Sukses

Steam, Dota 2, dan CS:GO Resmi Daftar PSE Kominfo

Akses ke Steam sendiri sudah dibuka semenjak Kominfo berhasil menghubungi Valve usai platform distribusi game tersebut terkena pemblokiran

Liputan6.com, Jakarta - Platform distribusi game Steam, akhirnya secara resmi tercatat di laman Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.

Bersama dengan Steam, dua game dari Valve yaitu Counter-Strike: Global Offensive alias CS:GO dan Dota 2, juga sudah ditampilkan di laman PSE Kominfo.

Ketiganya terdaftar sebagai PSE Asing di Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan perusahaan yang tercatat adalah Valve Corporation.

Sementara, situs yang didaftarkan adalah dota2.com untuk Dota 2, Counter-strike.net untuk CS:GO, dan steampowered.com untuk Steam.

Data yang ditampilkan di situs PSE Kominfo pada saat artikel ini ditulis, Jumat (12/8/2022), adalah data per tanggal 11 Agustus 2022 pukul 14.08 zona waktu Asia/Jakarta.

Steam, CS:GO, dan Dota 2 sudah terdaftar di PSE Kominfo (Tangkapan layar pse.kominfo.go.id)

Meski layanan Steam dkk sudah dibuka sejak awal Agustus lalu, namun nama ketiga layanan milik Valve ini baru ditampilkan di laman PSE Kominfo pada tanggal 11 Agustus 2022.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Steam, Dota 2, dan CS:GO, adalah tiga layanan gaming yang menjadi korban pemblokiran Kominfo setelah telat melakukan pendaftaran PSE ke pemerintah.

Bersama ketiganya, juga ada Origin dari EA dan Epic Games Store, serta PayPal dan Yahoo. Pemblokiran PSE populer ini pun mendapatkan gelombang protes keras dari para pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kominfo Hubungi Valve

Akhirnya, Kominfo pun mulai membuka sejumlah layanan, di mana PayPal jadi yang pertama dibuka pada Minggu, 31 Juli 2022. Tiga platform Valve juga ikut menyusul dibuka pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangannya, Senin (1/8/2022) mengungkapkan bahwa mereka juga telah meminta bantuan Kedutaan Besar AS untuk menjangkau Valve.

"Komunikasi dengan Valve sampai hari ini terus dilakukan. Valve telah merespon email dari Kominfo meskipun belum mengisi formulir pendaftaran seperti yang diminta, sebagai prasyarat normalisasi," kata Semuel saat itu.

Dalam keterangannya pada Selasa (2/8/2022), Kominfo pun menyatakan mereka telah berhasil berkomunikasi dengan perusahaan yang dinahkodai Gabe Newell alias Lord Gaben tersebut.

Platform digital lain yang sudah dilakukan normalisasi dan dilakukan pencabutan blokir adalah Yahoo, yang juga dibuka di 2 Agustus 2022 pada pukul 08.30 WIB.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Normalisasi Origin hingga Epic Games Store

Lebih lanjut, Origin milik EA baru dinormalisasi aksesnya pada Rabu, 3 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB.

Platform gaming PlayStation Store juga diketahui sudah melakukan pendaftaran PSE dengan situs store.playstation.com/en-id/ dan terdaftar menggunakan nama perusahaan Sony Interactive Entertainment Inc.

Kemudian, rival Steam yaitu Epic Games Store, akhirnya dapat diakses setelah melakukan registrasi PSE. Layanan distribusi game ini dimasukkan dalam PSE asing, di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Epic Games Store tercatat memiliki website store.epicgames.com dengan perusahaan Epic Games International S.A R.L., Bertrange, Root Branch.

Dengan pembukaan akses ini, developer pun akan dapat kembali mengakses Unreal Engine, sementara gamers, akan bisa memainkan lagi berbagai game seperti Fortnite hingga Fall Guys.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.