Sukses

Pembayaran Google Play Kamu Ditolak? Begini 4 Cara Jitu Atasinya!

Pastinya kendala ini bisa bikin hari yang tadinya berjalan good, malah jadi bikin bad mood.

Liputan6.com, Jakarta Pernah gak sih, lagi semangat mau top up game kesukaan atau mau langganan film atau buku favorit di Google Play, eh pembayaran kamu malah ditolak terus? Pastinya kendala ini bisa bikin hari yang tadinya berjalan good, malah jadi bikin bad mood

Nah, buat kamu yang pernah mengalaminya, ada beberapa cara jitu nih untuk mengatasi kendala tersebut. Simak yuk di bawah ini!

1. Restart HP

Ada kemungkinan lho HP kamu mengalami perlambatan akibat dari banyak aplikasi yang kamu gunakan. Atau bahkan, mungkin ada kendala jaringan yang tak stabil, sehingga pembayaranmu ditolak. Semua itu akan berpengaruh pada sistem di HP kamu.

Biasanya setelah di restart, sistem akan kembali pulih dan bekerja lebih cepat. Kamu bisa mencoba untuk mengecek apakah sistem pembayarannya sudah berubah dan langsung mencoba melakukan pembelian.

2. Ganti Kartu SIM yang Tak Digunakan

Kamu memilih metode pembayaran dengan pulsa? Terkadang ini juga menjadi kendala umum yang sering dirasakan ya. Untuk menghindari pembayaran yang gagal, kamu harus cek kembali kartu SIM yang tersemat di HP ya!

Google Play hanya akan membaca kartu SIM 1 untuk pembayaran. Jadi, jika biasanya kamu menggunakan kartu SIM dan mengubahnya menjadi kartu SIM 2 akan lebih baik melepas SIM 2. Kemudian pindahkan SIM ke SIM 1 sehingga tidak salah dibaca oleh Google Play.

Pastikan sebelum kamu melakukan pembayaran cek kembali apakah pulsa yang tersedia mencukupi. Karena pada tagihan yang muncul biasanya hanya memperlihatkan harga aplikasi sebelum ditambah dengan pajak.

3. Cek Kartu Kredit atau Debit

Teruntuk kamu yang tidak memiliki pulsa, kartu debit atau kredit bisa menjadi alternatif yang mudah. Kamu bisa memilih metode pembayaran dengan kartu kredit atau debit di sana.

Jika lancar maka kamu akan mudah membayar, tapi jika terjadi kesalahan, itu yang apesnya. Nah, untuk itu kamu harus melakukan cek ulang masa berlaku kartu, bisa saja kamu lupa bahwa kartu sudah melewati batas waktunya.

Terus kamu coba cek apakah kartu kredit tidak habis limitnya, bisa juga kartu debit kamu tidak memiliki saldo yang mencukupi. Jika masalah ini yang jadi penyebabnya maka sistem Play Store akan menyebutkan bahwa saldo tidak cukup.

4. Ganti Metode Pembayaran

Supaya kamu bisa lebih cepat melakukan pembayaran dengan #BebasDrama, kamu bisa banget lho untuk mulai ganti metode pembayaran dengan yang lebih simpel dan praktis. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan DANA.

Yup, dengan menyambungkan akun DANA kamu ke Google Play, beragam kemudahan dan juga rasa aman bisa kamu dapatkan saat transaksi dilakukan. Gak cuma itu aja, keuntungan lainnya juga ada lho. Seperti sekarang, buat kamu yang akan baru pertama kali bertransaksi pakai DANA di Google Play, kamu bisa klaim terlebih dahulu Voucher Diskon 90% di DANA yang bikin transaksimu lebih hemat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.