Sukses

GoFood Hadir di Tokopedia, Bisa Pesan Makanan Tanpa Pindah Aplikasi

Pengguna Tokopedia dapat memesan layanan GoFood melalui platform e-commerce GoTo tersebut

Liputan6.com, Jakarta - GoTo mengumumkan kehadiran layanan pesan antar makanan secara digital milik mereka, GoFood, ke platform e-commerce-nya yaitu Tokopedia, setelah sebelumnya dapat diakses melalui aplikasi Gojek.

Dengan kehadiran GoFood ke Tokopedia, pengguna e-commerce ini bisa menikmati beragam menu kuliner dari para merchant di GoFood dengan lebih mudah.

Selain itu, menurut perusahaan, hal ini juga memberikan peluang yang lebih besar bagi merchant GoFood untuk meningkatkan jumlah transaksi mereka sejalan dengan semakin luasnya akses ke konsumen.

Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo mengatakan, inovasi ini adalah langkah awal dari salah satu strategi sinergi di ekosistem GoTo.

Dalam siaran persnya, dikutip Jumat (12/8/2022), perusahaan memperluas akses pelanggan, mitra, dan merchant, di platform-platform yang tergabung dalam ekosistemnya.

"Pengembangan layanan GoFood di Tokopedia ini menjadi tahap pertama dalam menghadirkan pengalaman lebih menyenangkan bagi konsumen dalam menjelajah ragam kuliner GoFood melalui Tokopedia," kata Hindra.

Untuk tahap awal peluncuran, layanan GoFood di Tokopedia akan tersedia terlebih dulu di pelanggan marketplace ini di wilayah Jabodetabek.

GoTo menyebut bahwa layanan ini akan dikembangkan lebih lanjut dan diperluas untuk menjangkau pelanggan Tokopedia di berbagai wilayah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Perlu Pindah Aplikasi

Anthony Wijaya, Direktur sekaligus Head of Marketplace GoTo dan CEO of Marketplace Tokopedia menybeut, makanan dan minuman jadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia selama pandemi.

Dengan kehadiran GoFood di Tokopedia, kata Anthony, pengguna tidak perlu berpindah aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya di layanan GoFood.

"Dengan layanan ini, Tokopedia berharap sinergi dalam ekosistem Grup GoTo bisa semakin memberdayakan UMKM lokal di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional," kata Anthony.

Layanan GoFood di Tokopedia dapat diakses melalui widget yang ditampilkan di laman utama aplikasi Tokopedia (versi 2.188 dan selanjutnya untuk iOS, versi 3.182 dan selanjutnya untuk Android).

Untuk memesan makanan atau minuman di GoFood melalui Tokopedia, pengguna dapat melakukan cara yang biasa dilakukan untuk memesan barang menggunakan platform tersebut.

  1. Kunjungi halaman restoran melalui halaman utama layanan GoFood di Tokopedia
  2. Temukan makanan yang diinginkan
  3. Klik “Pesan” pada makanan yang diinginkan dan atur pelengkap pada makanan yang diinginkan
  4. Selesaikan pembayaran pada halaman checkout
  5. Kamu bisa memilih metode pembayaran sesuai keinginan
  6. Kemudian klik “Bayar” dan pesanan kamu akan diproses.

Saat memesan makanan menggunakan GoFood di Tokopedia, pengguna pun dapat menggunakan GoPay sebagai metode pembayarannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

GoPay Coins Bisa Dipakai untuk Bayar Layanan di Gojek

Beberapa waktu lalu, GoPay mengumumkan perluasan penggunaan GoPay Coins ke beberapa layanan di bawah naungan GoTo lainnya dalam aplikasi Gojek seperti GoFood, GoCar, GoRide, dan GoSend, setelah sebelumnya dapat digunakan untuk belanja di Tokopedia.

Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer, GoPay dalam siaran persnya mengatakan, dengan GoPay Coins, pengguna dapat bertransaksi tanpa harus mengurangi saldo GoPay.

"GoPay Coins sejak awal kami rancang sebagai bentuk apresiasi untuk pengguna setia ekosistem GoTo," kata Fibriyani, ditulis Senin (13/6/2022).

Fibri juga mengklaim, kehadiran GoPay Coins sejak bulan Mei lalu di berbagai layanan dalam aplikasi Gojek, mendapatkan sambutan positif dari para pengguna.

Dia menyatakan, setelah perluasan tersebut, GoPay mencatat peningkatan sebesar 20 persen pada jumlah pengguna yang bertransaksi menggunakan GoPay Coins.

 

4 dari 4 halaman

GoPay Coins

GoPay Coins sendiri merupakan sistem poin "loyalitas universal" pada ekosistem GoTo dalam bentuk saldo cashback, yang diberikan sebagai reward kepada pengguna setelah menyelesaikan transaksi.

GoPay Coins dapat digunakan untuk bertransaksi di aplikasi Gojek dan Tokopedia. Selain itu, GoPay Coins juga dapat ditukar tanpa ada batas minimum atau maksimum penukaran poin, dan dikombinasikan dengan metode pembayaran lainnya di Tokopedia. 

GoPay Coins bisa didapatkan dengan menggunakan kode voucher yang memberikan cashback GoPay Coins, saat melakukan transaksi di Gojek dan Tokopedia.

Adapun, nilai tukar satu GoPay Coins sama dengan Rp 1 dan akan berlaku hingga akhir tahun berikutnya. Sebagai contoh, GoPay Coins di 2022, akan kedaluwarsa pada 31 Desember 2023.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.