7 Mitos Soal Baterai Smartphone yang Perlu Kamu Tahu

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 27 Agu 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2022, 12:00 WIB
4 Alasan Baterai Smartphone Lama Terisi Saat Dicas
Perbesar
Baterai smartphone lama terisi (androipit.com)

Liputan6.com, Jakarta - Poco sebelumnya mengumumkan akan merilis smartphone baru berkapasitas baterai besar. Hal ini ditujukan buat menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Bagi Poco, baterai berkapasitas besar merupakan aspek utama dalam sebuah smartphone.

Hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan pengguna smartphone. Salah satunya terkait rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia di depan smartphone mencapai 5 jam sehari, untuk mengakses banyak aplikasi.

Namun, ada berbagai mitos baterai smartphone yang beredar di kalangan pengguna. Apa saja dan benarkah kebenaran informasi tersebut?

1. Isi ulang baterai semalaman bikin smartphone rusak

Faktanya, hal ini tidak 100 persen benar karena teknologi pengisian ulang pada smartphone terbaru bisa menghentikan proses pengisian daya ketika sudah penuh.

Misalnya di HP Poco yang sudah dilengkapi Overcharge Protection Circuit, teknologi ini akan menghentikan arus isi ulang saat baterai sudah penuh.

Selain itu di Poco juga ada fitur AdaptiveCharge yang bisa menyesuaikan kebiasaan pengguna ketika pengisian ulang baterai smartphone dilakukan semalaman.

2. Harus Kuras Baterai hingga Habis Sebelum Isi Ulang

Faktanya, menguras baterai hingga habis sebelum isi ulang justru akan menyulitkan pengguna karena tidak fleksibel untuk melakukan isi ulang.

Kini dengan materi kebanyakan baterai smartphone menggunakan lithium-ion, pengisian ulang bisa disesuaikan dengan kapasitas baterai yang dibutuhkan tersebut, karena baterai sudah mampu mendeteksi berapa daya yang dibutuhkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Isi baterai smartphone baru beberapa jam sebelum dipakai

Ilustrasi baterai smartphone
Perbesar
Ilustrasi baterai smartphone (freepik.com)

Dulu, sekitar 10 tahun lalu, isi baterai smartphone yang baru dibeli selama beberapa jam sebelum dipakai banyak direkomendasikan oleh toko-toko ponsel.

Namun hal tersebut kini jadi mitos saja, karena smartphone terbaru saat ini bisa langsung dipakai, meskipun baru dibuka dari kotaknya.

4. Tidak boleh pakai smartphone saat diisi ulang, takut meledak

Anggapan ini meningkat saat marak terjadi kasus kecelakaan smartphone, saat ponsel diisi ulang dayanya. Namun, penggunaan smartphone terbaru bisa dilakukan sambil isi daya.

Meski begitu, memakai smartphone yang sedang diisi daya tidak direkomendasikan karena akan mengurangi kecepatan pengisian ulang baterai. Oleh karenanya, disarankan untuk menonaktifkan penggunaan saat smartphone sedang diisi ulang, agar makin optimal.

5. Pakai charger bukan bawaan akan merusak baterai

Charger bawaan merupakan rekomendasi paling utama bagi sebuah smartphone. Namun, mengisi ulang smartphone juga bisa dilakukan dengan charger yang bukan bawaan dari ponsel tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan tegangan charger-nya, apakah sesuai dengan ponsel yang akan diisi ulang atau tidak.


6. Meletakkan baterai di lemari es atau dijemur agar makin awet

Poco F4
Perbesar
Poco F4 smartphone terbaru yang akan meluncur di Indonesia. (Dok: Poco)

Hal ini adalah mitos belaka, pasalnya meletakkan baterai di lemari es atau dijemur justru berbahaya. Karena kini baterai smartphone berjenis lithium-ion.

Baterai jenis ini malah akan rusak jika berada di tempat yang sangat panas atau dingin.

7. Mematikan GPS, WiFi, Bluetooth akan menghemat baterai secara signifikan

Penggunaan fitur-fitur tersebut memang membutuhkan daya, tetapi kini telah semakin canggih dan otomatis disesuaikan dengan kebutuhan pengguna pada smartphone-smartphone terbaru sehingga tidak menghabiskan daya baterai secara signifikan.

Fitur-fitur tersebut esensial bagi pengguna, misalnya saja GPS. Dengan GPS, pengguna bisa menemukan lokasi dengan lebih mudah.

GPS secara akurat juga mencatat keberadaan lokasi Anda sehingga mempermudah mobilitas bahkan mengetahui keberadaan smartphone Anda ketika tertinggal atau berpindah tangan selama GPS tersebut dinyalakan.

(Tin/Ysl)

 

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Perbesar
Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya