Cara Sembunyikan Pesan dan Grup yang Tak Diinginkan di WhatsApp dengan Fitur Archived Chats

Oleh Afifah Nur Andini pada 23 Agu 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Agu 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu aplikasi bertukar pesan, WhatsApp terus mengalami perkembangan seiring waktu. Kini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi populer yang memiliki berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah fitur "Archived Chats".

Archived Chats merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan pribadi atau grup dari daftar chat dan memindahkannya ke folder archive.

Fitur ini membantu pengguna WhatsApp untuk mengatur tampilan daftar chat menjadi lebih rapi dan terorganisasi.

Awalnya, fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna tertentu dan Beta User, sebelum akhirnya dapat digunakan sepenuhnya oleh seluruh pengguna WhatsApp.

Mengarsipkan pesan tidak sama dengan menghapus pesan. Pesan tersebut tetap ada, tetapi tidak akan muncul di daftar chat dan juga tidak dapat di-back up. Selain itu, pesan yang diarsipkan juga tidak akan muncul dalam notifikasi dalam bentuk bunyi, tanda, dan pesan pop-up.

Berdasarkan aspek-aspek tersebut, pengguna WhatsApp bisa menyembunyikan pesan pribadi atau grup yang tidak diinginkan. Hal ini memberi keuntungan bagi pengguna sehingga tidak perlu menghapus atau memblokir kontak atau keluar dari grup.

Fitur WhatsApp ini pun bukan termasuk fitur baru dan telah mengalami beberapa kali perbaruan. Pesan masuk dari ruang pesan yang berada di arsip tidak akan muncul dalam notifikasi merupakan salah satu hal yang dimiliki oleh fitur "Archived Chats" terbaru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Mengarsipkan Pesan WhatsApp

WhatsApp Stories di daftar chat
Perbesar
WhatsApp Stories di daftar chat (WABetaInfo)

Penggunaan fitur "Archived Chats" ini sederhana. Pertama, yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam daftar chat dan pilih pesan yang ingin diarsipkan dengan cara menekan pesan selama beberapa saat.

Setelah pesan sudah dipilih, tekan tombol kotak arsip dengan tanda panah ke bawah. Selanjutnya, pesan akan langsung masuk ke dalam folder "Archived".

Selain itu, pengguna juga dapat mengarsipkan seluruh pesan dalam daftar chat tanpa perlu menekan pesan satu-satu. Pengguna bisa memilih menu Settings lalu Chats dan Chat History, sebelum menekan opsi Archive All Chats.

Fitur ini membantu untuk membuat tampilan daftar chat menjadi lebih teratur dari pesan-pesan yang dirasa "mengganggu".

Pengguna tetap bisa mengetahui ada pesan masuk dengan cara masuk ke dalam folder archive. Kotak pesan akan naik ke atas dan bercetak tebal atau bold untuk menandakan pesan masuk.


Cara Mengeluarkan Pesan WhatsApp dari Folder Archive

Ilustrasi WhatsApp / WA
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp / WA. (Image by Tumisu from Pixabay)

Pengguna WhatsApp juga dapat mengeluarkan pesan dari folder archive kapan saja. Caranya, pengguna bisa masuk ke dalam folder "Archive" dan memilih pesan yang ingin dikeluarkan dengan menekannya selama beberapa saat.

Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol kotak dengan tanda panah ke atas. Selanjutnya, kotak pesan yang dipilih akan langsung berpindah dan muncul kembali ke daftar chat WhatsApp.

Fitur "Archived Chats" menjadi fitur sederhana yang membantu pengguna dalam merapikan daftar pesan yang diinginkan.

Hal ini pun mampu menghindari adanya kesalahan dalam mengirim pesan dan menerima pesan yang tidak diinginkan.


Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker
Perbesar
Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya