WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Kembalikan Pesan yang Sudah Dihapus?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 20 Agu 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 07:00 WIB
Logo WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi tampilan WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Salah kirim pesan jadi hal yang kerap terjadi pada pengguna aplikasi pesan. Guna menghindari salah kirim pesan, ada banyak aplikasi pesan yang mengizinkan pengguna untuk menghapus pesan yang salah kirim.

Bagaimana dengan pesan yang sudah dihapus? Mungkinkah pengguna melihat isi pesan yang sudah dihapus? WhatsApp tampaknya tengah mengerjakan fiitur yang akan mengembalikan pesan yang sudah dihapus.

WhatsApp memang belum mengumumkan apa pun, tetapi laman WABetaInfo telah menemukan fitur yang bisa membatalkan pesan yang dihapus di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.18.13. WABetaInfo mengungkap, kini WhatsApp tengah menguji fitur tersebut.

Mengutip Gizchina, Sabtu (20/8/2022), cara kerja dari fitur tersebut adalah ketika pengguna tidak sengaja menghapus pesan WhatsApp, WhatsApp menyajikan tombol Undo untuk membuat pesan yang dihapus bisa kembali lagi.

Perlu digarisbawahi, WABetaInfo menyebutkan, fitur baru WhatsApp pengembalian pesan yang sudah dihapus ini ada untuk memperluas opsi "Hapus untuk Saya" atau Delete For Me, dan tidak berfungsi untuk pesan yang dihapus dengan fitur Hapus untuk Semua.

Hapus untuk Saya merujuk pada penghapusan pesan oleh si pengirim pesan, sementara pesan tetap akan terkirim dan ada di ponsel penerima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hanya Tersedia Selama Beberapa Detik

Whatsapp - Vania
Perbesar
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Mika Baumeister

Sementara, Hapus untuk Semua merujuk pada penghapusan pesan oleh si pengirim pesan tetapi berdampak pada dirinya sendiri dan pesan di ponsel penerima pesan.

Selain itu, opsi Undo juga hanya akan bisa dipakai untuk beberapa detik pertama setelah pesan dihapus. Jadi untuk menggunakan fitur ini, pastikan secepatnya melakukan penghapusan.

Seperti disebutkan, sejauh ini fitur tersebut hanya tersedia di versi beta, sehingga tidak jelas apakah fitur ini bakal hadir untuk semua pengguna atau justru malah akan dibatalkan kehadirannya. Selain itu, belum diketahui juga apakah fitur pengembalian pesan yang sudah dihapus ini bakal tersedia juga untuk opsi "Delete for Everyone."

Terlepas dari ini, WhatsApp kini disebut-sebut ingin menghadirkan reaksi pada update status. Dengan begitu, saat pengguna ingin memberikan reaksi ke status milik seseorang, pengguna bisa memilih emoji yang sesuai. Fitur ini digadang-gadang mirip dengan Instagram Stories.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Larang Pengguna Screenshot Pesan View Once

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi chatting melalui WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Sebelumnya, aplikasi pesan terpopuler di dunia, WhatsApp, diklaim bakal makin aman. Pasalnya, Meta sudah bersabda, mau membuat WhatsApp jadi aplikasi pesan yang seaman mungkin untuk pengguna.

Beberapa bulan lalu, WhatsApp merilis fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengirim gambar yang hanya bisa dilihat sekali. Fitur ini dinamai view once alias "lihat sekali".

Kini WhatsApp berupaya membuat fitur WhatsApp view once ini jadi makin aman dengan update terbarunya.

Mengutip Gizchina, Kamis (11/8/2022), penambahan keamanan yang dimaksud, pengguna lain kini tidak bisa men-screenshot foto atau video lihat sekali tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp memang memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali oleh penerimanya. Namun, ada celah yang memungkinkan foto atau video itu masih bisa dibagikan ke orang lain, yakni dengan men-screenshot-nya.

Dengan update fitur keamanan WhatsApp terbaru, di mana lawan bicara tidak bisa men-screenshot, fitur lihat sekali ini bisa makin aman dan nyaman dipakai membagikan hal yang sifatnya pribadi.

Sejauh ini, aplikasi WhatsApp memang belum menetapkan tanggal rilis untuk fitur ini. Namun kabarnya, pengerjaan untuk fitur larangan screenshot tersebut hampir selesai sehingga bisa segera digulirkan.

(Tin/Isk)


Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker
Perbesar
Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya