Review Realme Pad Mini: Tablet Android dengan Layar 8,7 Inci dan Baterai Bongsor

Oleh M Hidayat pada 18 Agu 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 14:00 WIB
Realme Pad Mini
Perbesar
Realme Pad Mini

Liputan6.com, Jakarta - Selama dua kuartal terakhir tahun 2022, Realme telah merilis cukup banyak seri dan model smartphone terbaru mereka di berbagai segmen pasar; mulai dari entry level hingga flagship. Selain smartphone, mereka juga merilis sejumlah perangkat AIoT untuk aksesori pelengkap produk smartphone mereka.

Terkini, perusahaan asal Tiongkok itu memboyong perangkat tablet terbarunya, yakni Realme Pad Mini. Kami berkesempatan untuk menjajal kemampuan tablet Android selama beberapa hari. Simak ulasannya berikut ini.

Desain Realme Pad Mini

Realme Pad Mini memiliki dimensi panjang 211.84 mm, lebar 124.48 mm, dan ketebalan 7.6 mm dengan bobot 372 gram. Sebagai gambaran ukuran lebih realistis, kami membandingkan unit Realme Pad Mini dengan buku berukuran A5. Dari sisi dimensi, keduanya memiliki panjang yang kurang lebih sama; bedanya, buku A5 agak lebih lebar daripada Realme Pad Mini.

<p>Realme Pad Mini - Perbandingan ukuran Realme Pad Mini dengan buku A5. </p>

Sama seperti pendahulunya, tablet dengan sasis tipis bermaterial logam dan tepian persegi itu menampilkan desain simpel dan tampak elegan. Tak banyak pernak-pernik desain di tablet ini.

Panel belakang Realme Pad Mini nyaris polos; hanya ada modul kamera di tepi kiri-atas, logo realme di tepi kanan-bawah, serta dua garis cukup tegas yang menjadi pemisah antara dua gradasi warna abu-abu di unit yang kami ulas ini.

<p>Realme Pad Mini</p>

Selanjutnya, di tepi kanan terpampang tombol power dan tombol volume; sementara di tepi kiri tersemat penampang kartu SIM dan memori. Lalu di tepi atas ada audio port 3,5 mm dan speaker grill dan di tepi bawah Anda akan mendapati Type C port dan satu speaker grill lainnya.

<p>Realme Pad Mini</p><p>Tepi Bodi Realme Pad Mini</p>

<p>Tepi Bodi Realme Pad Mini</p><p>Tepi Bodi Realme Pad Mini</p>

Beralih ke panel depan, tersemat kamera depan di tengah-atas; lain dari itu, bezelnya relatif cukup tipis untuk ukuran tablet, tetapi jelas tak setipis bezel yang dapat kita temukan pada banyak seri atau model smartphone keluaran baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Layar

Realme Pad Mini
Perbesar
Realme Pad Mini

Layar 8.7 inci pada Realme Pad Mini hanya memiliki resolusi 1340x800 inci. Untuk ukuran tablet, kami pikir itu tidak begitu baik, sehingga akibatnya pengalaman pengguna secara visual kurang optimal.

Namun terlepas dari itu, masuk akal untuk mengatakan bahwa Realme berupaya menekan ongkos produksi supaya unit tablet ini dapat dibanderol dengan harga terjangkau dengan menyematkan panel layar LCD dengan spesifikasi yang telah disebutkan tadi.

Untungnya, Realme menyediakan fitur Eye Comfort mode yang dapat mengubah suhu warna secara visual menjadi lebih hangat guna mengurangi emisi cahaya biru (blue light). 

Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pengguna, terlebih saat pengguna memakai tablet itu di dalam ruangan gelap atau pencahayaan minim.

<p>Halaman buku elektronik di Realme Pad Mini.</p>

Selain itu, bagi Anda yang gemar membaca, ada fitur Reading mode yang mengubah tampilan layar menjadi monokrom. Sebagai alternatif, ada pula Dark mode. 

Dengan demikian, Anda dapat memilih satu dari beberapa mode itu sesuai dengan kondisi dan preferensi pribadi Anda. 

Tingkat kecerahan unit Realme Pad Mini mencapai 360nits. Berdasarkan pengalaman kami, layar perangkat ini dapat diandalkan untuk pemakaian di dalam ruangan.

Namun sebaliknya untuk pemakaian di luar ruangan, apalagi dengan paparan sinar matahari tinggi, keandalan layar perangkat ini tidak begitu baik.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dapur Pacu

Realme Pad Mini
Perbesar
Realme Pad Mini

Prosesor Unisoc T616 dengan CPU delapan inti yang diproses pada fabrikasi 12 nm menjadi dapur pacu untuk Realme Pad Mini. Ia dipadukan dengan GPU Mali G57 pada opsi RAM/ROM 3GB+32GB dan 4GB+64GB. Untuk keperluan penyimpanan, Realme menyediakan satu slot untuk kartu memori berkapasitas hingga 1TB.

Kami menjalankan tes benchmark pada aplikasi AnTuTu untuk menguji kinerja dapur pacu Realme Pad Mini sebanyak tiga kali. Skor terbaik tablet ini adalah 221.543 dengan rincian 71.155 untuk cPU; 24.958 untuk GPU; 63.956 untuk MEM dan 61.474 untuk UX.

<p>Realme Pad Mini - Hasil Benchmark</p>

Sebagai perbandingan, Realme Pad Mini memiliki prosesor yang sama dengan Realme C35 yang telah kami ulas pada bulan April 2022 lalu. 

Kala itu, entry level smartphone tersebut mengumpulkan skor 229.274. Dengan demikian, capaian skor Realme Pad Mini memang terpaut tipis dengan skor Realme C35.

Selama pengujian, kami memakai Realme Pad Mini di berbagai skenario, seperti mengetik dokumen di Google Docs, membaca PDF, membuka aplikasi surat kabar, mendengarkan musik, dan mengakses konten hiburan di YouTube dan Netflix. 

Sejauh ini performa Realme Pad Mini sesuai ekspektasi kami di awal: tidak mengecewakan, tetapi juga tidak istimewa. 


Baterai dan Pengisian Daya

Realme
Perbesar
Realme Pad Mini yang akan diperkenalkan pada 18 Agustus 2022. (Dok: Realme Indonesia)

Baterai berkapasitas 6400mAh menjadi sumber daya untuk Realme Pad Mini dengan pengisian daya 18 Watt. Layaknya sebagian besar perangkat dengan baterai bongsor, Realme Pad Mini mendukung pengisian terbalik (reverse charging). Artinya, pengguna dapat melakukan pengisian daya perangkat lain dengan menghubungkannya ke Realme Pad Mini.

Kami menjalankan charging test di aplikasi AnTuTu. Hasilnya, selama 15 menit pengisian, daya baterai terisi 12 persen dari 57 persen menjadi 69 persen. Ketika proses pengisian berlangsung, daya rata-rata adalah 12,2 Watt dengan puncak 12,4 Watt. 

<p>Realme Pad Mini - Uji pengisian daya</p>

Memakai asumsi berdasarkan pengujian ini, untuk mengisi daya dari 0 ke 100 persen kurang lebih akan memerlukan waktu sekitar 2 jam. Melihat kapasitas baterai yang besar, seharusnya tablet ini mendukung teknologi pengisian daya yang lebih cepat dari 18 Watt.


Kesimpulan

Realme Pad Mini
Perbesar
Realme Pad Mini

Berdasarkan serangkaian pengujian, kami optimistis Realme Pad Mini akan mampu menjalankan aktivitas harian secara umum dengan lancar. Namun, tentu performanya berbeda untuk beberapa skenario pemakaian khusus.

Misalnya, jika seorang pengguna berencana memakai Realme Pad Mini sebagai pembaca buku elektronik, kami pikir tablet ini menawarkan fitur dan performa lebih dari cukup berkat kehadiran Reading mode, Eye Comfort mode, dan Dark mode.

Ketiga mode itu seharusnya akan mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna membaca buku elektronik di tablet ini di berbagai kondisi.

Lalu dari sisi desain, menurut kami Realme Pad Mini dapat memikat pengguna berkat desain yang simpel nan elegan. 

Kemudian untuk keperluan hiburan, resolusi layar yang kurang baik mungkin akan menjadi kekurangan bagi pengguna yang sering menonton konten hiburan di tablet mungkin. Namun, itu mungkin akan terbayar oleh kehadiran dua spekar grill yang menghasilkan audio secara mantap.

Catatan lain dari kami terletak pada kecepatan pengisian daya. Meski sudah mengusung teknologi pengisian daya cepat, kami kira 18 Watt masih kurang cepat untuk ukuran perangkat dengan baterai 6400 mAh.

Realme Pad mini yang dipasarkan di Indonesia sendiri tersedia dalam dua versi yaitu Wi-Fi dan LTE. Varian WiFi tersedia dalam pilihan storage 3+32GB dan 4+64GB. Sementara versi LTE pun hadir dalam pilihan storage yang sama yaitu 3+32GB dan 4+64GB.

Realme Pad mini versi WiFi (3+32GB) dibanderol dengan harga khusus selama masa flash sale dari tanggal tanggal 23 - 31 Agustus 2022, setiap jam 10:00 WIB melalui official e-commerce partner realme di Shopee dan Tokopedia yaitu Rp 1.999.000.

Sedangkan realme Pad mini versi WiFi (4GB+64GB) dilepas dengan harga khusus yaitu Rp 2.499.000 dengan periode flash sale yang sama di official e-commerce partner realme di Lazada dan Tokopedia.

Selain official e-commerce partner realme, semua varian realme Pad mini WiFi sudah tersedia secara online di situs resmi realme Indonesia. Untuk realme Pad mini versi LTE (3GB+32GB) dipasarkan dengan harga Rp 2.699.000.

Sementara versi Pad mini versi LTE (4GB+64GB) dijual dengan harga Rp2.999.000. Keduanya bisa didapatkan secara offline di seluruh realme Brand Store mulai tanggal 26 Agustus 2022.

Untuk tablet dengan harga Rp 2 jutaan, kami pikir Realme Pad Mini cukup layak dipertimbangkan oleh pengguna.


Rangkuman Spesifikasi

Processor

Unisoc T616 Processor

CPU: 12nm process, Octa-core

A75 2GHz ×2

A55 1.8GHz ×6

GPU: G57

Penyimpanan & RAM

3GB+32GB + 4GB+64GB

RAM: 3GB/4GB

ROM: 32GB/64GB

Ekspansi Memori Hingga 1TB

Layar

8.7" Layar Besar

Ukuran: 8.7 inci

Resolusi: 1340*800

Rasio Layar: 84,59%

Warna: 16,7 juta warna

Tipe: LCD

Kecerahan: 55% min, 60% typ

Baterai & Pengisian Daya

6400mAh Mega Battery

6400mAh (typ)

6260mAh (rate value)

18W Pengisian Cepat

Pengisian terbalik

*Waktu penggunaan baterai dapat bervariasi tergantung pada situasi dan pengaturan penggunaan. Data ini hanya untuk referensi.

Seluler & Nirkabel

Tersedia Versi 4G

WLAN: 2.4/5GHz

IEEE802.11 a/b/g/n/ac

Support GSM/WCDMA/LTE FDD/TD-LTE

Support GPRS/EDGE/HSPA+/TD-LTE/LTE FDD

Bluetooth: 5.0

Kamera Belakang

8MP Kamera Belakang

Kamera Belakang 8MP

Panjang Fokus: 26.58mm

FOV: 76,9°

bukaan: F/2

Lensa 4P

Fungsi Photography:

HDR, Panoramic view, Expert, Portrait Mode, Burst, Filter, Bokeh Effect Control, Beauty Mode, Face-Recognition

Kamera Depan

8 MP Kamera Belakang

Kamera Depan 8MP

FOV: 77°

Bukaan: F/2.2

Lensa 3P

Fungsi Photography: Portrait Mode, Beauty Mode, Face-Recognition, Filter, Bokeh Effect Control,Portrait Mode

Media

Dirac Soundd

Audio Formats: MP3,M4A,3GA,AAC,OGG,OGA,WAV,AMR,AWB,FLAC,

MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA

Video Fromats: MP4/3GP/AVI/FLV/MKV/TS/WEBM

Navigasi

GPS/AGPS,Beidou,Galileo

Ukuran & Berat

Panjang: 211.84mm

Lebar: 124.48mm

Kedalaman: 7.6mm*

Berat: 372g*

*Data disediakan oleh realme Lab. Karena metode pengukuran yang berbeda, data aktual mungkin memiliki rentang toleransi yang wajar.

Tombol & Port

2 Kartu Nano atau 1 Kartu Nano + 1 Kartu Micro SD

Kabel USB Type-C

3.5 mm Earphone Port

Tombol Daya

Dual Speaker

Microphone

Volume naik / turun

Sensor

Magnetic induction sensor

Light Sensor

Acceleration Sensor

Gyro-meter

Proximity Sensor

Sistem Operasi

realme UI for Pad

Based on Android 11

Dalam Kotak

realme pad mini

Pengisi Daya 18W

Informasi Produk Penting (termasuk kartu garansi)

Kabel Tipe-C

Jarum Kartu SIM

Buku Panduan

* Daftar pengepakan akhir harus tunduk pada objek material.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya