Sukses

Microsoft Tuding Sony Bayar Pengembang Agar Tak Rilis Game di Xbox Game Pass

Microsoft menuding Sony membayar 'hak pemblokiran' untuk mencegah pengembang menambahkan konten mereka ke Xbox Game Pass atau layanan berlangganan pesaing lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengungkap informasi mengejutkan tentang persaingan mereka dengan Sony. Perusahaan mengklaim, Sony membayar "hak pemblokiran" untuk mencegah pengembang game merilis gim buatan mereka ke Xbox Game Pass.

Pernyataan tersebut merupakan bagian dari dokumen yang diajukan ke regulator kompetisi nasional Brasil, dan bagian dari tinjauan akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard.

"Kemampuan untuk menambah konten ke Game Pass terhambat oleh keinginan Sony untuk mengekang pertumbuhan itu," kata Microsoft ke Dewan Administratif untuk Pertahanan Ekonomi (CADE), sebagaimana dikutip dari The Verge, Minggu (14/8/2022).

"Sony membayar 'hak pemblokiran' untuk mencegah pengembang menambahkan konten mereka ke Game Pass dan layanan berlangganan pesaing lainnya," tambah Microsoft.

Pernyataan Microsoft ini dipakai untuk melawan klaim Sony, dimana tidak ada yang mampu menyaingi kesuksesan game Call of Duty di pasaran saat ini.

Mereka khawatir bila satu platform mengambil kepemilikannya, maka akan mempengaruhi pilihan konsol dimana konsumen dapat memainkan seri game tersebut.

Dokumen tersebut mencatat, Sony adalah bagian penting dari strategi PlayStation dan menyebut kekhawatiran perusahaan tentang eksklusivitas Activision "tidak koheren".

Microsoft juga menjelaskan, bagaimana Sony telah berusaha keras dengan membayar pengembang agar tidak merilis game buatan mereka di Xbox Game Pass.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Microsoft dan Sony Juga Lakukan Taktik Serupa

<p>Main Game Xbox tanpa konsol di smart TV Samsung. (Doc: Microsoft)</p>

Informasi, ini bukan taktik baru bagi salah satu pihak. Walau Xbox Game Pass adalah konsep baru, gagasan membayar untuk mencegah game lain rilid di platform lain telah ada untuk sementara waktu.

Salah satu contohnya adalah game Rise of the Tomb Raider, dimana pengambang merilis gim ini satu tahun lebih dulu di Xbox One sebelum akhirnya meluncur di PlayStation.

Di sisi lain, PlayStation telah memiliki sejumlah eksklusif pihak ketiga seperti Final Fantasy VII Remake. Meskipun demikian, ini adalah poin yang valid untuk diajukan oleh Microsoft sebagai tanggapan atas klaim Sony lainnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Xbox Game Pass Agustus 2022

<p>Xbox Game Pass Agustus 2022. (Doc: Xbox)</p>

Microsoft mengumumkan deretan judul gim yang tampil di dalam daftar Xbox Game Pass Agustus 2022, dan bisa di download ke konsol hingga PC Windows mulai hari ini.

Adapun pelanggan Xbox Game Pass dan PC Games Pass akan disajikan 7 gim baru selama dua minggu mendatang, dimana diantaranya termasuk dua gim rilis perdana dan judul AAA.

Pelanggan Game Pass bulan ini akan disambut oleh gim Ghost Recon Wildlands, yang meluncur untuk konsol dan PC Windows.

Informasi, Wildlands adalah salah satu judul gim franchise Ghost Recon pertama yang mengusung konsep open-world dimana player dapat mengeksplor seluruh area map.

Ghost Recon Wildlands merupakan game bergenre third-person shooter (TPS) open-world berlokasi di Bolivia, dimana player akan berperan sebagai pasukan khusus Amerika Serikat.

Dalam gim ini, player harus berhadapan dengan kartel obat terlarang yang mengancam untuk menumbangkan pemerintahan negara tersebut.

Selain Ghost Recon Wildlands, masih ada 6 judul game lainnya yang akan masuk ke dalam daftar Xbox Game Pass Agustus 2022. Berikut ini adalah daftar lengkap judul dan tanggal peluncurannya.

4 dari 4 halaman

Main Game Xbox di TV Samsung Tanpa Harus Pakai Konsol

<p>Microsoft luncurkan aplikasi Xbox yang memungkinkan gamer main game di smart TV Samsung tanpa harus pakai konsol. (Doc: Microsoft)</p>

Microsoft berencana untuk meluncurkan aplikasi Xbox, yang memungkinkan pengguna monitor dan smart TV Samsung bermain game Xbox tanpa harus pakai konsol.

Cukup berlangganan Xbox Game Pass Ultimate, gamer dapat streaming ke 100 lebih judul game di pustaka Xbox lewat smart TV Samsung via cloud yang didukung oleh hardware Xbox Series X.

Sama seperti ketika mengakses Xbox Game Pass di PC atau konsol, kamu dapat langsung bermain game di smart TV dengan cukup login ke akun Microsoft di aplikasi.

Menariknya, gamer tidak perlu harus memiliki kontroler khusus Xbox untuk bermain game di smart TV.

Microsoft dan Samsung sudah memastikan pengguna juga dapat bermain game di smart TV menggunakan berbagai tipe kontroler, mulai dari milik Xbox, DualSense dan DualShock 4, dan banyak lagi.

Gamer hanya perlu menghubungkan kontroler mereka via Bluetooth, dan sudah bisa langsung bermain game Xbox.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini