6 Fakta iPhone 14 dan iPhone 14 Pro yang Patut Diketahui

Oleh Afifah Nur Andini pada 07 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 08:00 WIB
Bocoran iPhone 14
Perbesar
iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 14 akan diumumkan dalam Apple Event bertajuk "Far Out", dan digelar pada 7 September 2022 waktu setempat atau 8 September 00:00 WIB.

Seperti biasa, jelang peluncuran ponsel baru tentunya banyak kabar atau bocoran informasi terkait dengan perangkat yang akan diumumkan.

iPhone 14 sendiri adalah salah satu perangkat yang paling banyak beredar bocoran informasinya, mulai dari ukuran, fitur, spesifikasi, hingga harga yang akan dipasang saat meluncur di pasaran.

Nah, berhubung peluncuran seri penerus iPhone 13 ini akan digelar dini hari nanti. Berikut ini adalah beragam bocoran tentang iPhone 14 yang dilansir 9to5Mac, (7/9/2022).

1. Hole-Punch dan Pill Cutout

iPhone 14 Pro dan Pro Max adalah dua model yang akan menggunakan tampilan hole-punch dan pill cutout. Bocoran terbarunya menunjukkan Apple akan melakukan penyesuaian software dengan desain tersebut.

Di antara sensor Face ID dan kamera depan, perusahaan akan menaruh label privasi, dengan bentuk indikator cahaya berwarna hijau, oranye, atau biru.

Jadi, ketika pengguna sedang melakukan FaceTime, atau ketika Instagram menanyakan soal lokasi, dan ketika ada panggilan video masuk dari WhatsApp, iPhone akan menampilkan cahaya indikator tersebut.

Indikator yang awalnya terletak di sebelah sudut kanan notch iPhone nantinya akan terletak di antara kamera depan dan sensor Face ID.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Perbaikan Camera App iPhone 14 Pro

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Pencarian dari sumber serupa juga menyatakan aplikasi Camera App akan melalui beberapa penyesuaian dengan desain aplikasinya, yang menunjukkan sebagian besar kontrol akan berpindah ke bagian atas layar.

Kontrol seperti tombol Flash dan Live Photo akan berpindah ke status bar. Sementara untuk pengaturan foto dan video akan berada di bawah tampilan cutout. Perubahan ini memberikan penggunanya keuntungan dengan tampilan tangkapan kamera yang lebih besar dan menu yang dipindahkan ke status bar.

3. iPhone 14 Plus

Sumber terpercaya 9to5Mac mengatakan, nama yang akan digunakan untuk iPhone 14 berlayar lebih besar adalah antara iPhone 14 Plus atau 14 Max. Dia mengklaim, Apple akan menggunakan sebutan iPhone 14 Plus.

Dalam seri iPhone ini juga Apple disebut akan meninggalkan konsep model iPhone mini untuk fokus pada versi yang besar dari model reguler.

 


4. Indikator Baterai Klasik di iPhone 14 Pro

Ilustrasi smartphone iPhone. (Photo by David Grandmougin on Unsplash)

Rumor lain menyebutkan, iPhone 14 Pro dengan iOS 16 akan kembali menggunakan tampilan klasik indikator baterai perangkat di status bar.

Apple akan meletakkan tulisan persentase baterai di dalam ikon baterai. Sementara untuk sebagian model iPhone lainnya memiliki desain berbeda dengan memanfaatkan tampilan barunya.

Hal ini membuat tampilan signal bar akan terletak di sebelah kiri, sedangkan untuk logo lokasi dan baterai terletak di sebelah kanan dari status bar.


5. Harga iPhone 14 meningkat

iPhone 14 Pro
Perbesar
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Melihat dari kondisi resesi ditambah dengan kendala pasokan, perang, dan teknologi baru, Apple memiliki rencana untuk memasang harga baru untuk iPhone 14 hingga mendatang.

Dengan begitu, harga dari iPhone 14 Series nantinya akan meningkat dan prediksi harganya akan dimulai sebagai berikut.

iPhone 14 seharga USD 749

iPhone 14 Plus seharga USD 849

iPhone 14 Pro seharga USD 1,049

iPhone 14 Pro Max seharga USD 1,149

6. Seluruh iPhone memiliki RAM 6GB

Berdasarkan analisis TrendForce, diprediksi ruang penyimpanan iPhone 14 Pro akan dimulai dari 256GB dan RAM sebesar 6GB. Hal ini juga dapat menjelaskan alasan perusahaan menaikkan harga perangkat tersebut.

Bocoran informasi sebelumnya mengabarkan perangkat ini akan memiliki RAM hingga 8GB, tetapi dari persetujuan umum memutuskan untuk ruang RAM 6GB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya