Sukses

Samsung Tawarkan Inovasi Kesehatan Holistik di Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro

Samsung menawarkan inovasi kesehatan lebih holistik melalui Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro yang baru saja diperkenalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan kehadiran Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro ke publik. Keduanya diklaim hadir dengan fitur yang lebih bertenaga dan menawarkan insight lebih baik untuk membantu pengguna menjaga kesehatan sekaligus kebugarannya.

"Kami mendedikasikan diri memberi para penggemar Galaxy Watch, perangkat, data, dan sumber daya yang dibutuhkan, tidak hanya untuk memahami kesehatan dan kebugaran tubuh umum dengan lebih baik, tetapi juga memandu di sepanjang perjalanan gaya hidup sehat mereka," tutur President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics TM Roh saat peluncuran kedua produk tersebut.

Salah satu yang menjadi andalan Samsung pada kedua smarwatch ini adalah Samsung BioActive Sensor. Lewat teknologi tersebut, Samsung memberdayakan pengguna dengan gambaran dan insight paling lengkap yang terkait dengan kesehatan saat ini.

BioActive Sensor sendiri pertama kali diperkenalkan dalam lini Galaxy Watch 4. Teknologi ini menggunakan chip tunggal unik yang menggabungkan tiga sensor kesehatan, yaitu Optical Heart Rate, Electrical Heart Signal, dan Bioelectrial Impedance Analysis.

Kehadiran sensor tersebut menyajikan hasil pembacaan menyeluruh yang mencakup detak jantung, kadar oksigen dalam darah, hingga tingkat stres. Pengguna juga bisa mendapatkan pemahaman lebih mendalan soal kesehatan jantungnya lewat pemantauan tekanan darah dan ECG langsung dari pergelangan tangan.

Tidak hanya itu, dengan area permukaan yang lebih luas dan lebih banyak kontak langsung dengan pergelangan tangan, Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro mampu melakukan pelacakan pengukuran kesehatan dengan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Ditambah, BioActive Sensor 3-in-1 bekerja sama dengan sensor lain, termasuk sensor suhu yang baru diperkenalkan untuk membantu pengguna lebih memahami kesehatannya. Sensor suhu menggunakan teknologi inframerah ini memiliki kemampuan pembacaan lebih akurat, bahkan saat ada perubahan temperatur di sekitar pengguna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tawarkan Pengalaman Komprehensif

Galaxy Watch 5 juga menawarkan pengalaman komprehensif dari hulu ke hilir yang tidak hanya mencakup kegiatan olahraga, tapi juga fase seusai olahraga, istirahat, dan proses pemulihan.

Hal ini dimungkinkan dengan adanya alat ukur Body Composition yang memberikan gambaran lengkap tentang kesehatan umum pengguna, memberikan pendekatan personal yang memungkinkan pengguna menentukan target, memandu dalam latihan terpersonalisasi, serta melacak kemajuan yang diperoleh.

Sementara saat istirahat, Galaxy Watch 5 menyediakan data bermanfaat terkait kondisi tubuh pengguna, mulai dari detak jantung setelah olahraga yang intens dan rekomendasi terkustomisasi untuk konsumsi air minum berdasarkan cairan tubuh yang hilang.

Smartwatch ini juga dilengkapi dengan fitur Sleep Scores untuk memantau fase tidur pengguna. Bahkan, kemampuan ini kian lengkap karena didukung deteksi dengkur dan kadar oksigen dalam darah.

Pengguna juga bisa membentuk kebiasaan tidur lebih baik dengan fitur Sleep Coaching yang memberikan program terpersonalisasi. Lewat integrasi dengan SmartThings, Galaxy Watch 5 juga dapat secara otomatis mengatur lampu, AC, hingga TV ke pengaturan yang telah dipilih untuk menciptakan lingkungan tidur ideal.

Sejumlah aplikasi pun kini lebih mudah diakses pengguna langsung melalui Galaxy Watch 5. Ada Spotify yang dapat diakses cukup dengan Google Assistant, bahkan tak lama lagi pengguna bisa menggunakan Google Maps langsung dari smartwatch tanpa koneksi smartphone.

Pada seri terbaru ini, Samsung juga menyertakan One UI Watch4.5 yang menawarkan pengalaman mengetik lebih lengkap dan menelpon lebih mudah. Sejumlah fitur aksesibilitas juga membuat Galaxy Watch menjadi lebih intuitif.

3 dari 4 halaman

Samsung Rilis Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro, Apa Bedanya?

Bersama dengan peluncuran Galaxy Z Fold 4 5G dan Galaxy Z Flip 4 5G, Samsung turut memperkenalkan smartwatch generasi terbaru besutannya, yakni Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro.

Ini menjadi kali pertama Samsung menggunakan nama Pro pada lini Galaxy Watch. Biasanya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut menggunakan nama Classic pada seri yang lebih tinggi.

Secara tampilan, Galaxy Watch 5 memiliki desain sporty seperti pendahulunya. Sementara Galaxy Watch 5 tampil dengan desain yang lebih tangguh untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna yang sering melakukan aktivitas outdoor.

Yang menarik, pada seri smartwatch tahun ini, Samsung menggunakan kaca sapphire crystal pada kedua model. Kaca ini disebut memiliki kemampuan tahan goresan 60 persen lebih kuat dari yang digunakan sebelumnya.

Sama seperti tahun lalu, Galaxy Watch 5 hadir dengan dua ukuran 40mm dan 44mm. Bodi smarwatch ini dibalut dengan case aluminium dan strap bergaya sporty.

Samsung menghadirkan tiga pilihan warna untuk ukuran 40mm, yakni Graphite, Pink Gold, dan Silver. Sementara model 44mm tersedia dalam warna Graphite, Sapphire, dan Silver.

Galaxy Watcth 5 44mm memiliki layar Super AMOLED berukuran 1,4 inci, sedangkan model 40mm menggunakan layar Super AMOLED berukuran 1,2 inci. Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 410mAh untuk model 44mm dan 284mAh pada model 40mm.

Di sisii lain, Galaxy Watch 5 Pro hadir dengan material titanium dan strap model D-Buckle berdesain sporty. Smartwatch berukuran 45mm ini memiliki layar Super AMOLED seluas 1,4 inci.

Samsung menghadirkan tiga pilihan warna untuk varian Pro, yakni Black Titanium, Gray, dan Titanium. Urusan daya tahan, smartawatch ini menggunakan baterai berkapasitas 590mAh.

 

4 dari 4 halaman

Kemampuan Lain

Sementara untuk kemampuan yang lain, Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro tidak jauh berbeda. Kinerja keduanya ini diperkuat Exynos W920 Dual-Core 1.18GHz yang dipadukan RAM 1,5GB dan memori 16GB.

Samsung juga menggunakan Wear OS 3.5 dengan tampilan One UI Watch 4.5 pada kedua model tersebut. Kedua smartwatch itu juga telah mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810H, IP68 dan 5ATM atau bisa diajak menyelam hingga 50 meter.

Baik Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro telah dilengkapi dengan Samsung BioActive (Optical Heart Rate + Electrical Heart Signal + Bioelectrical Impedance Analysis), temperature sensor, accelerometer, barometer, gyro sensor, geomagnetic sensor, light sensor.

Ditambah konektivitas LTE, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n 2.4+5GHz, NFC, serta GPS/Glonass/Beidou/Galileo. Namun yang menjadi kelebihan Galaxy Watch 5 Pro, Samsung melengkapinya dengan teknologi GPX (GPS Exchange Format) untuk menentukan titik arah, trek, dan rute.

Soal harga, Galaxy Watch 5 40mm dibanderol Rp 3.499.000 dan Galaxy Watch 5 44mm dilego Rp 3.999.000. Sementara Galaxy Watch 5 Pro dijual Rp 6.499.000.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini