Sukses

DANA dan Sinar Mas Berkolaborasi untuk Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia

DANA dan Sinar Mas mengatakan, kolaborasi yang dilakukan antara lain di bidang layanan keuangan digital, telekomunikasi, dan properti

Liputan6.com, Jakarta DANA bersama dengan Sinar Mas menyatakan,  akan meneruskan semangat kolaborasi keduanya demi mengakselerasi ekonomi digital di Indonesia.

Semangat kolaborasi untuk mempercepat literasi digital dan inklusi keuangan di Indonesia ini diwujudkan dengan mengandalkan kapabilitas yang dimiliki oleh masing-masing industri.

Kolaborasi yang dilakukan antara lain di bidang layanan keuangan digital, telekomunikasi, dan properti.

"Semangat kolaborasi yang diinisiasi DANA dan Sinar Mas pada sektor telekomunikasi, layanan keuangan digital, serta properti, merupakan langkah awal kami untuk pengembangan ekonomi digital lintas industri," kata CEO & Co-Founder DANA Indonesia, Vince Iswara.

DANA mengatakan juga akan terus meningkatkan dan memperluas layanan keuangan berbasis gaya hidup untuk konsumen, solusi untuk merchant, serta berbagai layanan keuangan melalui kemitraan dengan lembaga keuangan.

Menurut perusahaan, ini dikarenakan adanya teknologi terdepan DANA, inovasi, serta solusi pembayaran yang terintegrasi dan didukung oleh sepak terjang Sinar Mas yang ekstensif.

"Di samping itu, DANA tetap berkomitmen menjadi platform ekosistem terbuka sebagai solusi pembayaran dan layanan keuangan berbasis gaya hidup serta mempercepat pertumbuhan platform terbuka kami," kata Vince dalam temu media di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Co-Founder DANA itu menambahkan, mereka meyakini hal itu diperlukan untuk literasi dan inklusi keuangan yang lebih masif di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membuka Peluang Baru di Masyarakat

Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren juga mengatakan, Smartfren meyakini, kolaborasi antara DANA dan stakeholders lainnya dapat turut mendorong percepatan digitalisasi ekonomoi di Indonesia.

"Harapan kami, dengan terwujudnya ekonomi digital ini maka akan semakin banyak peluang baru yang terbuka di masyarakat, baik untuk UMKM atau anak-anak muda kreatif yang kini sangat lihai memanfaatkan teknologi digital," kata Andrijanto.

Ferita, Director Sinar Mas Multiartha mengatakan, melalui unit usaha-usahanya, mereka berkomitmen mendukung penuh program literasi dan inklusi keuangan nasional di Indonesia.

Menurut Ferita, kerja sama dengan DANA tak hanya soal pembayaran digital, namun juga ke layanan yang lebih lengkap melalui produk investasi keuangan seperti reksa dana, obligasi, asuransi, dan lain-lain yang tersedia di dalam ekosistem Sinarmas Financial Service Group.

 

3 dari 4 halaman

Agenda Transformasi Digital

Mulyawan Gani, Chief Transformation Officer Sinar Mas Land menambahkan, kolaborasi ini turut mendukung agenda transformasi Sinar Mas Land dalam memasuki sektor digital dari hulu ke hilir.

"Kami akan mendorong DANA untuk mendukung transaksi dengan pembayaran digital, mulai dari warga, pemain UMKM hingga ritel besar," kata Gani.

Gani juga menyebut akan mengintegrasikan pembayaran digital di township yang mereka kembangkan, sehingga pelayanan warga lebih efisien dan nyaman.

"Selain itu, kolaborasi ini akan langsung kami implementasikan ke proyek-proyek inovasi yang sedang kami kembangkan di dalam ekosistem Sinar Mas Land," imbuhnya.

Irawan Harahap, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land menyebut, Sinar Mas Land sedang mengembangkan ekosistem digital yang terdiri atas akademia, komunitas, startup, hingga perusahaan multinasional.

Irawan pun menyambut kedatangan DANA yang dinilai akan memperkaya ekossitem digital mereka.

 

4 dari 4 halaman

Menumbuhkan Pilar Kepercayaan Masyarakat

Sementara menurut Pandu Sjahrir, Ketua Umum Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), pihaknya menyambut baik kontribusi dan para investor baru DANA, yang dinilai mencerminkan tumbuhnya pilar-pilar kepercayaan masyarakat.

DANA pun menyatakan akan terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia, baik masyarakat dalam kategori banked maupun unbanked, serta mendukung visi Pemerintah dan regulator untuk pembayaran digital dan open finance.

Platform fintech ini juga mengungkapkan mereka sedang mengembangkan dan mempersiapkan beberapa fitur terbaru hingga akhir tahun 2022.

Beberapa fitur ini di antaranya perluasan pilihan pembayaran seperti asuransi, Pajak Bumi dan Bangunan, eSamsat, hingga mitra pembayaran online dan offline.

DANA juga ikut mendukung kebijakan regulator melalui penerapan BI-Fast, QRIS TTS (Topup, Tarik, Setor), dan SNAP Open Banking. Dalam waktu dekat, DANA juga menyebut akan meluncurkan Family Account yang ditujukan khusus untuk generasi Z.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.