Sukses

MetaNesia dari Telkom Akan Hadirkan Metaverse di Indonesia Esports Summit 2022

Telkom melalui Leap-Telkom Digital akan menghadirkan metaNesia yang menyajikan beberapa ruang pertandingan virtual sesuai jumlah arena di Indonesia Esports Summit 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom melalui Leap-Telkom Digital mengumumkan akan berpartisipasi dalam gelaran Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championship 2022 yang digelar di Bali. Mereka akan hadir melalui metaNesia sebagai dunia metaverse besutan Leap-Telkom Digital.

Dalam gelaran Indonesia Esports Summit 2022, metaNesia berencana membawa dunia virtual yang menarik bagi gamer, lalu dikombinasikan dengan desain khas Indonesia yang kaya kreasi.

Kehadiran metaNesia di industri esports Tanah Air disebut membawa misi yang sama dengan PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) yakni mendukung perkembangan esports di Indonesia sebagai arena kompetisi yang melahirkan pribadi profesional, ksatria, dan kreatif.

SM Emerging Technology Platform Telkom, Anton Pramono menuturkan, metaNesia menyajikan beberapa ruang pertandingan virtual sesuai jumlah arena di Indonesia Esports Summit 2022 dan nantinya dapat diakses hingga ribuan pengunjung event ini.

"Selain itu, metaNesia akan sajikan sebuah ruang talkshow yang menghadirkan pembicara kelas dunia bidang esports dan games," tutur Anton menjelaskan dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (28/8/2022).

"Belum cukup sampai di situ, metaNesia juga menyuguhkan spesial desain NFT yang dirancang khusus secara physical digital (phygital) untuk dapat dimiliki oleh kolektor NFT lewat metaNesia NFT."

Lebih lanjut Anton menuturkan, kesempatan ini meruapakan salah satu program yang telah direncanakan Telkom sebagai bukti nyata kehadiran metaverse dapat dinikmati masyarakat, terutama para gamer yang menjadi early adopter metaNesia, sekaligus kontribusi Telkom pada ekonomi digital.

"Tidak hanya bagi para gamer Indonesia sebagai pihak yang akan bertanding, tetapi terwujudnya metaverse secara nyata juga melibatkan kolaborasi puluhan talenta Indonesia seperti para designer, animator, modeller, dan game programmer," tutur Anton melanjutkan.

Sementara Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mengatakan, optimisme pihaknya terhadap dampak positif dari gelaran Esprots Summit 2022, baik peningkatan prestasi atlet esports nasional maupun penguatan ekosistem esports.

"Esports adalah bidang yang sangat positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi. PBESI optimis, Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia," ujar Bambang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IESF World Esports Championship 2022 Siap Digelar di Bali, Kapan?

Sebagai informasi, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) telah mengumumkan komitmen mereka untuk mendukung pengembangan ekosistem esports di Tanah Air.

Salah satu komitmen tersebut adalah menghadirkan berbagai event besar yang mewakili potensi, dan pemberdayaan di industri esports, bertajuk World Esports Championship ke-14.

Rencananya, ajang ini akan digelar pertama kalinya di Indonesia dengan Bali sebagai kota acara bergengsi ini diadakan.

Digelar mulai dari 2 hingga 11 Desember 2022, beragam lokakarya yang menampilkan pakar serta pelaku esports, ekshibisi, hingga panggung hiburan sudah dipersiapkan.

Menariknya, Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship di Bali 2022 ini akan menjadi event esports outdoor terbesar di dunia.

Sembari mengikuti kegiatan esports, peserta juga dapat menikmati keindahan pantai dan keindahan alam Bali yang sejalan dengan konsep sport tourism yang diusung.

Untuk Kejuaraan Dunia Esports, serangkaian pertandingan di Bali nanti merupakan puncak dari serangkaian kualifikasi yang berlangsung di seluruh dunia sejak Februari hingga Oktober 2022.

Secara keseluruhan, lebih dari 1 juta atlet esports dari 120 negara dan 5 region (Oceania, Eropa, Asia, Pan America, Afrika) tercatat sebagai peserta dari Bali 14Th World Esports Championships.

Adapun kategori yang dipertandingkan ada 6 kategori, yaitu Tekken 7, DotA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO.

Khusus CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female. Total hadiah yang disediakan adalah sebesar USD500.000.

3 dari 4 halaman

Ingin Ubah Persepsi Esports

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo menyampaikan optimisme PBESI terhadap dampak positif dari gelaran Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022.

“Kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan–-pemerintah, pelaku industri, dunia pendidikan, bahwa esports adalah bidang positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi," katanya.

Karena hal itu, PBESI optimis Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia.

Vlad Marinescu, Presiden IESF mengatakan, “Kami sangat antusiasi penyelengaraan di Bali. Seratus hari lagi komunitas gim dari berbagai belahan dunia akan berkumpul di satu tempat untuk bermain bersama, tumbuh bersama, dan saling dukung satu dengan lainnya."

Indonesia akan menurunkan tim di seluruh jenis gim yang dipertandingan. Babak qualifikasi untuk menentukan atlet-atlet ke dalam Tim Nasional ini akan akan digelar dari 12 hingga 26 Oktober 2022. 

4 dari 4 halaman

M4 World Championship Bakal Digelar di Jakarta

Di sisi lain, event esports Mobile Legend: Bang Bang (MLBB) internasional, M4 World Championship, bakal digelar di Jakarta, Indonesia.

Pengumuman ini disampaikan oleh akun Instagram resmi MPL Indonesia @mpl.id.official, melalui sebuah video teaser yang diunggah di sana.

"M4 World Championship akan berlangsung di Jakarta, Indonesia! Ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Event Esports MLBB terbesar!" tulis MPL Indonesia.

"Akankah Indonesia merebut kembali takhta Juara M-World setelah terakhir kali memenangkannya di M1?" kata MPL Indonesia dalam keterangan yang menyertai video tersebut.

Melalui pengumuman tersebut, diungkap juga bahwa kompetisi MLBB M4 World Championship bakal digelar di Jakarta pada tanggal 1 sampai 15 Januari 2023 mendatang. Untuk tim partisipan yang bakal bertanding adalah:

Indonesia - MPL Indonesia

Filipina - MPL Filipina

Malaysia - MPL Malaysia

Singapura - MPL Singapura

Kamboja - MPL Kamboja

Timur Tengah - MPL MENA

Myanmar - Myanmar Qualifier

Turki - Turki

Amerika Utara - Amerika Utara

Amerika Latin - MLSL

Brasil - MPL Brasil

Thailand, Laos, Vietnam - Mekong Qualifier 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.