Sukses

Oppo Pastikan Seri Find dan Reno Dapat Update Keamanan 4 Tahun Usai Meluncur

Oppo memastikan lewat update keamanan maupun fitur di ColorOS bisa menjamin keamanan data dan privasi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo menyatakan komitmennya untuk menjaga keamanan data dan privasi pengguna melalui ColorOS. Hal itu juga ditunjukkan dengan menjamin update keamanan bagi seri smartphone besutannya.

"Oppo menjamin perangkat lini seri Find dan Reno menerima update keamanan selama 4 tahun ke depan setelah diluncurkan. Sementara lini A akan menerima update keamanan selama 3 tahun ke depan sejak diluncurkan," tutur PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut Aryo menuturkan, selain meluncurkan update keamanan pada ColorOS, Oppo juga bekerja sama erat dengan pengembang chipset dalam bentuk penelitian dan pengembangan bersama untuk menambal berbagai celah keamanan.

Saat ini, ColorOS 12 dan ColorOS 13 yang mulai digulirkan ke beberapa perangkat juga telah dibekali dengan fitur keamanan untuk menjamin data dan privasi penggunanya. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah :

1. Privasi Riwayat Clipboard dan Pikselisasi Otomatis

Kini, ColorOS akan secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat untuk mencegah kebocoran informasi sensitif yang bisa disebabkan oleh malware.

Selain itu, berbekal algoritma kecerdasan buatan, ada kemampuan Pikselisasi Otomatis yang dapat dengan cerdas mengenali dan mengaburkan foto maupun nama pada screenshot layar obrolan cukup dengan satu ketukan.

2. Nearby Wi-Fi

Fitur ini memungkinkan pengguna HP Oppo mengakses Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu. Jadi, informasi dan lokasi pengguna tidak dapat dilihat pengguna lain saat terhubung dengan Wi-Fi di tempat umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur Keamanan Lain

3. Payment Protection

Sesuai namanya, fitur ini akan menjaga keamanan pengguna saat sedang melakukan transaksi dan pembayaran secara online di berbagai situs maupun ketika pengguna mengakses aplikasi yang melibatkan keuangan.

Dilengkapi dengan Secure Keyboard, fitur ini dapat mencegah perekaman input angka atau teks yang dilakukan keylogger maupun malware, sekaligus mencegah pengiriman data yang dimasukkan dalam jaringan internet.

Fitur ini akan otomatis aktif ketika pengguna aplikasi keuangan. Hal itu ditandai dengan hurus S pada status bar sebagai tanda aplikasi telah dilindungi.

4. Private Safe

Private Safe telah dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan (AES) untuk keamanan lebih tinggi. Seperti namanya, Private Safe bisa menjadi brankas bagi pengguna untuk menyimpan informasi atau dokumen yang sensitif.

Pengguna dapat mengaksesnya dengan mengaktifkan password, pattern, pin, atau sidik jari yang telah dibuat. Fitur ini membantu pengguna menyimpan foto, video, atau dokumen yang bersifat pribadi, karena tidak dapat dilihat secara langsung di aplikasi Photos atau File Manager.

 

3 dari 5 halaman

Fitur Keamanan Lain

5. Standar Privasi dan Keamanan Terbaik

ColorOS juga memberikan perlindungan privasi dan keselamatan optimal yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi maupun keamanan, seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

Perlu diketahui, fitur keamanan ini sudah dapat dinikmati pengguna Oppo berbasis ColorOS 12 seperti lini Oppo Reno8. Lalu untuk Find X5 Pro yang sudah mendapatkan ColorOS 13 Beta, Oppo juga menyertakan beberapa peningkatan fitur keamanan Android 13.

Setelah Find X5 Pro, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi beta pada September, disusl Oppo Reno8 5G di Oktober 2022. Terakhir, ada Oppo Reno8 Z 5G dan Oppo Reno8 pada Desember 2022.

Meski sudah dibekali dengan berbagai fitur keamanan data, Oppo tetap mengimbau pengguna berhati-hati dalam penggunaan data secara online, baik yang melibatkan berbagai akses ke sistem operasi maupun pembayaran online.

"Oppo juga mengingatkan konsumen tidak melakukan modifikasi sistem operasi dengan menembus sistem keamanan, seperti melakukan rooting yang mengakibatkan beberapa celah dapat terbuka dan menjadi perangkat smartphone lebih rentan," tutur Aryo menutup pernyataannya.

4 dari 5 halaman

Oppo Resmi Jual Reno8 dan Reno8 5G di Indonesia, Ini Harganya

Di sisi lain, Oppo secara resmi memulai penjualan Oppo Reno8 dan Oppo Reno8 5G di Indonesia pada Jumat (26/8/2022), baik melalui saluran daring atau secara luring.

Oppo menyebut, terdapat kenaikan total angka pemesanan untuk Reno8 dibandingkan dengan pendahulunya Oppo Reno7, yang mencapai sekitar 84,9 persen.

Aryo Meidianto A., PR Manager untuk Reno dan A Series memaparkan, untuk warna preferensi pemesan Reno8 42 persen adalah di Starlight Black, dan 58 persen di Dawnlight Gold.

"Untuk Reno8 5G, dari angka pemesanan dibandingkan dengan Reno7 5G, ini terjadi kenaikan kurang lebih tiga persen selama masa pemesanan," kata Aryo dalam pemaparannya.

Warna yang menjadi preferensi pemesan untuk Oppo Reno8 5G adalah 40 persen untuk Shimmer Black dan 60 persen untuk Shimmer Gold.

HP Oppo Reno8 5G dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 7.999.000 dan Oppo Reno8 dibanderol dengan harga Rp 4.999.000. Dalam penjualan perdananya, Oppo menawarkan berbagai keuntungan untuk konsumen.

Keuntungan mulai dari financing discount hingga Rp 1,9 juta, cashback Rp 100 ribu untuk pembelian seri Reno8 bundling dengan Oppo Enco Buds2 dan Enco Air2 Pro, serta bunga 0 persen untuk pembelian melalui SpayLater dengan cicilan hingga 12 bulan.

Pengguna Reno8 Series juga bisa mendapatkan keuntungan hingga 7.000 Poin di MyOPPO.

Reno8 5G hadir dengan Streamlined Unibody Design, yang menghadirkan tekstur efek visuel gradien pada penampang belakang perangkat, yang tahan sidik jari dan memberikan estetika desain ponsel flagship.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.