Sukses

Ikut Samsung, LG Hadirkan NFT ke Smart TV

Beberapa bulan setelah Samsung mengumumkan akan membawa non-fungible token (NFT) ke smart TV besutannya, LG kemudian melakukan hal serupa.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan setelah Samsung mengumumkan akan membawa non-fungible token (NFT) ke smart TV besutannya, LG kemudian melakukan hal serupa.

Marketplace NFT baru perusahaan, yang disebut LG Art Lab, memungkinkan pengguna membeli, menjual, dan menikmati karya seni digital berkualitas tinggi dari smart TV.

Untuk saat ini, hanya pengguna di AS dengan TV LG yang menjalankan webOS 5.0 atau di atasnya yang dapat mengakses aplikasi, tersedia untuk diunduh dari layar utama TV.

Melalui portal, pengguna dapat membeli dan menjual karya digital yang tersedia melalui NFT LG.

Namun menurut pantauan The Verge, dikutip Senin (5/9/2022), aplikasi ini terlihat masih kosong dan belum ada NFT yang dapat ditelusuri dan dibeli.

Tetapi begitu ada NFT yang dapat dibeli dari platform, LG mengatakan pengguna dapat memindai kode QR yang muncul di layar, lalu membuka aplikasi Wallypto di ponsel untuk menyelesaikan transaksi.

Sebelum melakukannya, pengguna harus membeli USD Coin (USDC), stablecoin yang nilainya sesuai dengan mata uang dolar AS.

Platform NFT LG dibangun di atas Hedera, yang menggambarkan dirinya sebagai buku besar perusahaan yang paling banyak digunakan, berkelanjutan, untuk ekonomi terdesentralisasi.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Bedanya dengan Ethereum?

Tidak seperti jaringan Ethereum atau Solana yang didukung banyak pasar NFT populer, jaringan Hedera tidak beroperasi di blockchain.

Platform itu menggunakan alternatif blockchain, yang disebut hashgraph. LG hanyalah salah satu dari beberapa perusahaan yang berfungsi sebagai anggota yang mengatur jaringan Hedera, dengan para pendukung sistem yang mengklaimnya lebih cepat dan lebih efisien daripada bertransaksi di blockchain.

LG mengatakan akan terus menambahkan NFT dari artis 'setiap bulan', dan pengguna akan dapat melihat NFT apa pun yang dibeli dari aplikasi LG Art Lab.

Sama seperti yang dilakukan Samsung dengan NFT di smart TV-nya, sepertinya LG berharap pengguna akan menampilkan NFT di TV mereka saat tidak digunakan.

3 dari 4 halaman

Samsung Tandatangani MoU Membangun Ekosistem Galaxy NFT

Produsen barang elektronik Korea Selatan, Samsung Electronics baru-baru ini menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan enam perusahaan yang akan berkolaborasi untuk membangun ekosistem Galaxy NFT. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (13/8/2022), menurut sebuah laporan di situs berita berbahasa Korea News1, enam perusahaan yang menandatangani MoU dengan raksasa elektronik itu termasuk Alllink, Digital Plaza, e-cruise, Shilla Duty Free, Show Golf, dan Theta Labs.

Theta Labs adalah mitra penerbitan NFT Samsung Electronics sementara Alllink adalah mitra solusi otentikasi.

Dalam sambutannya setelah pengumuman pembuat barang elektronik, seorang pejabat perusahaan yang tidak disebutkan namanya mengatakan Samsung Electronics akan terus melakukan inovasi pengalaman pelanggan. Kali ini akan menghubungkan dunia maya dan dunia nyata menggunakan NFT dengan berbagai mitra

Sementara itu, laporan News1 mengatakan Samsung Electronics berencana untuk memperluas manfaat yang mencakup diskon kepada pengguna atau pemegang NFT Galaxy Baru, yang melalui proses sertifikasi NFT. 

Sesuai laporan, proses sertifikasi NFT yang direncanakan akan dilakukan di empat perusahaan yang tersisa, yaitu Digital Plaza, e-cruise, Shilla Duty Free, dan Show Golf.

Sebelum penandatanganan MoU terbaru, Samsung Electronics bersama-sama dengan Theta Labs, menurut laporan tersebut, telah menghadirkan NFT Galaxy Baru dalam bentuk desain smartphone dan tablet.

4 dari 4 halaman

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.