusahaan mengatakan, ini merupakan keberlanjutan dari inisiatif Galaxy for the Planet yang diperkenalkan pada Agustus 2021.

Hal ini demi menegaskan kepedulian Samsung terhadap lingkungan melalui aksi-aksi nyata untuk membantu membuat planet ini jadi lebih sehat pada tahun 2025.

Pengemasan A33 5G pun memanfaatkan kertas ramah lingkungan, sedangkan perangkatnya menggunakan bahan daur ulang dari post-consumer materials untuk tombol-tombol di bagian samping dan slot kartu SIM.

Galaxy A Series terbaru kini juga memiliki masa penggunaan semakin panjang. Galaxy A33 5G menjamin pembaruan One UI dan Android OS hingga empat generasi serta pembaruan keamanan hingga lima tahun.

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Watch 5 Series dan Galaxy Buds 2 Pro Mulai Dijual, Harganya?

D sisi lain, Samsung telah membuka penjualan Galaxy Watch 5 Series dan Galaxy Buds 2 Pro mulai 2 September 2022, bersamaan dengan mulai dijualnya Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G di Indonesia.

Perusahaan asal Korea itu menyebutkan, masyarakat sudah dapat membeli perangkat baru yang diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2022 tersebut secara langsung melalui toko online dan gerai fisik terdekat.

Desain sporty yang dimiliki Galaxy Watch 5 kini tersedia dengan harga mulai dari Rp 3.499.000 untuk varian 40mm, sedangkan varian 44mm dijual seharga Rp 3.999.000.

Bagi pengguna yang tertarik dengan Galaxy Watch 5 Pro, Samsung mematok harga Rp5.999.000 untuk smartwatch berdesain tangguh dan cocok bagi pengguna rajin beraktivitas di luar ruangan.

Beda dari seri sebelumnya, layar smartwatch baru Samsung ini terbuat material kaca sapphire crystal. Dengan ini, layar Galaxy Watch5 Series tahan terhadap goresan hingga 60 persen.

Untuk Galaxy Watch5 hadir dengan beberapa pilihan warna, untuk versi 40mm memiliki pilihan warna Graphite, Pink Gold, dan Silver.

Sementara untuk versi 44mm, perusahaan menyediakan opsi warna mulai dari Graphite, Sapphire, dan Silver. Badan dari smartwatch pun dibalut dengan case aluminium dengan strap yang menunjukkan kesan sporty.

Sementara itu, untuk Galaxy Watch5 Pro tersedia dengan material serupa dan strap D-Buckle. Untuk model ini, Samsung menyedikan tiga pilihan warna, yaitu Black Titanium, Gray, dan Titanium.

Perangkat ini juga memiliki layar Super AMOLED berukuran 1,4 inci untuk versi 44mm dan 1,2 inci untuk versi 40mm. Kinerja smartwatch didukung dengan Exynos W920 Dual-Core 1.18GHz dan RAM 1,5GB serta memori 16GB.

Dengan baterai berkapasitas mulai dari 410mAh hingga 590 mAh, duo Galaxy Watch5 ini mampu bertahan hingga 80 jam tanpa GPS menyala. Smartwatch ini juga memiliki sertifikasi 5ATM yang artinya dapat dibawa menyelam hingga 50 meter.

Kedua seri ini juga dilengkapi dengan Samsung BioActive sebagai fitur kesehatan yang dapat menampilkan Optical Heart Rate, Electrical Heart Signal, dan Bioelectrical Impedance Analysis.

Tak hanya itu, Samsung juga menyertakan fitur lain seperti temperature sensor, accelerometer, barometer, gyro sensor, geomagnetic sensor, dan light sensor.

Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro juga sudah didukung dengan konektivitas LTE, Bluetooth, dan GPX atau GPS Exchange Format melengkapi teknologi smartwatch untuk menentukan arah rute tujuan.  

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.