Sukses

Nokia dan Ericsson Hengkang dari Rusia

Nokia dan Ericsson memutuskan untuk meninggalkan pasar Rusia. Dengan begitu nantinya kebutuhan infrastruktur telekomunikasi di Rusia akan bergantung pada Huawei dan ZTE.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak perusahaan barat yang memutuskan untuk undur diri dari pasar Rusia. Hal ini dilatarbelakangi beberapa hal, mulai dari permintaan pemerintah negara asal perusahaan dan ada pula perusahaan yang terkena sanksi dari Rusia.

Terbaru, perusahaan teknologi jaringan Nokia dan Ericsson dikabarkan juga hengkang dari pasar Rusia. Menurut laporan Reuters, kedua perusahaan perlahan-lahan akan mengurangi aktivitas bisnisnya di Rusia dalam beberapa bulan mendatang.

Mengutip Gizchina, Rabu (31/8/2022), pada April lalu, Ericsson mengumumkan akan menghentikan sementara operasional di Rusia. Sementara Nokia membuat keputusan yang lebih ketat, di mana mereka akan sepenuhnya keluar dari pasar Rusia.

"Pada akhir tahun, mayoritas karyawan kami di Rusia akan pindah dari Nokia dan kami mengosongkan semua kantor kami," kata juru bicara Nokia.

"Kami akan mempertahankan kehadiran resmi di negara ini hingga penutupan hukum selesai," tuturnya menambahkan.

Ericsson di sisi lain, telah menempatkan karyawannya di Rusia pada cuti berbayar sejak tahun ini. Perusahaan menyediakan sekitar USD 95 juta pada kuartal pertama untuk penurunan nilai aset dan biaya khusus lainnya terkait dengan pemindahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karyawan Nokia dan Ericsson di Rusia

Sekadar informasi, Ericsson memiliki sekitar 400 karyawan di Rusia. Perusahaan pun mengeluarkan penyataan yang menyebut akan memberikan dukungan keuangan pada karyawan yang terdampak.

Sementara itu, Nokia memiliki sekitar 2.000 karyawan di Rusia. Perusahaan menyebut, kegiatannya yang tersisa di Rusia terkait dengan pemeliharaan terbatas jaringan kritis untuk memenuhi kewajiban kontrak dan kewajiban humanitarian.

Media Kommersant pertama kali melaporkan keluarnya Ericsson dari Rusia dan menyatakan, beberapa staf pendukungnya akan dipindahkan ke perusahaan baru yang didirikan oleh Rusia. Ericsson tidak menanggapi komentar atas hal ini.

Nantinya selepas Ericsson dan Nokia menarik diri dari Rusia, operator seluler negara tersebut yakni MTS dan Tele2 akan lebih mengandalkan perusahaan Tiongkok seperti Huawei dan ZTE untuk mendukung infrastruktur jaringannya. Kedua operator Rusia ini pun tidak memberikan komentar.

3 dari 3 halaman

Google Ajukan Pailit di Rusia

Bukan hanya itu, Google cabang Rusia dilaporkan akan mengajukan bankrut. Menurut laporan Reuters, perusahaan menyatakan tidak bisa lagi menjaga operasional cabang di Rusia.

Mengutip The Verge, Kamis (19/5/2022), Google Rusia dilaporkan menghasilkan keuntungan sebesar USD 2.086 miliar dan mempekerjakan lebih dari 100 karyawan.

"Penyitaan rekening bank Google Rusia oleh otoritas telah membuat kantor kami di Rusia tidak bisa berfungsi, termasuk mempekerjakan dan membayar karyawan yang berbasis di Rusia," kata juru bicara Google dalam pernyataan ke The Verge.

Google juga mengeluhkan, penyitaan rekening bank tersebut membuat perusahaan tidak bisa membayar pemasok dan vendor serta memenuhi kewajiban keuangan lainnya.

"Google Rusia telah menerbitkan pemberitahuan tentang niatnya untuk ajukan pailit," kata sang juru bicara.

Maret 2022, Google telah menangguhkan penjualan iklan di Rusia, tidak lama setelah negara itu menginvasi Ukraina.

Selain itu, YouTube milik Google juga bergerak untuk melarang iklan di channel yang dimiliki oleh media terafiliasi pemerintah Rusia. Google pun akhirnya memblokir channel-channel ini sepenuhnya.

Desember lalu, Rusia menerapkan sanksi denda sebesar USD 98 juta kepada Google. Saat itu Google gagal menghapus konten yang dianggap ilegal oleh Rusia dari platformnya. Denda tersebut setara dengan 8 persen pendapatan Google Rusia.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.