Edtech Startup Quipper Gelar Cerdas Cermat untuk Pelajar SMA dan Sederajat

Oleh M Hidayat pada 07 Sep 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 09:30 WIB
Dok: Quipper
Perbesar
Dok: Quipper

Liputan6.com, Jakarta - Quipper menggelar kompetisi cerdas cermat tingkat nasional bertajuk Quipper Championship bagi pelajar jenjang SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia.

Lima pelajar dengan skor tertinggi dan tiga sekolah dengan peserta terbanyak akan diundang ke babak final yang diselenggarakan di Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 29 Oktober 2022 mendatang. Selain itu, mereka berkesempatan membawa pulang total dana pendidikan senilai 35 juta rupiah.

Head of Marketing di Quipper Indonesia, Dedy Purwanto, menyebut bahwa Quipper Championship adalah salah satu upaya perusahaan dalam menumbuhkan motivasi belajar pelajar yang sempat menurun kala pandemi.

"Melalui kompetisi cerdas cermat ini, kami berharap dapat menstimulasi motivasi dan semangat belajar pelajar di tahun ajaran baru yang mayoritas sudah dilakukan secara tatap muka. Guru dan sekolah juga kami ajak untuk berpartisipasi dalam mendorong para pelajar mempunyai jiwa kompetitif untuk menghadapi tantangan masa mendatang," ujar Dedy.

Dua kategori lomba akan dipertandingkan di kompetisi ini, yaitu kategori pelajar (individu) dan kategori sekolah. Di kategori pertama, pelajar akan diuji pengetahuannya seputar mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.

Sementara di kategori kedua, tiga sekolah dengan peserta terbanyak dan nilai rata-rata terbaik akan mendapatkan hadiah berupa dana pendidikan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Alur

Mereka yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah pelajar kelas 10-12 SMA/SMK/MA dan sekolah SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia.

Pendaftaran dibuka mulai dari 15 Juli hingga 30 September 2022. Kemudian babak penyisihan secara daring akan berlangsung di aplikasi Quipper dan situs web learn.quipper.com pada 4-6 Oktober 2022.

Babak semifinal secara daring akan diselenggarakan melalui aplikasi Quipper & website learn.quipper.com pada 13-14 Oktober 2022. Sebagai penutup, babak final akan digelar di Universitas Gadjah Mada pada 29 Oktober 2022.

Pada babak final, Quipper juga membuka kesempatan bagi pelajar di Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin menonton langsung di FMIPA UGM secara gratis. Selain itu, ada pula kesempatan untuk mengikuti tur kampus UGM ke tiga fakultas yaitu Fakultas MIP, Fakultas Kedokteran serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan kuota terbatas.


Materi dan Fitur Baru

Diwartakan sebelumnya, Quipper menghadirkan materi dan fitur baru untuk mendukung belajar siswa. Quipper juga memutakhirkan aplikasi dan memperkenalkan figur inspiratif 'Teman Belajar Quipper.'

Peningkatan dan update layanan dan fitur baru Quipper ini bertujuan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan nyaman untuk mengejar ketertinggalan capaian belajar atau learning loss akibat pandemi.

Sekadar informasi, dua tahun terakhir saat pandemi, learning loss memicu capaian belajar yang menurun. Untuk itu, dibutuhkan pemulihan pada sektor pendidikan agar bisa bangkit dari ketertinggalan.

Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi learning loss adalah dengan melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen.

 


PTM 100 Persen

Dikatakan oleh Subkor Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang SMP dan SMA Disdik DKI, Horale Tua Simanullang, kini sebagian besar sekolah telah melakukan PTM 100 persen. "Kami terus mendorong proses belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi," katanya.

Di samping PTM 100 persen, teknologi terbukti menjadi solusi dalam pembelajaran jarak jauh, PTM, atau pembelajaran campuran. Sejumlah sekolah telah menerapkan teknologi dalam berbagai metode pembelajaran.

Perlu digarisbawahi juga, kesehatan mental menjadi salah satu faktor penyebab learning loss. Untuk itulah, Quipper sebagai platform teknologi yang menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia menghadirkan fitur, materi baru, dan memperkenalkan teman belajar bagi para siswa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya