Apple Bakal Tampilkan Iklan di Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad

Oleh Yuslianson pada 15 Agu 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 16:00 WIB
Kantor Apple
Perbesar
Kantor Apple

Liputan6.com, Jakarta - Apple tampaknya akan menempatkan iklan ke dalam beberapa aplikasi bawaan mereka di iPhone, iPad, dan perangkat lainnya.

Disebutkan, iklan ini nanti akan muncul di dalam aplikasi bawaan Apple, seperti Maps, Books, dan Podcast.

Mengutip laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Senin (15/8/2022), Apple sedang menguji secara internal iklan pencarian di Maps.

Mark menjelaskan, pengguna akan mendapatkan rekomendasi tentang apa saja yang sedang dicari, entah itu restoran, toko, atau tempat terdekat lainnya.

Informasi, Apple telah menerapkan model iklan serupa di App Store, dimana pengembang dapat membayar agar aplikasi mereka dipromosikan di laman pencarian untuk kueri tertentu.

Ambil contoh bila pengguna ingin mencari game teka-teki atau aplikasi edit foto, maka aplikasi buatan mereka akan ditampilkan dalam urutan pertama.

Seperti yang dijelaskan oleh Mark Gurman, iklan di aplikasi Maps mungkin akan bekerja dengan cara yang sama.

Pemilik usaha yang membayar dapat muncul paling atas di laman pencarian, saat pengguna memasukkan kata pencarian tertentu.

Sedangkan di Podcast dan Books, penerbit dapat pasang iklan di area aplikasi atau membayar agar peringkat konten mereka lebih tinggi saat pencarian.

Walau di App Store sudah ada iklan di tab Search, Gurman menduga Apple akan melebarkan format iklan tersebut ke tab Today dan laman download aplikasi di iPhone atau perangkat lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apple Perkenalkan Iklan di App Store

Ilustrasi App Store (Foto:Shutterstock)

Lebih lanjut, Apple sudah memperkenalkan iklan di tab Search App Store sejak 2016, dan menampilkan aplikasi di aplikasi Stocks dan News.

Sebelumnya rencana menambah iklan di ke tab Today di App Store dan pada halaman aplikasi-aplikasi tercium oleh MacRumors, 9to5Mac, dan Apple Insider.

Kedua penempatan iklan tersebut akan diperluas pada iklan yang sudah bisa dilihat di tab penelusuran App Store dan di hasil penelusuran.

Iklan di tab Today App Store akan muncul dalam format yang lebih besar, yang akan digunakan oleh konten lain di tab tersebut. Pengguna juga akan melihat kotak biru kecil dengan kata 'iklan' di dalamnya di bawah nama aplikasi.

Mengutip The Verge, Senin (1/8/2022), iklan di halaman aplikasi individual akan muncul di bawah tajuk "You Might Also Like" yang menyarankan aplikasi terkait dengan yang dilihat.

Seperti pada halaman pencarian App Store, iklan di halaman aplikasi akan disorot dengan warna biru untuk membedakannya dari rekomendasi lain.

9to5Mac menyebut, pembeli iklan tidak akan menargetkan aplikasi tertentu untuk iklan ini, namun, iklan akan relevan dengan aplikasi tempat mereka ditampilkan.

"Iklan pada pencarian Apple memberi peluang bagi pengembang berbagai skala untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Apple dalam sebuah pernyataan kepada MacRumors, 9to5Mac, dan Apple Insider.

 


Tetap Mematuhi Standar Privasi Ketat

<p>Apple akan menambahkan iklan di tab Today App Store, hal ini melengkapi iklan yang sebelumnya sudah ditampilan di hasil pencarian aplikasi di App Store (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).</p>

Lebih lanjut Apple menyebut, "Seperti penawaran iklan kami yang lain, penempatan iklan baru ini dibangun di atas dasar yang sama, di mana penempatan tersebut hanya akan berisi konten dari halaman produk App Store yang disetujui aplikasi dan akan mematuhi standar privasi ketat yang sama."

Apple berencana untuk segera mulai menguji penempatan iklan baru tersebut.

Sekadar informasi, Apple pertama kali menampilkan iklan di hasil pencarian App Store pada 2016. Apple juga mulai meminta izin ke pengguna untuk mengaktifkan 'iklan yang dipersonalisasi' pada September.

Dengan adanya penempatan iklan baru di App Store ini, Apple tampaknya tengah menjajaki cara baru menghasilkan uang dari App Store dan bahwa iklan bisa menjadi pilar yang lebih penting bagi perusahaan karena terus mengembangkan bisnis layanannya.

 


Apple Perbaiki Bug dengan iOS 15.6

Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Terlepas dari iklan, sebelumnya Apple menggulirkan update terkini untuk iPhone dan iPad. Pembaruan dengan kode iOS 15.6 dan iPadOS 15.6 ini sudah dapat diunduh para pengguna.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (21/7/2022), update ini hadir dengan sejumlah perbaikan bug. Salah satunya adalah bug yang membuat peringatan memori sudah penuh, meskipun masih ada memori yang tersisa.

Selain itu, update ini juga menyelesaikan masalah di Safari yang membuat tab kembali ke laman sebelumnya secara otomatis.

Isu lain yang juga ditemukan adalah perangkat untuk kebutuhan braille tiba-tiba melambat atau tidak merespons ketika melakukan navigasi teks di aplikasi Mail.

Sementara untuk fitur baru hadir untuk aplikasi Apple TV. Dengan kemampuan baru ini, Apple menyertakan opsi restart, pause, rewind, and fast-forward untuk pertandingan game olahraga yang sedang berlangsung.

(Ysl/Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya