WhatsApp Rilis Aplikasi Khusus untuk PC Windows, Tawarkan Pengalaman Lebih Baik

Oleh Agustinus Mario Damar pada 19 Agu 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan telah merilis aplikasi khusus untuk perangkat PC Windows. Aplikasi ini menjadi alternatif bagi pengguna yang biasa memakai WhatsApp Web.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (19/8/2022), mengingat aplikasi ini dibuat khusus untuk Windows, ada beberapa perbedaan yang ditawarkan jika dibandingkan dengan versi Web. Salah satunya adalah aplikasi ini tidak lagi menggunakan backend seperti versi Web.

Lalu, meski tampilannya tidak jauh berbeda, pengalaman yang diberikan lebih baik. Sebab, aplikasi WhatsApp untuk Windows ini berjalan lebih cepat, serta memang sudah dikembangkan dan dioptimalkan untuk sistem operasi desktop.

Selain itu, pengguna juga tetap dapat menerima notifikasi dan pesan, meski smartphone dengan akun WhatsApp berada dalam keadaan offline. Aplikasi ini sudah dapat diunduh melalui Microsoft Store.

Setelah mengunduh WhatsApp Desktop App untuk Windows, pengguna tinggal login dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone
  • Buka More Options di Android atau Settings di iPhone
  • Pilih Linked Devices
  • Arahkan kamera smartphone untuk memindai kode QR yang muncul di WhatsApp Desktop App

Tidak hanya Windows, WhatsApp juga mengaku tengah mengembangkan aplikasi untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Mac. Namun saat ini, WhatsApp sudah membuka program beta untuk versi Mac.

Kendati belum dipastikan kapan rilis, aplikasi ini disebut akan hadir sebagai Universal app MacOS. Dengan kata lain, versi ini akan dikembangkan berdasarkan aplikasi WhatsApp versi iPhone dan dapat berjalan secara native pada laptop yang memakai chip besutan Apple.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pasang Avatar Jadi Foto Profil

Logo WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi tampilan WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Sebelumnya, WhatsApp dikabarkan sedang mempersiapkan untuk menghadirkan foto profil dalam bentuk avatar. Fitur ini kabarnya akan mulai diuji coba dalam pembaruan WhatsApp beta di masa mendatang, untuk perangkat-perangkat Android, iOS, dan desktop.

Dilansir WA Beta Info, dikutip Selasa (16/8/2022), melalui update WhatsApp beta untuk Android 2.22.16.11, pengguna WhatsApp bakal bisa menggunakan avatarnya sebagai foto profil.

Selain itu, fitur baru WhatsApp ini juga akan membuat pengguna bisa memakai avatar saat melakukan panggilan video, serta dipakai sebagai stiker untuk dibagikan. 

Dalam sebuah tangkapan layar yang dibagikan WA Beta Info, terlihat bahwa fitur ini akan membuat pengguna bisa memilih avatar yang cocok untuknya, dengan melakukan kustomisasi.

Pengguna juga dapat memilih warna latar belakang untuk di foto profil. Meski bocoran yang dibagikan adalah dari WhatsApp Beta untuk Android, fitur ini dikabarkan akan tersedia untuk WhatsApp Beta di iOS dan Desktop Beta.

Meski begitu, belum diketahui kapan fitur WhatsApp ini akan dirilis mengingat ini masih dalam pengembangan. Peluncuran secara luas pun juga kemungkinan masih lama.


WhatsApp Bakal Larang Pengguna Screenshot Pesan View Once

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi penggunaan aplikasi WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

WhatsApp merilis fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengirim gambar yang hanya bisa dilihat sekali. Fitur ini dinamai view once alias "lihat sekali".

Kini WhatsApp berupaya membuat fitur WhatsApp view once ini jadi makin aman dengan update terbarunya.

Mengutip Gizchina, Kamis (11/8/2022), penambahan keamanan yang dimaksud, pengguna lain kini tidak bisa men-screenshot foto atau video lihat sekali tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp memang memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali oleh penerimanya. Namun, ada celah yang memungkinkan foto atau video itu masih bisa dibagikan ke orang lain, yakni dengan men-screenshot-nya.

Dengan update fitur keamanan WhatsApp terbaru, di mana lawan bicara tidak bisa men-screenshot, fitur lihat sekali ini bisa makin aman dan nyaman dipakai membagikan hal yang sifatnya pribadi.

Sejauh ini, aplikasi WhatsApp memang belum menetapkan tanggal rilis untuk fitur ini. Namun kabarnya, pengerjaan untuk fitur larangan screenshot tersebut hampir selesai sehingga bisa segera digulirkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


WhatsApp Mungkinkan Pengguna Keluar Diam-Diam

Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (Image by iGlobalWeb from Pixabay)

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup chat secara diam-diam. Jadi, alih-alih menampilkan notifikasi ke grup saat seseorang keluar, notifikasi hanya diberikan pada admin. Fitur ini akan digulirkan untuk seluruh pengguna mulai Agustus.

Fitur lain yang juga akan digulirkan WhatsApp adalah pengguna memilih orang yang bisa melihat dan tidak bisa melihat status ketika dirinya sedang online. Pengguna aplikasi chatting ini disebut mulai bisa mendapatkan fitur baru di Agustus 2022. 

Selain itu, WhatsApp juga menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna hapus pesan untuk semua orang setelah 2 hari dan 12 jam sejak pesan dikirim. 

Padahal sebelumnya, pengguna WhatsApp hanya memiliki batas waktu menghapus pesan 1 jam, 8 menit, dan 16 detik--secara spesifik.

Untuk menggunakan fitur baru di WhatsApp ini, kamu bisa buka grup atau chat individu. Pastikan untuk men-tap dan tahan pesan yang ingin dihapus.

Lanjutkan dengan klik tombol "Hapus", lalu pilih "Hapus untuk semua orang" atau "Hapus untuk saya".

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, semua penerima pesan harus sudah memperbarui aplikasi WhatsApp mereka ke versi terkini agar fitur ini berfungsi.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya