Sukses

Samsung Galaxy Z Fold 4 5G Jadi Smartphone Pertama Pakai Android 12L

Samsung Galaxy Z Fold 4 5G yang menjalankan One UI 4.1.1 ternyata berbasis Android 12L.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy Z Fold 4 5G telah resmi diperkenalkan sebagai smartphone terbaru Samsung. Menurut Samsung, smartphone layar lipat paling anyar ini hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Selain peningkatan dari sisi hardware, smartphone ini ternyata ada peningkatan dari sisi software. Meski tidak banyak disebut, Galaxy Z Fold 4 5G ternyata menjalankan One UI 4.1.1.

Samsung menuturkan, One UI terbaru ini dikembangkan bersama dengan rekanan untuk mendukung kemampuan multitasking lebih optimal. Yang menarik, seperti dikutip dari GSM Arena, Sabtu (13/8/2022), sistem operasi ini ternyata berbasis Android 12L.

Untuk diketahui, Android 12L merupakan sistem operasi yang pertama kali diumumkan Google pada Oktober 2021. Tambahan huruf L di belakang angka merujuk pada Large atau layar besar.

Maksudnya, sistem operasi ini hadir untuk mengoptimalkan pemakaian di layar besar, seperti perangkat layar lipat, tablet, atau perangkat Chrome OS. Untuk itu, Galaxy Z Fold 4 5G disebut menjadi smartphone pertama yang menjalankan Android 12L.

Sebagai informasi, Android 12L memang dibekali dengan sejumlah fitur yang mendukung penggunaan layar besar. Salah satunya aplikasi yang berjalan dengan dua kolom hingga tampilan yang dibuat lebih optimal dalam layar besar.

Untuk mendukung multitasking, Android 12L juga memiliki taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi secara cepat. Dengan cara ini, fitur split screen juga lebih mudah ditemukan.

Menurut Google, kehadiran sistem operasi ini juga lepas dari jumlah perangkat layar besar yang kian populer sekarang. Google mengatakan, pada tahun lalu ada 100 juta aktivasi tablet Android, naik sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya, belum lagi dengan adanya smartphone layar lipat dan perangkat ChromeOS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Fold 4 5G Resmi Meluncur, Diperkuat Chip Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Kamera 50MP

Sebelumnya, Samsung Galaxy Z Fold 4 5G resmi diluncurkan secara live streaming, Rabu (10/12/2022).  Kali ini Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menghadiri acara peluncuran smartphone layar lipat ini di gelaran Samsung Galaxy Unpacked Watch Party di 60 Tenth Avenue, New York, Amerika Serikat.

Acara ini dihadiri beberapa jurnalis teknologi dari sejumlah negara, influencer, kreator konten hingga key opinion leader (KOL).

Dalam kesempatan ini President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronic, TM Roh mengatakan, generasi terbaru foldable Samsung ini dibuat dengan kolaborasi mitra kelas dunia yang menawarkan pengalaman mobile tak tertandingi untuk menjawab kebutuhan paling dinamis para pengguna. 

"Hari ini, kami bangga memperkenalkan evolusi kami di Foldable untuk menjadikan ponsel lipat menjadi mainstream, baik untuk produktivitas, bekerja, hingga bermain game di mana saja Anda berada. Ini adalah generasi terbaru dari Galaxy Fold, ponsel lipat yang terkuat yang pernah ada di dunia," tuturnya saat peluncuran. 

Galaxy Z Fold 4 5G hadir dengan sejumlah peningkatan, baik dari sisi hardware maupun software. Salah satu yang paling menonjol adalah ditanamkannya prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, 64-bit, 4nm yang diklaim memiliki kinerja lebih cepat dan hemat baterai.

Dari segi layar, Galaxy Z Fold 4 5G dilengkapi layar Dynamic AMOLED 2X 7,6 inci yang dapat dilipat dengan resolusi 2176 x 1812 piksel, kepadatan 374 ppi, kecepatan refresh 120Hz, dan perlindungan Gorilla Glass Victus+.

Dalam keadaan dilipat, terdapat layar tambahan Dynamic AMOLED 2X seluas 6,2 inci dengan resolusi 2316 x 904 piksel dan HP Android ini sudah didukung kecepatan refresh 120Hz.

3 dari 4 halaman

Kamera Galaxy Z Fold4 5G

Smartphone yang berjalan di atas sistem operasi Android 12 ini ditopang RAM 12GB dan opsi penyimpanan 256GB, 512GB, dan 1TB.

Untuk keperluan fotografi, Galaxy Z Fold 4 5G mengandalkan tiga kamera belakang  yang masing-masing 50MP ultra-wide dengan apertur f/1.8, OIS, dan autofokus Dual Pixel; 12MP ultra-wide dengan aperture f/2.2; dan telefoto 10MP dengan aperture f/2.4 OIS, PDAF, dan 3x optical zoom

Ditambah cover camera beresolusi 10MP dengan aperture f/2.2 dan kamera depan 4MP di bawah layar dengan aperture f/1.8.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menjelaskan kamera  pada Galaxy Z Fold 4 5G mendukung pemotretan Nightography (pemotretan di malam hari) secara maksimal berkat ukuran sensor kamera yang lebih besar.

"Ukuran sensor pada kamera utama, 23 persen lebih besar sehingga bisa memotret di kondisi rendah cahaya dengan lebih detail. Sensornya yang lebih besar mampu menyerap cahaya lebih banyak di sekitar," kata Verry di Marriot Marquis, New York.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

4 dari 4 halaman

Kapasitas Baterai Galaxy Z Fold4 5G

Untuk mendukung kinerja smartphone, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 4.400mAh dengan pengisian daya super fast charging 25W (menggunakan kabel charger) dan fast wireless charging 15W. 

Soal ketahanan, Galaxy Z Fold 4 5G diklaim telah lolos uji ketahanan Bureau Veritas, durable exterior CVictus+ (baik depan maupun belakang bodi), dibalut material aluminum, metal frame, hinge atau engsel yang diuji hingga 200 kali buka tutup, dan sertifikasi IPX8.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.