Sukses

Selain iPhone 14, Ada Apple Watch Pro di Event 7 September 2022?

Menurut laporan terbaru, Apple tidak hanya mengumumkan kehadiran iPhone 14, tapi juga Apple Watch Pro yang berbeda dari seri Watch saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah memastikan akan menggelar event pada 7 September 2022. Seperti biasa, event tersebut akan menjadi debut dari iPhone model terbaru atau iPhone 14.

Namun dari laporan terbaru Macotakara, selain iPhone terbaru, Apple juga akan mengumumkan Apple Watch dalam event tersebut. Yang menarik, laporan menyebut Apple Watch ini akan berbeda dari model yang ada saat ini.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (29/8/2022), Apple Watch ini akan tampil lebih premium dengan desain berbeda dan layar lebih lebih besar. Menurut sejumlah analis, smartwatch ini akan diberi nama Apple Watch Pro.

Selain itu, smartwatch ini akan memiliki layar datar dengan desain sedikit melengkung di sisinya atau sepenuhnya datar. Bocoran juga menyebut Apple Watch baru ini hanya tersedia dengan ukuran 47mm.

Lalu, smartwatch ini akan memiliki layar berukuran 1,99 inci, lebih besar dari Apple Watch Series 7 saat ini yang memiliki ukuran 1,77 inci. Namun informasi lain mengenai kebenaran smartwatch ini masih belum diketahui, sehingga perlu menunggu informasi resmi dari Apple.

Sebagai informasi, lewat undangan yang disebar ke berbagai media, Apple event iPhone 14 akan digelar pada 7 September 2022 pukul 10 pagi waktu setempat atau 8 September pukul 00.00 WIB.

Dalam undangan bertemakan langit malam hari penuh bintang dan tagline "Far Out", Apple memang disebut akan turut mengumumkan Apple Watch Series 8 dan AirPods baru selain iPhone 14.

Seperti acara Apple selama pandemi Covid-19, perusahan mengadakan peluncuran produk atau pengumuman penting lainnya secara live streaming.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Soal iPhone 14

Diketahui, Apple berencana untuk meluncurkan empat model HP iOS terbarunya dalam acara yang digelar 7 September 2022 tersebut.

Adapun keempat model ponsel baru Apple tersebut adalah iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci), dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Berdasarkan bocoran yang beredar di internet hingga saat ini, iPhone Pro dan iPhone 14 Pro Max akan mengalami peningkatan di segi hardware dan desain.

Kedua model iPhone 14 ini akan memiliki desain layar tanpa notch, dan mengadopsi lubang punch hole dan cut out berbentuk pil yang mendukung komponen Face ID.

Sementara iPhone 14 versi standar dan Max tidak akan mengalami perubahan desain, dan memiliki tampilan iPhone 13 dengan tetap memakai notch.

Tak hanya itu, kedua model iPhone 14 standar dan Max ini juga masih akan menggunakan prosesor serupa di iPhone 13--A15. Lalu, varian Pro dan Pro Max-nya sudah pakai chipset A16.

3 dari 4 halaman

Apple Tingkatkan Produksi Panel iPhone 14

Di sisi lain, berdasarkan hasil analisis dari Ross Young, seperti dikutip dari Gizchina, Jumat (26/8/2022), perusahaan mengharapkan permintaan yang tinggi untuk perangkat premium terbarunya.

Analisis tersebut menunjukkan produksi panel iPhone 14 Pro Max lebih tinggi dibandingkan perangkat lain dengan jumlah persentase pengiriman sekitar 28 persen dan produksi sejumlah 29 persen.

Jumlah persentase tersebut membuat iPhone 14 Pro Max memiliki persentase pengiriman tertinggi diikuti oleh iPhone 14 dan iPhone 14 Pro dengan persentase masing-masing 26 persen dan iPhone 14 Max dengan 19 persen, membuat perangkat ini menjadi produk dengan jumlah pengiriman terkecil.

Meskipun begitu, hasil analisis mengekspektasikan total pengiriman panel iPhone 14 Max akan meningkat pada September. Perusahaan juga akan segera memperbaiki kekurangan dari perangkat.

4 dari 4 halaman

Kendala Produksi seri iPhone 14 Max

Analisis lain dari Ming-Chi Kuo melaporkan mengenai kendala dalam produksi iPhone 14 Max. Menurutnya, proses produksi perangkat tersebut terhambat karena lockdown pandemi dan masalah produksi lainnya.

Ia juga menyebutkan soal pemasok yang bekerja lembur untuk mengejar keterlambatan sehingga pelanggan tidak akan melihat dampak dalam ketersediaan perangkat. Meskipun begitu, sebagian besar pelanggan lebih memilih iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Laporan menyebutkan desain dari iPhone 14 tidak akan berubah dengan desain iPhone 13 sebelumnya, sedangkan untuk spesifikasinya juga akan serupa dengan versi Apple A15.

Untuk versi Max, spesifikasi yang dimiliki tidak berbeda dengan iPhone 14, selain berbentuk lebih lebar dengan baterai yang lebih besar.

Sementara itu, untuk iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max memiliki kamera 48 MP dengan desain dual punch-hole. versi Pro juga mempunyai prosesor Apple A16 terbaru.

Perangkat model Pro juga menjadi versi perangkat yang paling menarik dalam seri iPhone 14. Selain itu, seri ini akan memiliki ukuran 6.1 inci dan 6.7 inci untuk iPhone 14 biasa dan versi Max.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.