Review Samsung Galaxy Z Flip 4 5G: Desain Cantik, Tawarkan Baterai Lebih Besar

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 01 Sep 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Sep 2022, 07:00 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 4 5G
Perbesar
Penampakan Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. (Liputan6.com/ Iskandar Muda)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung belum lama ini mengumumkan kehadiran smartphone layar lipat terbarunya, Galaxy Z Flip 4 5G. Perangkat ini jadi penerus dari Galaxy Z Flip 3 yang rilis tahun lalu.

Sebagai penerus, Galaxy Z Flip 4 5G hadir dengan sejumlah pembaruan. Galaxy Z Flip4 5G memiliki bodi sedikit lebih ramping saat dibuka dan dalam keadaan tertutup.

Daya tahan Galaxy Z Flip 4 5G juga ditingkatkan dengan perlindungan Gorilla Glass Victus+. Peningkatan lain juga ada di chipset, di mana Samsung memakai Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 8GB.

Peningkatan lain yang diusung adalah dari segi baterai, di mana Galaxy Z Flip 4 5G didukung baterai 3.700mAh dan Galaxy Z Flip 3 hanya 3.300mAh.

Kapasitas baterai yang meningkat ini membuat Samsung Galaxy Z Flip 4 5G diklaim punya masa pakai yang lebih panjang. Apalagi, pengisian dayanya lebih cepat berkat fitur Super Fast Charging.

Lantas, seperti apa sih pengalaman menggunakan Galaxy Z Flip 4 5G selama dua minggu terakhir? Simak ulasannya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Desain dan Layar

Samsung Galaxy Z Flip 4 5G
Perbesar
Penampakan Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. (Liputan6.com/ Iskandar Muda)

Bicara desain, Galaxy Z Flip 4 5G tidak bisa jika tak membicarakan Galaxy Z Flip 3. Secara fisik sebenarnya bentuk keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun, Samsung memangkas sedikit bezel di Galaxy Z Flip 4. Selain itu, Samsung juga membuat tepian Galaxy Z Flip 4 5G lebih persegi dan rata, sementara pada Z Flip 3 bentuk tepiannya lebih rounded.

Galaxy Z Flip 4 5G tidak ddidukung dengan port audio 3,5mm. Hanya ada satu port yakni USB Type C untuk transfer file dan pengisian daya.

Semua tombol diletakkan di sisi kanan smartphone, baik tombol volume maupun Power yang juga bisa dipakai sebagai pemindai sidik jari.

Samsung hanya menyertakan sebuah slot SIM card di sisi kanan ponsel, yang bisa dibuka dengan ejector.

Dari segi engsel, Galaxy Z Flip 4 5G pun engselnya dibuat lebih ramping. Sektor ini mengesankan Samsung memberikan peningkatan desain yang lebih baik bagi smartphone layar lipatnya. Masih dari segi tampilan, ketika layar dalam kondisi dilipat, terlihat ada celah yang terlihat di Galaxy Z Flip 4 5G.

Layar

Selain itu, lipatan layar (crease) pada Galaxy Z Flip 4 5G juga masih terlihat. Samsung mengklaim justru jika smartphone layar lipat dibuka tidak terlihat lipatannya, akan ada risiko. Menurut mereka, dengan adanya lipatan atau crease, layar sebuah smartphone foldable akan bisa bertahan lebih lama.

Sekadar informasi, Galaxy Z Flip 4 5G hadir dengan layar utama Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,7 inci. Layar ini mengusung kemampuan Adaptive Refresh Rate mulai dari 1-120 Hz.

Berkat layar AMOLED yang dipakainya, menggunakan perangkat ini di kondisi siang hari yang terik terasa tidak ada kendala. Konten masih bisa disaksikan dengan baik.

Smartphone ini juga memiliki cover screen dengan jenis Super AMOLED 1,9 inci dengan resolusi 512x260 piksel.

Di mana, layar kover ini bisa menampilkan notifikasi seperti waktu, persentase baterai, tanggal, notifikasi, bahkan dapat dipakai untuk berfoto selfie memakai kamera utama.

Seperti pendahulunya, Galaxy Z Flip 4 5G hadir dengan desain ringkas sehingga nyaman digenggam satu tangan, baik saat dibuka atau dilipat.

Dengan tampilan yang kecil dan ringkas saat dilipat ini, Galaxy Z Flip 4 5G bisa dimasukkan ke tas yang sangat kecil atau saku celana jeans sekali pun.


Kamera

Samsung Galaxy Z Flip 4 5G
Perbesar
Penampakan Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. (Liputan6.com/ Iskandar Muda)

Galaxy Z Flip 4 5G didukung dua kamera, yakni lensa utama 12MP Dual Pixel OIS dan lensa ultra wide 12MP dengan jangkauan 123 derajat. Sementara, kebutuhan selfie dipenuhi dengan kamera di layar yang memiliki resolusi 10MP.

Meski begitu, perusahaan meningkatkan sensor kamera dan meningkatkan AI chipset pada Galaxy Z Flip 4 5G sehingga bisa menghasilkan foto malam hari lebih detail dan dramatis.

Samsung mengklaim, untuk membuat konten malam (nightography) hari pihaknya meningkatkan fitur Super Night Resolution, OIS, dan VDIS yang menghasilkan gambar lebih tajam, stabil, dan jernih dalam kondisi low light.

<p>Hasil foto objek dengan Galaxy Z Flip 4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Dukungan AI Stereo Depth juga memastikan pengguna bisa menangkap gambar dengan warna dan outline yang vivid meski kondisi cahaya tidak maksimal.

Berdasarkan pengujian, pada pengambilan foto malam hari, kamera Galaxy Z Flip 4 5G memang mampu membidik objek dengan baik, sehingga membuatnya perangkat ini bukan hanya sekadar cantik desainnya tetapi juga mumpuni untuk fotografi. 

<p>Hasil foto kamera Galaxy Z Flip 4 malam hari dengan mode wide angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p><p>Hasil foto kamera Galaxy Z Flip 4 5G pada malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p><p>Memfoto suasana malam hari Kota Bandung dengan Galaxy Z Flip 4 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p><p>Hasil foto portrait di malam hari dengan kamera Galaxy Z Flip 4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Pada layar cover Galaxy Z Flip 4 5G, Samsung juga menyematkan fitur Photo, Portrait, dan Video sehingga bisa membuat konten langsung dari cover screen.

Sementara, foto di bawah ini dijepret dengan kamera selfie 10MP milik Galaxy Z Flip 4 5G. 

<p>Hasil foto selfie malam hari dengan Galaxy Z Flip 4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>


Performa dan Gaming

Perbandingan Galaxy Z Flip3 dan Galaxy Z Flip 4
Perbesar
Perbandingan Galaxy Z Flip3 (kiri) dan Galaxy Z Flip 4 (kanan). (Liputan6.com/ Iskandar)

Galaxy Z Flip 4 5G didukung dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 8GB.

Hal ini membuat performa perangkat, khususnya saat mengakses dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya menjadi sangat smooth dan tidak ada gangguan.

Kami banyak menggunakan smartphone ini untuk mengambil video dan foto dengan skenario flex kemudian beralih ke berbagai aplikasi. Dengan membuka tutup layar fleksibel sesuai kebutuhan, perangkat tidak mengalami panas meski banyak dibuka tutup dan dipakai.

<p>Tampilan antarmuka Galaxy Z Flip 4 5G menggunakan One UI 4.1.1 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Selanjutnya kami juga menguji performanya untuk main beberapa gim, mulai dari gim casual Subway Surf, PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, hingga COD Mobile. 

Saat digunakan untuk main PUBG Mobile pada grafis HD dan frame rate medium selama kurang lebih 40 menitan, baterai smartphone agak hangat.

<p>Bermain PUBG Mobile di Galaxy Z Flip 4 5G (Liputan6.com/ Agustin Setyo W). </p>

Sementara saat main dengan grafis HRD dan frame rate Extreme, bodi smartphone lebih cepat panas meski hanya dipakai main sekitar 20 menitan. Baterai perangkat pun lebih cepat habis, yakni dari 80 turun menjadi 67 persen.

Meski begitu, permainan berlangsung dengan smooth dan tidak mengalami lag untuk kedua grafis berbeda.

Pada game Mobile Legends dan COD Mobile, permainan juga berlangsung dengan smooth dan tidak ada kendala. Saat dimainkan sekitar setengah jam, perangkat juga tidak panas.

Pengujian dengan aplikasi benchmark, 3D Mark, memperlihatkan skor work performance Galaxy Z Flip 4 5G sebesar 14.016 poin. 

<p>Skor uji benchmark Galaxy Z Flip 4 5G menggunakan aplikasi PC Mark (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>


Baterai

Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Liputan6.com/Iskandar
Perbesar
Kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Liputan6.com/Iskandar

Mendengarkan masukan para pelanggan yang menyebut baterai Galaxy Z Flip 3 cukup boros, Samsung meningkatkan daya tahan baterai Galaxy Z Flip 4 5G.

Jika dulu di Galaxy Z Flip 3 dibenamkan baterai 3.300 mAh, kini Samsung membenamkan baterai 3.700 mAh di Galaxy Z Flip 4 5G.

Kapasitas baterai tersebut dipadukan dengan kemampuan pengisian daya cepat 25W. Meminjam performa prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, Galaxy Z Flip 4 5G diklaim 30 persen lebih hemat daya.

Dengan kemampuan isi daya cepat tersebut, Galaxy Z Flip 4G diklaim bisa penuh 50 persen dalam 30 menit isi daya.

Pengisian dayanya memang cukup cepat, hanya butuh sekitar sejam untuk bisa penuh dicas. Baterai pun terbilang cukup hemat untuk memenuhi penggunaan seharian.

Dengan daya 100 persen pada pagi hari sekitar pukul 9 pagi, ketika smartphone hanya dipakai untuk main gim hampir sepanjang waktu, pada pukul 20:50 masih menyisakan baterai 30 persen.

Sementara berdasarkan pengalaman penggunaan, saat smartphone dengan kapasitas baterai 70 persen-an, digunakan hanya untuk merekam dan foto hampir selama beberapa jam (sejak pukul 18.00-pukul 22.00), sisanya sekitar 20 persen di akhir hari.

Pengujian kinerja baterai menggunakan aplikasi PC Mark memperlihatkan perangkat ini memiliki battery life selama 8 jam 17 menit. 

<p>Uji baterai Galaxy Z Flip 4 menggunakan aplikasi PC Mark (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>


Kesimpulan

Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Liputan6.com/Iskandar
Perbesar
Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Liputan6.com/Iskandar

Galaxy Z Flip 4 5G hadir sebagai sebuah smartphone yang tidak hanya menawarkan inovasi desain baru yang segar tetapi juga performa yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna.

Baik itu pengguna yang senang membuat konten, pengguna yang senang ber-multitasking dengan smartphone, atau mereka yang gemar nge-game.

Berbekal chipset Snapdragon 8+ Gen 1, RAM dan memori besar, Galaxy Z Flip 4 5G bisa menyajikan performa mumpuni.

Guna memenuhi pemakaian smartphone seharian, Samsung menambahkan kapasitas baterai di Galaxy Z Flip 4 5G menjadi 3.700 mAh dari yang sebelumnya 3.300 mAh. Selain kapasitasnya ditambah, dukungan chipset di atas memungkinkan penghematan pemakaian baterai hingga 30 persen dibanding pendahulu.

Selain itu, kemampuan pengisian daya cepatnya ditambah menjadi 25W membuat perangkat ini bisa diisi daya hanya sekitar 1 jam.

Kelebihan lainnya, Galaxy Z Flip 4 5G juga sudah dilindungi dengan IPX8 rating yang memungkinkan ponsel terkena air.

Meski mampu memenuhi kebutuhan pengguna sekaligus stylish, Galaxy Z Flip 4 5G juga belum sempurna.

Salah satu kekurangannya, karena smartphone ini memiliki ukuran yang panjang dan tombol-tombolnya diletakkan di sisi lipatan atas, tombol volume dan power (yang juga fingerprint) agak sulit dijangkau hanya dengan satu tangan.

(Tin/Isk)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya