Sukses

Turnamen Piala Presiden Esports 2022 Segera Dimulai, Kapan?

Rencananya, babak final turnamen Piala Presiden Esports 2022 akan berlangsung di Jakarta pada November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun keempat penyelenggaraannya, Piala Presiden Esports 2022 akan digelar dengan megah.

Rencananya, babak final turnamen esports bergengsi itu berlangsung di Jakarta pada November 2022. Hal itu diungkapkan Ketua Harian PBESI Komjen Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H.

"PBESI mengumumkan Piala Presiden Esports (PPE) 2022 akan diadakan di Jakarta, karena perkembangan kota ini mewakili kehangatan Indonesia," ungkap Bambang Sunarwibowo.

Ia menambahkan, PBESI optimistis turnamen tersebut bisa menjadi potenmsi besar bagi bangsa Indonesia untuk berprestasi di bidang esports kelas dunia.

“Piala Presiden Esports 2022 diharapkan menjadi batu loncatan bagi atlet esports kita untuk bersaing di tingkat internasional."

Para pemenang di turnamen PPE 2022 ini akan memiliki kesempatan untuk berlaga di kompetisi IESF World Championship 2022 di Bali pada Desember mendatang.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki kualifikasi regional pada 12 September-6 Oktober 2022.

Khusus untuk cabang Mobile Legends, setelah kualifikasi tertutup, para tim yang terseleksi harus masuk ke penyisihan grup terlebih dahulu (26-30 Oktober 2022) sebelum berlaga di main event PPE 2022 pada 11-13 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kualifikasi Regional Timur dan Barat

Kick Off Piala Presiden Esports 2022

Kualifikasi regional ini terbagi menjadi dua, yakni timur dan barat. Dimana regional timur meliputi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Lainnya, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Gorontalo, Papua Tengah, Dataran Tinggi Papua, dan Papua Selatan juga termasuk ke regional timur.

Sementara regional barat meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Banten, dan DKI Jakarta.

Juga masuk ke regional ini, antara Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Y. Yogyakarta, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, dan Aceh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Game yang Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2022

Ilustrasi atlet esports. Kredit: Shade Jay via Unsplash

Nantinya, juga ada kualifikasi terbuka untuk semua provinsi sekaligus memberikan kesempatan kedua untuk tim yang belum berhasil di kualifikasi regional.

Rangkaian dilanjutkan dengan kualifikasi tertutup untuk tim profesional yang diundang.

Lebih lanjut, turnamen diselenggarakan secara hybrid, mengkombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Adapun game yang dipertandingkan di PPE 2022, antara lain Battle of Satria Dewa, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, dan satu game lokal dari sistem submission.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai total Rp 2 miliar dan kesempatan untuk bertanding di IESF World Championship.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini