Dampak Baik Main Gim Online, Cek di Sini!

Oleh stella maris pada 14 Agu 2022, 23:10 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 00:27 WIB
Ilustrasi main game
Perbesar
Ilustrasi main game

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, makin banyak orang yang gemar melakukan aktivitas melalui smartphone-nya, salah satunya adalah main gim online. Mungkin kamu menilai, mereka yang ngegim nggak ada kerjaan. 

Padahal nggak selamanya orang yang ngegim itu nggak punya aktivitas lain. Bisa jadi, ngegim jadi alasan mereka untuk menjauhkan diri dari kebosanan atas segala aktivitas yang sudah dilakukan seharian. 

Bahkan kini, terbukti bahwa gim online masuk dalam jajaran kompetisi atau lomba yang mendunia. Yup, sekarang hadir atlet e-sport berprestasi dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Namun terlepas dari e-sport, sudah tahukah kamu kalau ternyata ngegim itu berdampak baik untuk diri sendiri? Dikutip laman Lifehack, ternyata ada keuntungan alias manfaat positif ngegim online, yaitu: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Naikin Mood

Ilustrasi mood happy
Perbesar
Ilustrasi mood happy/Shutterstock.

Agar lebih produktif, terkadang kita butuh sesuatu untuk meningkatkan mood. Ya, di tengah waktu luang, cobalah untuk memainkan gim favoritmu. Rasa puas seketika akan muncul, ketika kamu berhasil menang atau naik ke level yang lebih tinggi dalam sebuah pertandingan di gim tersebut. Selain meningkatkan mood, ngegim nyatanya juga dapat membantu meredakan kecemasan dan memunculkan rasa rileks.


Latih Otak

Ilustrasi otak
Perbesar
Ilustrasi otak/Shutterstock.

Banyak loh permainan yang melatih otak, baik kiri atau kanan. Ternyata dengan rutin main gim yang mengasah kemampuan otak. Itu karena setiap gim dibutuhkan strategi dan logika yang tepat untuk menyelesaikan setiap level atau misi. 

Selain itu, ngegim juga dapat membantu meningkatkan kapasitas memori, membuatmu lebih fokus dan berpikir cepat dan fleksibel. Hal ini tentunya berdampak baik pada pembuatan keputusan, terutama saat menghadapi pilihan sulit di dunia nyata.


Bangun Komunitas

Foto ilustrasi gim atau eSport. (Foto: Dok. MPL)
Perbesar
Foto ilustrasi gim atau eSport. (Foto: Dok. MPL)

Gim membantu kamu sebagai pengguna untuk membangun komunitas. Ya, ketika berada di tengah pertandingan, gim memungkinkanmu untuk mengobrol dengan orang asing sebagai lawanmu. Biasanya dari gim yang berhasil membentuk komunitas, umumnya akan melakukan kopi darat (kopdar). Jadi kesempatanmu untuk menambah teman tentunya jadi lebih luas lagi.


Bikin Happy

Jika ingin mendapatkan manfaat dari ngegim, kamu harus menentukan durasi waktu bermain gim lewat gadget. Idealnya ngegim online dilakukan hanya dalam waktu 30 menit saja, nggak terlalu lama. 

Mengapa? Tentunya yang sama-sama kita ketahui bahwa menatap layar smartphone terlalu dalam, apalagi saat bermain gim, nggak baik untuk kesehatan mata. Selain itu, durasi tersebut dinilai ideal karena bisa menjadi sarana bagi kamu yang sedang suntuk. 

Dengan main gim, otak akan memperoleh rangsangan baru, sehingga kamu jadi lebih fresh. Dengan begitu perasaanmu pasti akan berubah perlahan menjadi lebih baik, bahkan bisa lebih happy. 

Oh ya, ngegim akan lebih happy lagi, ketika permainan dijalankan dengan lancar jaya alias nggak nge-lag. Nah kamu sudah tahu bahwa perangkat yang dipakai ternyata berpengaruh loh pada lancar atau tidaknya gim online yang dimainkan. 

Kamu bisa menggunakan smartphone yang cocok jadi partner main gim dan pastinya anti nge-lag. Pilihlah smartphone yang menggunakan Snapdragon 695 5G yang didukung GPU Adreno 619. Pastikan juga memiliki fitur AI Frame Rate Stabilizer yang mampu menghilangkan frame yang terhambat dan macet. 

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya