Sukses

Oppo Mau Ikut Hilangkan Kepala Charger dari Kotak Penjualan?

Setelah Apple dan Samsung, Oppo dikabarkan mau ikut menghilangkan kepala charger alias adapter dari kotak penjualan. Apa iya?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pembesut smartphone yang mulai menghilangkan kepala charger dari kotak penjualan smartphone. Hal ini bermula dari langkah Apple, yang mengklaim menghilangkan charger berarti mendukung upaya keberlanjutan lingkungan.

Langkah Apple itu lalu diikuti vendor lain seperti Samsung dan Google. Xiaomi juga dikabarkan mulai melakukan hal serupa, termasuk untuk ponsel kelas menengahnya.

Terbaru, Oppo dikabarkan mau mengikuti Apple dan Samsung, menghilangkan kepala charger dari boks penjualan smartphone.

Mengutip Gizchina, Sabtu (3/9/2022), belum lama ini perusahaan mengadakan sesi tanya jawab dengan VP International Sales and Service Oppo Billy Zhang, saat peluncuran Oppo Reno8 untuk pasar Eropa. Salah satu hal yang dibahas adalah penyertaan pengisi daya dalam boks smartphone Oppo.

Billy Zhang memulai dengan menunjukkan keahlian timnya dalam mengembangkan pengisian daya cepat SuperVooc. Ia juga bilang, Oppo siap merilis pengisi daya 240W, yang memiliki 24 volt dan 10 amp yang akan siap diluncurkan pada 2023.

Dengan pengisian daya cepat tersebut, baterai 4.500mAh bisa terisi penuh hanya dalam 9 menit. Zhang juga mengklaim hal tersebut tidak mempengaruhi masa pakai baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Terus Teknologi SuperVooc Mudah Diakses Pengguna

Billy Zhang menyebut, Oppo ingin terus membuat teknologi tersebut bisa diakses pengguna. Hal ini karena perusahaan sadar sulit bagi pengguna mendapatkan pengisi daya SuperVooc di pasaran saat ini.

Pengisi daya 80W untuk Find X5 Pro dan Reno8 tidak tersedia di katalog perusahaan. Namun saat ini kepala charger 65W dan kabel yang menyertainya tersedia.

Juru bicara Oppo mengatakan, "Untuk saat ini pihaknya terus memasukkan (pengisi daya) ke dalam kotak untuk dimanfaatkan oleh pengguna."

 

3 dari 3 halaman

Mempertimbangkan Hilangkan Kepala Charger

Namun di sisi lain, ia menjelaskan juga bahwa tim Oppo tengah mempertimbangkan untuk menghilangkan pengisi daya dari kemasan, untuk 'produk tertentu' sejak tahun 2019.

Billy Zhang pun menekankan, perusahaan sedang benar-benar memikirkan hal ini (menghilangkan kepala charger) dan menyediakan pengisi daya SuperVooc ke toko-toko tertentu untuk meningkatkan prospek tersebut.

Karena pernyataan yang masih mengambang tersebut, tidak diketahui apakah Oppo benar-benar akan mengeluarkan pengisi daya dari kemasan salah satu smartphone berikutnya. Namun, kemungkinan tersebut dianggap cukup kuat dan perusahaan tidak menutupi kemungkinan itu.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.