Sukses

Sony Akan Luncurkan Headset PlayStation VR2 Awal 2023

PlayStation VR2 sudah mengusung resolusi 4K dan beroperasi dengan refresh rate 90 atau 120Hz, dan 110 derajat sudut pandang.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengungkap informasi tentang kapan headset PlayStation VR2 untuk konsol PS5 akan meluncur di pasaran.

Berdasarkan postingan di akun Instagram dan Twitter perusahaan, perusahaan berbasis di Jepang itu akan meluncurkan PS VR2 pada awal 2023.

Sony sudah mengungkap sejumlah informasi terkait tentang headset VR barunya ini sejak awal tahun, tetapi masih belum ada kabar soal harganya.

Namun dari beberapa informasi spesifikasi yang sudah dibagikan, PlayStation VR2 hadir sebagai perangkat menjanjikan.

Informasi, PlayStation VR2 sudah mengusung resolusi 4K dan beroperasi dengan refresh rate 90 atau 120Hz, dan 110 derajat sudut pandang.

Sony sempat menyebutkan, PS VR2 ini memiliki kemampuan untuk me-render bagian tertentu dari gambar agar terlihat lebih tajam dari lainnya agar perangkat dapat memprosesnya lebih ringan.

Perusahaan juga mengatakan, PlayStation VR2 dapat terhubung dengan konsol PS5 menggunakan sebuah kabel USB C.

Selain itu, Sony juga sudah mengumumkan deretan 20 judul game besar yang akan tersedia saat headset VR baru ini diluncurkan.

Beberapa diantaranya adalah game yang berlatar belakang di semesta Horizon dan Walking Dead, juga No Man's Sky dan Resident Evil Village versi VR.

Beda dari PlayStation VR seri pertamanya, PS VR2 ini tidak memerlukan kamera yang terhubung ke konsol untuk dapat membaca gerakan.

Sebagai gantinya, headset VR ini akan menggunakan sensor yang terpasang di Quest 2, dimana kamera di headset akan bertanggung jawab untuk membaca gerakan.

Dengan teknologi ini, gamer dapat melihat sekeliling saat memakai headset PS VR2. Sony juga mengatakan, pengguna juga dapat broadcast diri mereka sendiri saat bermain game VR.

Hanya saja, untuk melakukan ini kamu harus menggunakan kamera PlayStation HD sebagai tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sony Umumkan PlayStation Stars

<p>Sony bakal umumkan program loyalitas PlayStation Stars pada akhir tahun ini. (Doc: PlayStation blog)</p>

Lebih lanjut, Sony berencana meluncurkan program loyalitas bagi pemilik konsol game PS4 dan PS5 akhir tahun ini, yakni PlayStation Stars.

Apa sih PlayStation Stars? Ini merupakan program loyalitas dimana pemain setia PlayStation (PS) mendapatkan sejumlah poin untuk ditukar di PlayStation Store.

Perusahaan menyebutkan, pemain dapat bergabung di program loyalitas PlayStation Stars ini secara gratis, sebagaimana dikutip dari PlayStation blog, Sabtu (16/7/2022).

Sony menjelaskan, sejumlah poin akan diberikan kepada gamer dengan cara masuk ke dalam game secara setiap bulannya, atau menyelesaikan berbagai tantangan tertentu dan berbasis trofi.

Salah satu contoh adalah, tantangan adalah menjadi pemain pertama yang mendapatkan trofi platinum di salah satu judul game di kota tempat player tinggal.

"Anggota PlayStation Star dapat menukarkan poin loyalitas yang didapat dalam bentuk uang di PSN wallet, atau berbagai produk di PlayStation Store," kata Sony Interactive Entertainment VP, Grace Chen.

3 dari 4 halaman

Bukan NFT

Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Tak hanya itu, player juga bisa menukarkan poin mereka untuk mendapatkan sejumlah koleksi digital, seperti figur karakter ikonik dan favorit hingga barang-barang menarik lainnya.

Dalam sesi wawancara dengan The Washington Post, Chen mengatakan koleksi digital yang diklaim menggunakan poin dari PlayStation Stars bukan NFT.

PlayStation Stars tidak mengugnakan blockchain, dan koleksi digital yang didapat tidak bisa diperdagangkan atau dijual.

Perusahaan mengatakan, pihaknya akan meluncurkan program PlayStation Stars ini secara bertahap di beberapa region.

Informasi, Microsoft dan Nintendo juga memiliki program loyalitas serupa dengan yang akan Sony umumkan.

Di Xbox, player bisa mendapatkan poin Microsoft Rewards dengan membeli dan bermain game, juga menjadi bagian dari anggota Xbox Game Pass.

Nintendo pun juga menawarkan program serupa bernama My Nintendo, dimana memberikan poin kepada gamer yang membeli game, main game mobile Nintendo, atau layanan perusahaan lainnya.

4 dari 4 halaman

PS Plus Agustus 2022

<p>Daftar game PS4 dan PS5 di PS Plus Agustus 2022. (Doc: PlayStation Asia)</p>

Sony baru saja mengumumkan deretan judul game gratis PS4 dan PS5 yang masuk ke dalam daftar PS Plus Agustus 2022.

Mulai dari 2 Agustus hingga 5 September 2022, gamer yang sudah berlangganan layanan PS Plus dapat men-download 4 judul game secara gratis.

Adapun keempat judul game tersebut, antara lain Yakuza: Like a Dragon, Tony Hawk’s Pro Skater 1+2, Little Nightmares, dan Unrailed.

Mengutip blog PlayStation, Jumat (29/7/2022), Yakuza: Like a Dragon dan Pro Skater tersedia bagi pemilik PS4 dan PS5.

Sementara Little Nightmares dan Unrailed hanya untuk pemain dengan konsol PS4.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.