IESF World Esports Championship 2022 Siap Digelar di Bali, Kapan?

Oleh Yuslianson pada 27 Agu 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2022, 13:00 WIB
IESF World Esports Championship 2022
Perbesar
IESF World Esports Championship 2022 siap digelar di Bali pada 2 hingga 11 Desember. (Doc: PBESI)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) telah mengumumkan komitmen mereka untuk mendukung pengembangan ekosistem esports di Tanah Air.

Salah satu komitmen tersebut adalah menghadirkan berbagai event besar yang mewakili potensi, dan pemberdayaan di industri esports, bertajuk World Esports Championship ke-14.

Rencananya, ajang ini akan digelar pertama kalinya di Indonesia dengan Bali sebagai kota acara bergengsi ini diadakan.

Digelar mulai dari 2 hingga 11 Desember 2022, beragam lokakarya yang menampilkan pakar serta pelaku esports, ekshibisi, hingga panggung hiburan sudah dipersiapkan.

Menariknya, Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship di Bali 2022 ini akan menjadi event esports outdoor terbesar di dunia.

Sembari mengikuti kegiatan esports, peserta juga dapat menikmati keindahan pantai dan keindahan alam Bali yang sejalan dengan konsep sport tourism yang diusung.

Untuk Kejuaraan Dunia Esports, serangkaian pertandingan di Bali nanti merupakan puncak dari serangkaian kualifikasi yang berlangsung di seluruh dunia sejak Februari hingga Oktober 2022.

Secara keseluruhan, lebih dari 1 juta atlet esports dari 120 negara dan 5 region (Oceania, Eropa, Asia, Pan America, Afrika) tercatat sebagai peserta dari Bali 14Th World Esports Championships.

Adapun kategori yang dipertandingkan ada 6 kategori, yaitu Tekken 7, DotA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO.

Khusus CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female. Total hadiah yang disediakan adalah sebesar USD500.000.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ingin Ubah Persepsi Esports

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo menyampaikan optimisme PBESI terhadap dampak positif dari gelaran Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022.

“Kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan–-pemerintah, pelaku industri, dunia pendidikan, bahwa esports adalah bidang positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi," katanya.

Karena hal itu, PBESI optimis Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia.

Vlad Marinescu, Presiden IESF mengatakan, “Kami sangat antusiasi penyelengaraan di Bali. Seratus hari lagi komunitas gim dari berbagai belahan dunia akan berkumpul di satu tempat untuk bermain bersama, tumbuh bersama, dan saling dukung satu dengan lainnya."

Indonesia akan menurunkan tim di seluruh jenis gim yang dipertandingan. Babak qualifikasi untuk menentukan atlet-atlet ke dalam Tim Nasional ini akan akan digelar dari 12 hingga 26 Oktober 2022.


M4 World Championship Bakal Digelar di Jakarta

Blacklist International juara M3 World Championship usai tumbangkan Onic PH. (Doc: Moonton)

Di sisi lain, event esports Mobile Legend: Bang Bang (MLBB) internasional, M4 World Championship, bakal digelar di Jakarta, Indonesia.

Pengumuman ini disampaikan oleh akun Instagram resmi MPL Indonesia @mpl.id.official, melalui sebuah video teaser yang diunggah di sana.

"M4 World Championship akan berlangsung di Jakarta, Indonesia! Ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Event Esports MLBB terbesar!" tulis MPL Indonesia.

"Akankah Indonesia merebut kembali takhta Juara M-World setelah terakhir kali memenangkannya di M1?" kata MPL Indonesia dalam keterangan yang menyertai video tersebut.

Melalui pengumuman tersebut, diungkap juga bahwa kompetisi MLBB M4 World Championship bakal digelar di Jakarta pada tanggal 1 sampai 15 Januari 2023 mendatang. Untuk tim partisipan yang bakal bertanding adalah:

Indonesia - MPL Indonesia

Filipina - MPL Filipina

Malaysia - MPL Malaysia

Singapura - MPL Singapura

Kamboja - MPL Kamboja

Timur Tengah - MPL MENA

Myanmar - Myanmar Qualifier

Turki - Turki

Amerika Utara - Amerika Utara

Amerika Latin - MLSL

Brasil - MPL Brasil

Thailand, Laos, Vietnam - Mekong Qualifier


Uang Hadiah M4 World Championship

Mobile Legends: Bang Bang. (Shutterstock/Lukmanazis)

Untuk hadiah yang akan diperebutkan para tim peserta akan mencapai total 800 ribu dolar AS atau sekitar Rp 11,9 miliar.

Untuk pengumuman lebih lanjut soal lokasi acara, atau apakah gelaran ini dapat dihadiri secara langsung atau tidak, kamu masih harus menunggu.

Gelaran esports M2 World Championship sendiri tidak menyertakan penonton langsung akibat pembatasan Covid-19. Sementara M3 World Championship dihadiri penonton secara terbatas. Keduanya digelar di Singapura.

(Ysl/Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya