8 Perubahan Besar-besaran di WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh Afifah Nur Andini pada 07 Sep 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 18:00 WIB
Ikon WhatsApp 3D
Perbesar
Ikon WhatsApp 3D (Photo by Alexander Shatov on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai platform messaging populer yang banyak digunakan orang, WhatsApp terus mengembangkan platform mereka dan melakukan update dengan menyajikan berbagai fitur baru untuk memperbaiki kekurangannya.

Kali ini, WhatsApp diketahui melakukan beberapa perubahan besar lewat fitur-fitur teranyarnya yang masih dalam proses pengembangan.

Melalui The Sun (7/9/2022) beberapa fitur ini biasanya akan diuji coba pada WhatsApp versi Beta.

Informasi ini disampaikan oleh investigator WhatsApp lewat WABetaInfo, setelah melakukan penggalian informasi soal perubahan besar yang akan datang.

Walaupun sebagian fitur hanya bisa dinikmati lewat WhatsApp Beta, beberapa fitur di antaranya sudah tersedia di WhatsApp versi terbaru.

Fitur-fitur ini juga masih berada dalam proses pengembangan dan belum bisa dicoba. Berikut daftar fitur terbarunya:

1. Waktu untuk unsend messages diperpanjang hingga 2 hari.

2. Admin grup dapat melakukan unsend messages yang dikirim anggota grup.

3. Kemampuan mengirimkan laporan bug di dalam WhatsApp.

4. Pemberitahuan ketika nomor telepon disebarkan.

5. Mampu mengirim pesan ke nomor sendiri lewat perangkat ditautkan.

6. Mengirim feedback lewat survei di dalam aplikasi.

7. Pengguna WhatsApp Business kini dapat menetapkan obrolan tertentu ke perangkat yang ditautkan.

8. Fitur Shopping di dalam aplikasi (terbatas hanya di India)

Beberapa fitur tersebut memiliki kemungkinan untuk tidak lulus, dan menjadi fitur baru di WhatsApp versi Live. Untuk pengguna WhatsApp yang ingin mencoba fitur tersebut bisa melakukan pendaftaran untuk bergabung di WhatsApp beta.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Bergabung di WhatsApp Beta

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash

Pengguna dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Beta lewat Google Play khusus perangkat Android dan cari aplikasi WhatsApp.

Setelah masuk ke halaman platform, scroll ke bawah untuk menemukan "Become a Beta Tester". Ketuk tulisan "I'm In" lalu konfirmasi pendaftaran dengan klik "Join". Dari sini pengguna bisa menunggu aplikasi untuk menerima update ke versi Beta.

Selain dari fitur-fitur terbaru tersebut, ada satu lagi trik WhatsApp yang bisa membuat pengalaman messaging menjadi lebih menarik.

Fitur ini disebut fitur Favourites yang memberikan pengguna kemampuan untuk menandakan sebuah pesan dengan bintang dan menyimpannya untuk nanti, mirip seperti meletakkan bintang pada pesan email masuk.

Pengguna tinggal masuk ke dalam ruang chat dan tekan salah satu chat untuk memunculkan opsi Star. Setelah itu, pengguna dapat melihat pesan yang sudah diberi tanda bintang tersimpan di Starred Messages.

Fitur ini membantu pengguna untuk mengingat pesan penting seperti jadwal meeting, alamat, atau jalan menuju sebuah lokasi.


Fitur WhatsApp Komunitas Mulai Digulirkan ke Android

Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

WhatsApp mulai menggulirkan fitur grup komunitas ke para pengguna WhatsApp Android versi beta. Dilaporkan oleh WABetaInfo, menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, fitur ini merupakan upgrade besar pada WhatsApp.

Mengutip Gizchina, Jumat (26/8/2022), fitur Komunitas WhatsApp telah dikembangkan satu tahun belakangan ini. Namun Meta baru mengisyaratkan kehadirannya secara resmi April lalu dalam siaran pers yang merinci perubahan ke aplikasi perpesanan tersebut.

Setelah beberapa bulan menunggu kehadirannya, tim WhatsApp akhirnya mulai meluncurkan fitur tersebut.

Laporan WABetaInfo menyebut, saat ini WhatsApp tengah menguji fitur Komunitas dengan beberapa pengguna Android. Hasilnya, versi 2.22.219.3 (beta) dan 2.22.219.3 (stabil) menjadi versi WhatsApp awal yang kompatibel dengan fitur Komunitas tersebut.

Para pengguna yang menerima update fitur baru WhatsApp ini akan menemukan tab Komunitas baru yang menggantikan tab Kamera di versi WhatsApp lama.

 


Fitur WhatsApp Komunitas Mulai Digulirkan ke Android

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash

Bagi mereka yang belum tahu, fitur Komunitas ini memungkinkan pengguna mengelola semua grup yang saling terkait dengan mudah dan membuat sub-grup untuk berbagai topik.

Pengguna bisa membuat 10 sub-grup dan masing-masing sub-grup dapat berisi hingga 512 anggota.

Segera setelah membuat Komunitas WhatsApp, secara otomatis grup dibuat di bawahnya. Pengguna WhatsApp, misalnya, bisa membuat Komunitas untuk sekolah dengan subkelompok untuk setiap kelas atau kegiatan ekskul.

Administrator atau admin, bisa mengirimkan pengumuman ke seluruh grup untuk menjangkau pengguna atau hanya grup tertentu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya