Sukses

9 Fitur Windows 11 Ini Wajib Diketahui Oleh Pengguna, Apa Saja?

Ini dia sembilan fitur dari Windows 11 yang bisa dikuasai dan membantu produktivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Windows 11 menyediakan berbagai fitur wajib diketahui dan bisa membantu meningkatkan produktivitas penggunanya. Beberapa fitur ini juga menjadi solusi terhadap masalah baterai yang cepat terkuras, memperluas ruang memori, sampai mengakses taskbar dengan menekan beberapa kunci sederhana di keyboard.

1. Minimize windows yang tidak digunakan

Pengguna Windows 11 bisa melakukan satu trik sederhana ini ketika layar desktop penuh oleh windows terbuka, dan beralih ke windows lainnya menutup halaman yang sedang digunakan.

Sebelum itu, pengguna perlu mengaktifkan trik satu ini dengan mengunjungi Settings lalu pilih System. Setelah itu klik Multitasking dan aktifkan Title Bar Window Shake.

Cara melakukannya mudah, pengguna hanya tinggal memilih title bar dari halaman yang ingin tetap terbuka dengan satu klik dengan mouse dan dan tahan. Setelahnya, pengguna bisa menggerakkan mouse ke atas dan ke bawah dengan gerakan cepat atau menggoyangkannya.

Tidak lama setelah gerakan cepat tersebut, semua halaman yang terbuka akan langsung tertutup dan menyisakan halaman yang tadi dipilih.

2. Gunakan menu Start "rahasia"

Umumnya, pengguna windows bisa mengakses menu Start dengan mengklik logo Windows di layar PC yang terletak pada sudut bawah kiri layar atau dengan menekan tombol dengan logo Windows pada keyboard.

Namun, ada menu Start lain yang disediakan Windows 11 atau disebut menu Start kedua. Pengguna bisa mengaksesnya dengan cara menekan tombol Windows ditambah huruf X secara bersamaan, atau dengan klik kanan pada logo Windows pada layar laptop.

Menu Start kedua ini memberikan pengguna akses ke fitur penting yang jarang diketahui, seperti Command Prompt, Apps and Features, Mobility Center, dan Device Manager dengan mudah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Screenshot di Windows 11

Microsoft Uji Coba Android 12.1 untuk Windows 11. Dok: theverge.com

Terdapat sekitar tujuh cara berbeda untuk melakukan screenshot dengan Windows. Cara paling mudah di antaranya adalah pengguna bisa membuat tangkapan layar dengan menekan tombol Windows bersamaan dengan tombol Print Screen. Setelah itu, tangkapan layar akan langsung tersimpan di folder Screenshot di bagian Pictures.

Jika ingin melakukan screenshot untuk bagian tertentu atau halaman tertentu di layar, pengguna dapat menekan tombol Windows bersamaan dengan Shift lalu huruf S.

Setelah itu akan muncul alat Snip & Sketch yang akan menyediakan menu untuk menangkap layar dalam bentuk kotak sampai pilihan screenshot untuk halaman tertentu. Pengguna tinggal menyesuaikan bagian yang ingin di-screenshot dan hasil tangkapan layar akan tersimpan di Clipboard.

4. Mengakses Program yang terdapat di Taskbar

Dengan menekan kunci Windows ditambah kunci nomor di keyboard, pengguna sudah bisa membuka program yang di pin pada Taskbar bagian bawah layar. Melalui cara ini, pengguna tidak perlu menggeser pointer untuk mengklik program atau aplikasi yang ingin dibuka.

Cara ini cukup berguna bagi pengguna yang kedua tangannya sedang sibuk bergerak di atas keyboard dan tidak ingin memindahkan tangan ke mouse.

5. Membersihkan aplikasi yang memakan ruang

Salah satu alasan perangkat PC menjadi lambat adalah karena ruang memori yang semakin mengecil. Menghapus aplikasi yang memakan terlalu banyak memori dan jarang digunakan bisa membantu memperluas ruang memori.

Pertama, untuk melihat ruang memori yang dipakai temporary files dan dokumen, pengguna bisa pergi ke Settings, pilih System lalu Storage. tekan menu Show more categories untuk melihat daftar lengkap. Pengguna dapat melihat Cleanup recommendations dan melihat aplikasi atau program apa saja yang disarankan Windows 11 untuk dihapus.

3 dari 4 halaman

6. Menghemat baterai dengan menutup aplikasi background

Tampilan Menu Start di WIndows 11 (Microsoft)

Untuk mengontrol aplikasi yang aktif di belakang layar dan menghemat daya baterai, pengguna bisa pergi ke Settings lalu ke System dan pilih menu Power & battery. Klik Battery Saver, ketika fitur tersebut aktif secara otomatis akan membatasi aktivitas di belakang layar dan notifikasi yang masuk.

Dengan menutup aplikasi dan membatasi aktivitas di belakang layar dapat bermanfaat untuk menjaga baterai dari resiko bocor dan cepat terkuras dayanya.

7. Gunakan background scrolling untuk membuka banyak Windows

Fitur Windows 11 yang satu ini sangat berguna bagi pengguna yang sedang melakukan pekerjaan di dunia halaman yang berbeda.

Untuk menyalakan fitur ini, pengguna dapat mengaktifkan mode Scroll inactive windows when i hover over them yang terletak di program Settings dan pergi ke Bluetooth & devices untuk mengakses menu Mouse.

Setelah fitur aktif, pengguna bisa mencobanya dengan cara membuka dua halaman yang berbeda, misalnya browser dan Word document (bisa gunakan fitur Split Screen). Kemudian saat sedang mengetik di Word, arahkan pointer ke halaman browser dan coba scroll ke atas dan ke bawah.

4 dari 4 halaman

8. Menampilkan File Extensoins di File Explorer

Lakukan langkah berikut untuk melihat file extensions di File Explorer:

Pertama, gunakan Search in Taskbar lalu cari File Explorer Options. Melalui halaman yang muncul tersebut klik menu View. Cari pilihan bertulisan Hide extensions for known file types dan lihat apakah kotaknya sudah diceklis atau belum.

Jika belum, klik kotak di sampingnya lalu pilih Apply. Setelah ini, pengguna bisa langsung melihat file extensions untuk seluruh file di File Explorer.

File Explorer Options juga menyediakan menu seperti menampilkan drive kosong, file dan folder tersembunyi.

9. Menggunakan Focus Assist untuk Meminimalisasi Gangguan

Fitur yang satu ini dapat membantu untuk fokus terhadap sesuatu yang sedang dikerjakan di Windows tanpa diganggu oleh notifikasi.

Untuk mengaktifkan fitur, pergi ke Focus Assist yang dipilih dari menu System di Settings. Dari situ akan muncul tiga pilihan: Off atau berarti fitur dinonaktifkan; Priority Only, mengaktifkan fitur dengan beberapa notifikasi tertentu yang aktif; Alamrs Only, yang berarti menyembunyikan semua notifikasi kecuali alarm.

Pengguna diberikan pilihan untuk mengatur bagaimana fitur Focus assist dikaktifkan dan untuk berapa lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini