Sukses

WhatsApp iOS Bakal Hadirkan Fitur Stories di Daftar Chat

WhatsApp untuk iPhone akan menghadirkan fitur Stories di daftar chat, pengguna nantinya akan bisa langsung melihat Stories saat membuka chat.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp iOS berupaya menghadirkan berbagai fitur baru. Selama tahun ini, aplikasi milik Meta ini memperkenalkan Reactions, kemampuan migrasi riwayat chat dari iOS ke Android, dan fitur lainnya.

Kini, WhatsApp berupaya menghadirkan fitur baru WhatsApp yang dianggap kontroversi, yakni kemampuan menonton Status secara langsung dari daftar chat WhatsApp.

Bagi WhatsApp versi iPhone, Status sudah ada selama beberapa tahun terakhir. Fitur seperti Stories milik Instagram dan Facebook ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengunggah foto dan video pendek yang akan hilang dalam 24 jam.

Meski tidak sepopuler Instagram Stories, fungsi WhatsApp Status bisa berguna di negara-negara tempat orang menggunakan aplikasi untuk menjual layanan atau produk.

Menurut WABetaInfo, versi WhatsApp beta 22.18.0.70 menghadirkan kemampuan untuk melihat update status dalam daftar obrolan atau chat.

"Ketika kontak Anda mengunggah update Status baru, kini bisa langsung terlihat di dalam daftar obrolan," demikian dikutip dari 9to5Mac, Senin (22/8/2022).

Meski begitu, kini hanya sebagian kecil penguji beta yang bisa menjajal fitur ini. Dengan fitur Status di daftar chat, selain memudahkan pengguna juga bisa jadi cara WhatsApp untuk menyisipkan iklan ketika pengguna menonton foto atau video di Status, seperti di Instagram Stories.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Bisa Pilih

WABetaInfo juga menyebut, para pengguna akan dapat memilih apakah mereka mau melihat Status secara langsug di daftar pesan atau tidak.

Sekadar informasi, beberapa tahun lalu, ketika Facebook gagal membeli Snapchat, perusahaan Mark Zuckerberg ini memutuskan untuk menambahkan fitur Stories di semua platform yang dimilikinya.

Tidak semua platform memang sukses dengan fitur ini, namun perusahaan berhasil mengambil alih popularitas Snapchat di seluruh dunia.

Kini, Facebook berencana melakukan hal yang sama dengan TikTok, meski begitu perusahaan masih berupaya dengan rencananya. 

Kembalikan Pesan yang Sudah Dihapus

Sebelumnya, laman WABetaInfo telah menemukan fitur yang bisa membatalkan pesan yang dihapus di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.18.13. WABetaInfo mengungkap, kini WhatsApp tengah menguji fitur tersebut.

Mengutip Gizchina, Sabtu (20/8/2022), cara kerja dari fitur tersebut adalah ketika pengguna tidak sengaja menghapus pesan WhatsApp, WhatsApp menyajikan tombol Undo untuk membuat pesan yang dihapus bisa kembali lagi.

Perlu digarisbawahi, WABetaInfo menyebutkan, fitur baru WhatsApp pengembalian pesan yang sudah dihapus ini ada untuk memperluas opsi "Hapus untuk Saya" atau Delete For Me, dan tidak berfungsi untuk pesan yang dihapus dengan fitur Hapus untuk Semua.

Hapus untuk Saya merujuk pada penghapusan pesan oleh si pengirim pesan, sementara pesan tetap akan terkirim dan ada di ponsel penerima.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Hanya Tersedia Selama Beberapa Detik

Sementara, Hapus untuk Semua merujuk pada penghapusan pesan oleh si pengirim pesan tetapi berdampak pada dirinya sendiri dan pesan di ponsel penerima pesan.

Selain itu, opsi Undo juga hanya akan bisa dipakai untuk beberapa detik pertama setelah pesan dihapus. Jadi untuk menggunakan fitur ini, pastikan secepatnya melakukan penghapusan.

Seperti disebutkan, sejauh ini fitur tersebut hanya tersedia di versi beta, sehingga tidak jelas apakah fitur ini bakal hadir untuk semua pengguna atau justru malah akan dibatalkan kehadirannya. Selain itu, belum diketahui juga apakah fitur pengembalian pesan yang sudah dihapus ini bakal tersedia juga untuk opsi "Delete for Everyone."

Terlepas dari ini, WhatsApp kini disebut-sebut ingin menghadirkan reaksi pada update status. Dengan begitu, saat pengguna ingin memberikan reaksi ke status milik seseorang, pengguna bisa memilih emoji yang sesuai. Fitur ini digadang-gadang mirip dengan Instagram Stories.

 (Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.