HP Android Layar Lipat Vivo X Fold S Bakal Diumumkan September 2022

Oleh Yuslianson pada 19 Agu 2022, 06:30 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 06:30 WIB
Vivo X Fold
Perbesar
Smartphone yang diduga merupakan Vivo X Fold, ponsel layar lipat pertama dari Vivo (Foto: Gizchina).

Liputan6.com, Jakarta - Vivo disebut-sebut sedang bersiap untuk meluncurkan HP Android layar lipat terbarunya bulan depan, yakni X Fold S.

Vivo X Fold S sendiri digadang-gadang akan menjadi ponsel layar lipat tandingan untuk Galaxy Z Fold4, Mate Xs 2, dan Mix Fold 2.

Seperti diketahui, pasar smartphone layar lipat belakang ini terlihat semakin diminati oleh para vendor sejak Samsung meluncurkan Galaxy Fold 3 dan Z Flip 3.

Setelah itu, sejumlah perusahaan pun mulai meningkatkan teknologi dan berinovasi dengan desain dan fungsi dari smartphone layar lipat itu sendiri.

Salah satu yang paling menjadi perhatian adalah teknologi engsel, dan bagaimana cara untuk menghilangkan--atau meminimalisir--bekas lipatan di layar.

Nah, Vivo sendiri akan bergabung dengan para OEM lainnya di ceruk smartphone layar lipat dunia yang masih besar.

Mengutip cuitan bocoran Digital Chat Station via GSM Arena, Jumat (19/8/2022), Vivo X Fold S ini akan diluncurkan pada September 2022.

Sayangnya, dia tidak menyebutkan secara detail tanggal berapa di September Vivo akan merilis ponsel barunya tersebut.

Selain Vivo X Fold S, perusahaan asal Tiongkok itu diyakini akan meluncurkan beberapa HP Android baru lainnya di waktu bersamaan, seperti seri Vivo X90.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


HP Android Vivo X Fold S

Tampilan Vivo X Fold yang dipamerkan di Indonesia. (Dok: Vivo Indonesia)

Lebih lanjut, Digital Chat Station juga sempat mengungkap ponsel layar lipat kedua Vivo dengan dual-screen ultrasonic fingerprint bakal diumumkan.

Ponsel ini tampil dengan sensor sidik jari yang terpasang di bagian sisi bodi ponsel, dan diberi nama Vivo X Fold S.

Mengutip Gizchina, Kamis (11/8/2022), Vivo X Fold S ini bakal dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 sebagai pusat komando ponsel sehari-hari.

Pada bulan April 2022, Vivo meluncurkan smartphone layar lipat bernama Vivo X Fold. Perangkat ini dilengkapi dengan layar E5 di bagian dalam, dan layar kedua dengan refresh rate 120Hz.

Adapun HP Androidini juga sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dan dilengkapi dengan engsel berbentu sayap dan juga sensor sidik jari ganda di layar.

Layar internal Vivo X Fold memiliki ukuran 8,03 inci dengan panel E5, mendukung resolusi 2K+, dan refresh rate 120Hz.

Seperti disebutkan, masih belum diketahui secara pasti kapan Vivo X Fold S ini akan diumumkan oleh perusahaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Vivo X Fold Meluncur

Tampilan Vivo X Fold yang baru saja diperkenalkan. (Dok: Vivo)

Vivo resmi meluncurkan smartphone layar lipat perdana besutannya, yakni Vivo X Fold. Kehadiran smartphone ini memang telah terdengar sejak beberapa minggu lalu, sampai-sampai Vivo sendiri sempat mengunggah teaser-nya sebelum diperkenalkan.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (12/4/2022), spesifikasi smartphone ini tidak jauh berbeda dari bocoran yang sempat beredar.

Salah satunya adalah smartphone ini menggunakan layar AMOLED berukuran 6,53 inci di bagian depan atau saat perangkat di lipat.

Sementara untuk bagian dalam, Vivo menggunakan layar AMOLED E5 LTPO3 berukuran 8,03 inci. Meski berbeda ukuran, kedua layar sudah mendukung refresh rate 120Hz dan mendukung HDR 10+.

Layar bagian dalam Vivo X Fold memakai SCHOTT UTG (ultra thin glass) dan sudah memiliki mendapatkan rekomendasi A+ dari Display Mate. Baik layar bagian dalam dan luar sudah mendukung pemindai sidik jari ultrasnoik.

Vivo menyertakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 12GB. Sebagai penopang performanya, smartphone layar lipat ini memiliki baterai berkapasitas 4.600mAh yang mendukung fast charging 66W dengan kabel, 50W secara nirkabel, dan 10W reverse wireless charge.

 


Kamera Vivo X Fold

Beralih ke fotografi, Vivo X Fold memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari kamera depan 50MP dengan OIS, lensa portrait 12MP, lensa periscope 5MP 5x optical zoom, serta ultrawide 48MP.

Kali ini, Vivo bekerja sama dengan Zeiss yang ditunjukkan dengan logo perusahaan tersebut di frame kamera belakang.

Urusan selfie, smartphone ini hadir dengan dua kamera depan, satu di bagian dalam saat layar terbuka dan satu di bagian luar saat layar tertutup. Keduanya sama-sama memiliki resolusi 16MP.

Mengingat Vivo X Fold memiliki layar besar saat dibuka, perangkat ini disebut cukup menunjang aktivitas multitasking. Salah satunya dengan menjalankan dua aplikasi sekaligus yang saling bersebelahan di layar bagian dalam.

Saat ini, Vivo X Fold hanya tersedia eksklusif di Tiongkok. Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu black, blue, dan grey, serta dibanderol dengan harga mulai dari 8.999 yuan atau sekitar Rp 20,2 juta.

(Ysl/Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya