Sukses

Samsung Selamatkan 51.000 Pohon Berkat Kemasan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 yang 100% Daur Ulang

Samsung akan mampu menyelamatkan hampir 51.000 pohon melalui seri Galaxy S22 dan seri Galaxy Z baru (Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4) di tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menargetkan untuk menghilangkan material plastik sekali pakai secara penuh dalam kemasan perangkat seluler pada tahun 2025.

Dimulai dari sekarang, perusahaan telah mengurangi jumlah plastik sekali pakai yang cukup besar dalam kemasannya untuk smartphone seri Galaxy, termasuk Galaxy foldable (smartphone layar lipat) baru.

Samsung akan mengeksplorasi banyak cara untuk menghilangkan plastik sekali pakai dalam kemasan dengan menilai setiap aspek desain kemasannya, hingga ke detail terkecil.

Dimulai dengan peluncuran seri Galaxy S22, Samsung kini menggunakan 100 persen kertas daur ulang untuk kemasan produk andalannya.

Dengan demikian, Samsung akan mampu menyelamatkan hampir 51.000 pohon melalui seri Galaxy S22 dan seri Galaxy Z baru (Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4) di tahun ini.

Mengutip situs web resmi Samsung, Jumat (19/8/2022), perusahaan juga telah mengurangi volume kemasan untuk Galaxy Z Flip 4 sebesar 52,8% dan untuk Galaxy Z Fold4 sebesar 58,2% dibandingkan dengan Galaxy foldable generasi pertama.

Dengan mengurangi volume setiap paket perangkat, Samsung pada akhirnya mengurangi jejak lingkungannya (environmental footprint) dalam mengangkut unit-unit ini menggunakan truk, pesawat, dan kapal.

Perusahaan memperkirakan pengurangan volume kemasan ini setara dengan pengurangan emisi karbon dari transportasi sekitar 10.000 ton pada akhir tahun 2022.

Selain kemasan yang terus berkembang untuk smartphone unggulan, Samsung juga akan memperluas kemasan ramah lingkungan ke kategori produk lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Cuma Galaxy Z Fold 4 5G, Ini Deretan Produk Samsung yang Terbuat dari Jaring Ikan Bekas

Samsung Electronics menegaskan telah mengembangkan sekaligus menyematkan bahan daur ulang ke dalam produk sekaligus kemasan yang ramah lingkungan, dan mendaur ulang perangkat Samsung Galaxy lama untuk mengurangi limbah elektronik.

Sejak mengumumkan program 'Galaxy for the Planet' di gelaran Unpacked 2021, Samsung terus menciptakan cara baru untuk mendaur ulang dan menggunakan kembali sumber daya yang seharusnya menjadi limbah berbahaya, meminimalkan jejak lingkungan, dan menciptakan inovasi untuk kelestarian Bumi.

“Samsung mengambil langkah konsisten dan berdampak yang membantu melindungi manusia dan planet ini. Kami menggabungkan keberlanjutan dan inovasi dalam segala hal,” kata President and Head of Mobile eXperience Business di Samsung Electronics, TM Roh.

Terkini, Samsung merancang seri Galaxy Z baru (Galaxy Z Fold 4 5G & Galaxy Z Flip 4 5g) dan Galaxy Buds2 Pro dengan material jaring ikan bekas yang didaur ulang.

Pertama kali diintegrasikan ke dalam seri Galaxy S22 pada Februari 2022, saat ini ada 11 perangkat Galaxy yang menggunakan jaring ikan yang didaur ulang, termasuk seri Galaxy Book2 Pro dan seri Galaxy Tab S8. Demikian sebagaimana dikutip dari situs web resmi Samsung, Jumat (19/8/2022).

Dengan memanfaatkan kembali jaring ikan bekas--640.000 ton jaring ikan ditinggalkan dan mencemari lautan dunia setiap tahun--untuk menjadi bahan berperforma tinggi untuk teknologi Galaxy, Samsung membantu meminimalkan efek polusi plastik.

Penggunaan kembali jaring ikan bekas hanyalah salah satu contoh kemajuan Samsung dalam meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dalam produknya.

Samsung juga telah memasukkan bahan ramah lingkungan, termasuk barang-barang daur ulang konsumen (post-consumer materials/PCM) atau resin berbasis bio ke dalam 90% perangkat Galaxy yang diluncurkan pada tahun lalu. Untuk Galaxy Buds2 Pro, lebih dari 90% produk dibuat dengan bahan daur ulang.

Proses ini membutuhkan keahlian teknis dan teknik yang kompleks untuk memastikan kualitas, keamanan, dan keandalan secara keseluruhan dari semua material baru untuk teknologi inovatif Samsung.

Samsung berencana untuk melakukan investasi lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan untuk mencari dan mengubah bahan baru lainnya untuk digunakan dalam produk Galaxy dan untuk meningkatkan bahan daur ulang di setiap perangkat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Fold 4 5G Jadi Smartphone Pertama Pakai Android 12L

Galaxy Z Fold 4 5G telah resmi diperkenalkan sebagai smartphone terbaru Samsung. Menurut Samsung, smartphone layar lipat paling anyar ini hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Selain peningkatan dari sisi hardwaresmartphone ini ternyata ada peningkatan dari sisi software. Meski tidak banyak disebut, Galaxy Z Fold 4 5G ternyata menjalankan One UI 4.1.1.

Samsung menuturkan, One UI terbaru ini dikembangkan bersama dengan rekanan untuk mendukung kemampuan multitasking lebih optimal. Yang menarik, seperti dikutip dari GSM Arena, Sabtu (13/8/2022), sistem operasi ini ternyata berbasis Android 12L.

Untuk diketahui, Android 12L merupakan sistem operasi yang pertama kali diumumkan Google pada Oktober 2021. Tambahan huruf L di belakang angka merujuk pada Large atau layar besar.

Maksudnya, sistem operasi ini hadir untuk mengoptimalkan pemakaian di layar besar, seperti perangkat layar lipat, tablet, atau perangkat Chrome OS. Untuk itu, Galaxy Z Fold 4 5G disebut menjadi smartphone pertama yang menjalankan Android 12L.

Sebagai informasi, Android 12L memang dibekali dengan sejumlah fitur yang mendukung penggunaan layar besar. Salah satunya aplikasi yang berjalan dengan dua kolom hingga tampilan yang dibuat lebih optimal dalam layar besar.

Untuk mendukung multitasking, Android 12L juga memiliki taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi secara cepat. Dengan cara ini, fitur split screen juga lebih mudah ditemukan.

Menurut Google, kehadiran sistem operasi ini juga lepas dari jumlah perangkat layar besar yang kian populer sekarang. Google mengatakan, pada tahun lalu ada 100 juta aktivasi tablet Android, naik sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya, belum lagi dengan adanya smartphone layar lipat dan perangkat ChromeOS. 

4 dari 4 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini